Keluarga

Ingin Sewa Apartemen Baru, Ini Tips yang Perlu Diketahui Pemula

Ingin Sewa Apartemen Baru, Ini Tips yang Perlu Diketahui Pemula

MOMSMONEY.ID -  Ingin sewa apartemen baru, Tterdapat beberapa hal yang perlu Anda Tahu.

Menyewa apartemen saat ini sudah terbilang mahal, apalagi di kota-kota besar. Sehingga tak ada salahnya Anda berhati-hati dan penuh pertimbangan saat memilih sewa apartemen pertama.

Melansir My Move, tak jarang saat hendak sewa apartemen menemukan banyak kesulitan. Mulai dari apartemen yang cocok dengan Anda namun unit yang penuh. Hingga apartemen sewa sudah sesuai, namun biaya terhitung sangat mahal. 

Baca Juga: Hindari! Ini Warna yang Tidak Cocok untuk Seprai di Kamar Tidur

Masalah lain yang akan Anda temui adalah jika unit sewa apartemen yang anda suka ternyata cukup populer.

Anda biasanya harus mendaftarkan nama dan menunggu pihak manajemen menghubungi. Jika Anda sudah dihubungi, Anda harus segera membayar biaya deposit. Jika tak segera membayar maka unit akan diserahkan ke nama setelah Anda. 

Untuk itu, simak tips yang perlu Anda ketahui saat sedang sewa apartemen.

1. Siapkan uang ekstra

Tips yang pertama saat mencari apartemen, pastikan Anda menyisihkan uang lebih untuk deposit, biaya pendaftaran dan biaya admin untuk unit apartemen yang Anda inginkan. Sebab biasanya Anda perlu membayar biaya-biaya tadi kurang dari 24 jam, terutama di kota-kota besar. 

2. Saat akan menyewa dan membeli apartemen periksa deti surat perjanjian

Tips kedua, Anda perlu membaca surat perjanjian sewa atau jual beli unit apartemen. Biasanya perjanjian ini cukup panjang dan penuh dengan kalimat yang tidak mudah dipahami. Namun Anda tetap harus membacanya. 

Jika ada hal yang tidak kalian ketahui, tanyakan kepada agen atau pihak manajemen yang mendampingi Anda. Tanyakan semuanya hingga kalian puas dengan jawabannya. Setelah itu Anda bisa menandatangani perjanjian.  

Hal ini wajib kalian lakukan supaya di kemudian hari tidak ada kejadian yang tak mengenakan. Apalagi kejadian tersebut sebenarnya tanggung jawab manajemen. 

3. Sabar

Saat mencari apartemen baru, tips selanjutnya Anda wajib bersabar. Mencari apartemen adalah pengalaman yang cukup membuat Anda stres. 

Mungkin Anda akan menemukan kondisi Anda terburu-buru menandatangani perjanjian jual beli atau sewa hanya untuk mengakhiri proses pencarian apartemen dengan cepat. Padahal Anda tak menyukai unit tersebut. 

Jadi di sini Anda perlu bersabar untuk menemukan unit yang paling tepat dengan kebutuhan Anda. Jangan buru-buru. 

Baca Juga: Anak Moms Masih Suka Ngompol? Ikuti 7 Tips Hilangkan Bau Pesing di Kasur

4. Hati-hati pada unit yang selalu tersedia

Saat mencari unit sewa apartemen, tips berikutnya Anda harus memberikan perhatian ekstra pada setiap unit yang selalu tersedia. Terkadang bayak apartemen dengan banyak unit tersedia, namun ternyata kondisinya yang sudah buruk. 

Jika Anda menemukan apartemen sewa dengan unit terbatas bahkan sangat populer, biasanya itu adalah unit yang paling baik. Ini menandakan banyak penghuni yang menyukai apartemen tersebut. 

Sewa apartemen pertama adalah langkah yang besar menuju kehidupan yang lebih independen. Ini juga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Sehingga hati-hati dan bijak dalam mencari apartemen baru ini. 

Demikian tips sewa apartemen pertama Anda. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News