Santai

Ingin Ibadah Puasa Makin Fokus? Terapkan 4 Cara Kurangi Waktu Main Gadget Ini Saja

Ingin Ibadah Puasa Makin Fokus? Terapkan 4 Cara Kurangi Waktu Main Gadget Ini Saja

MOMSMONEY.ID - Terapkan cara untuk mengurangi gadget di bulan puasa, agar ibadah jadi makin fokus.

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat juga untuk melakukan puasa sosial media dan berfokus untuk ibadah.

Selain bisa membantu mendekatkan diri dengan yang kuasa, ketagihan bermain sosial media maupun bermain gadget bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh dan juga mental.

Maka dari itu penting untuk bisa mengontrol waktu bermain gadget dan sosial media untuk menghindari terjadinya kecanduan.

Baca Juga: Bakal Segera Dilarang, Ini 4 Manfaat Thrifting Barang Bekas

Nah, cara-cara berikut bisa Anda terapkan untuk mengurangi waktu bermain media sosial atau gadget di bulan puasa:

Matikan notifikasi

Jika ponsel yang dimiliki memiliki pengaturan untuk mematikan notifikasi, maka gunakan pengaturan tersebut untuk membantu mengurangi waktu bermain gadget.

Mematikan notifikasi bisa membuat kecenderungan untuk selalu mengecek ponsel menjadi berkurang.

Dengan begitu, kegiatan atau aktivitas lainnya bisa dilakukan dengan fokus dan nyaman tanpa ada keinginan untuk selalu mengecek ponsel setiap saat.

Baca Juga: Ini 4 Rahasia Tidur Jadi Makin Nyenyak di Malam Hari, Penasaran? Cek di Sini

Mengatur batasan waktu

Cara pertama yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan mengatur batasan waktu bermain media sosial. Beberapa aplikasi media sosial dan ponsel memberikan pengaturan yang bisa membatasi penggunaan waktu aksesnya.

Dari sini, pengguna bisa mengatur berapa lama batas waktu yang diinginkan untuk bisa mengakses aplikasi atau bermain ponsel dalam sehari. Cara ini merupakan cara yang efektif dicoba untuk mengurangi waktu bermain ponsel.

Hapus sosial media

Menghapus sosial media yang memberikan efek kecanduan dan kurang bermanfaat juga bisa digunakan sebagai salah satu cara efektif mengurangi waktu bermain gadget.

Laman Buzz Feed menyarankan agar menghapus sosial media yang bisa mengganggu dari ponsel dan mulai beralih ke laptop ketika ingin mengeceknya sesekali. Jadi, waktu bermain ponsel maupun gadget bisa menjadi lebih terkontrol.

Hindari membawa gadget ke tempat tidur

Menurut laman Bustle, kesalahan pertama yang bisa membuat seseorang menjadi kecanduan gadget adalah karena membawanya bahkan saat ingin tidur di malam hari.

Menurut sebuah penelitian dari Harvard Health, blue light atau cahaya biru dari layar ponsel atau gadget dapat mengganggu kualitas tidur dan memicu gangguan kesehatan juga.

Sehingga, untuk bisa mengurangi waktu bermain ponsel, jauhkan ponsel setidaknya dua jam sebelum tidur.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengurangi waktu bermain ponsel atau bermain gadget di bulan Ramadan. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News