M O M S M O N E Y I D
Bugar

Ingin Meredakan Asam Lambung? Ini 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung

Reporter: Helvana Yulian  |  Editor: Helvana Yulian


MOMSMONEY.ID - Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan kesehatan yang cukup sering menyerang orang dewasa.   

Beberapa gejala dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam muncul di pangkal tenggorokan.   

Untuk mencegah atau meringankan gejala asam lambung, para penderita penyakit ini harus menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.  

Baca Juga: Jangan Coba-Coba Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

Melansir Health Line dan Web MD, berikut ini adalah beberapa makanan meredakan asam lambung yang baik dikonsumsi, antara lain: 

Jahe 

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit mag, maupun masalah pencernaan lainnya.

Para penderita asam lambung bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam menu makanan sehar-hari sebagai bagian dari cara menurunkan asam lambung.  

Melon 

Melon juga termasuk buah yang baik dikonsumsi penderita asam lambung. Melon termasuk makanan sumber magnesium, yakni mineral yang sering ditemukan di berbagai obat asam lambung.

Refluks asam lambung adalah kondisi yang terjadi ketika cairan asam di lambung bocor dan mengalir naik balik ke kerongkongan (esofagus). 

Air putih 

Terkadang, solusi paling sederhana bisa menjadi pilihan yang paling masuk akal. PH sebagian besar air adalah netral, atau 7,0, yang dapat membantu meningkatkan pH makanan yang bersifat asam. 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini Dia Manfaat Susu Kedelai untuk Penderita Asam Lambung

Yogurt 

Melansir Medical News Today, produk susu, seperti yogurt terkadang dapat mengurangi gejala refluks asam lambung. Yogurt sendiri mengandung probiotik yang dapat menenangkan usus.

Tapi memang belum tersedia bukti penelitian medis yang cukup untuk membuktikan manfaat probiotik dalam mengatasi penyakit asam lambung.  

Lidah buaya 

Tak hanya bermanfaat untuk masalah kecantikan, lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk penyakit asam lambung.

Berdasar penelitian dalam Journal of Enviromental Science and Health, mengonsumsi jus lidah buaya bisa membantu mencegah lonjakan asam lambung karena komponen anti-inflamasinya.

Penderita asam lambung juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat memicu kenaikan asam lambung, seperti merokok, minum alkohol, termasuk tidur setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Tiket.com: Tren Berwisata Berubah Menjadi Lebih Personal dan Penuh Tujuan

Wisatawan kini semakin merencanakan perjalanan berdasarkan pengalaman dan tujuan personal yang ingin dicapai.

Babak Baru Pertumbuhan, DORÉ by LeTAO Kantongi Investasi dari Mandiri Capital

Investasi yang didapatkan DORÉ by LeTAO akan digunakan untuk peningkatan fasilitas produksi hingga memperluas jaringan toko.

Ranking Harga Buyback Emas Hari Ini, Antam Masih Paling Tinggi

Harga buyback emas hari ini turun pada seluruh merek logam mulia. Antam tetap mencatat harga buyback tertinggi, meski turun.

Produksi Film Plavul NYRA Menang Berbagai Penghargaan dan Angkat Isu Sensitif

Playvul NYRA menjadikan film pendek sebagai sarana yang ampuh untuk mengangkat isu-isu sosial yang sensitif dan kompleks. 

Blackpink Rayakan 10 Tahun Berkarya dan Cetak Sejarah di Spotify

Saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah stream BLACKPINK terbesar di Spotify.    

Promo Indomaret Weekend Treats 14-16 Agustus 2026, Kanzler-Kiwi Green Harga Spesial

Promo Indomaret Weekend Treats Periode 14-16 Agustus 2026. Cek dan manfaatkan untuk belanja hemat di akhir pekan.

Harga Emas Hari Ini Lanjut Turun, Dilanda Profit Taking

Harga emas dunia kembali melemah setelah menyentuh level tertinggi 10 minggu. Aksi ambil untung menahan pemulihan harga emas.

Dari Dapur Rumah ke Restoran, Alumni Sisberdaya Ini Catat Kenaikan Omzet 70%

Perjuangan membangun bisnis nasi instan timur tengah ini bisa menjadi inspirasi bagi pengusaha yang tengah berjuang mengembangkan bisnis.

IKEA: Banyak Barang di Rumah Tak Masalah, Asal Perhatikan Hal ini

IKEA memandang rumah yang mendukung kehidupan sehari-hari bukan berarti rumah yang memiliki lebih sedikit barang. 

Ramalan Shio Besok Sabtu 15 Agustus 2026, Waspada Ambil Keputusan Penting

Yuk simak ramalan shio Sabtu 15 Agustus 2026, lengkap 12 shio dan prediksi karier, keuangan, cinta serta kesehatan.