Keluarga

Ingin Bantal Awet? Begini Cara Mencuci Bantal dengan Tepat

Ingin Bantal Awet? Begini Cara Mencuci Bantal dengan Tepat

MOMSMONEY.ID -  Apapun jenis bantal Anda, busa, bulu angsa, ataupun wol, ini saatnya mempelajari cara mencuci bantal dengan tepat. 

Anda menghabiskan sepertiga hidup Anda untuk tidur dengan wajah bahagia di atas bantal selama berjam-jam.

Saat Anda bermimpi, bantal menyerap keringat, minyak, alergen dan sel kulit mati Anda. Bahkan, debu dan tungau tidak langsung ada pada bantal karena bantal Anda terlindung dengan sarung. 

Namun, tetap saja, kotoran yang menempel di bantal membuat Anda harus rajin mencuci bantal. Anda disarankan mencuci bantal setiap 6 bulan sekali.

Bukan hanya untuk kebersihan, rutin mencuci bantal juga mencegah Anda sering membeli bantal baru. 

Sebelum melakukannya, Anda tentu harus tahu cara mencuci bantal yang tepat untuk menjaga kelembutan, kehalusan, dan kebersihannya. 

Baca Juga: Hindari Gunakan Produk Pelembut Pakaian untuk Jenis Kain Ini, Bikin Rusak

Bolehkah mencuci bantal dengan mesin cuci?

Melansir Architectural Digest, Anda boleh mencuci bantal dengan mesin cuci. Namun, sebelum mencucinya, pastikan jenis bantal yang Anda miliki. 

Cara mencuci bantal dari busa dengan bantal dari bulu angsa tentu berbeda. Begitu juga dengan bantal bulu dan alternatif bantal bulu angsa. Anda bisa memeriksa jenis bantal pada label yang menempel di bantal. 

Umumnya, Anda bisa mencuci bantal yang terbuat dari katun, bulu, bulu angsa dan fiberfill menggunakan mesin cuci.

Bagaimana cara mencuci bantal tanpa merusaknya? 

Cara paling aman untuk mencuci bantal supaya tidak rusak adalah melihat instruksi pada label. Umumnya, label akan menginstruksikan Anda mencuci dengan siklus lembut dan menggunakan air dingin. 

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan air hangat. Namun, seringnya air hangat dan air panas bisa membuat kain menyusut terutama untuk bantal dari bulu angsa. 

Baca Juga: Ini 10 Barang yang Perlu Anda Singkirkan dari Ruang Tamu Mungil

Begini cara mencuci bantal tanpa merusaknya

  1. Setelah memastikan jenis bantal yang Anda miliki, Anda bisa mencucinya dengan mesin cuci. Untuk membuat pergerakan seimbang, cuci dua bantal sekaligus. Kemudian gunakan detergen lembut dan sebaiknya tidak menggunakan produk pemutih pakaian. Gunakan mesin cuci dengan bukaan depan. Jika Anda memiliki mesin cuci bukaan atas, letakan bantal secara vertikal.
  2. Jika Anda memiliki bantal busa memori atau memory foam, cuci dengan tangan. Bantal jenis ini harus dicuci minimal 3 bulan sekali. Gunakan detergen lembut untuk mencucinya. Bantal jenis ini juga terkadang membutuhkan pembersihan di area tertentu yang kotor.
  3. Di sela-sela mencuci bantal, ada juga dianjurkan membersihkan area tertentu yang kotor. Gunakan kain lembap dengan air sabun. 
  4. Apabila Anda sudah selesai membersihkan bantal Anda, keringkan secara alami. Taruh bantal di aliran udara yang cukup banyak. 

Bagaimana cara mencuci bantal wol?

Anda bisa mencuci bantal wol dengan mesin cuci. Gunakan pengaturan paling lembut atau paling ringan untuk memastikan serat tidak rusak dan menyusut.

Pastikan juga menggunakan detergen khusus untuk bantal wol. Hindari siklus mengeringkan dengan mesin cuci dan jangan merendam terlalu lama. 

Bagaimana cara mencuci bantal bulu angsa?

Anda bisa mencuci bantal bulu angsa di mesin cuci yang cukup besar tanpa agitator pusat. Gunakan air hangat dengan detergen lembut pada siklus yang lembut. Untuk mengeringkannya taruh bantal di bawah sinar matahari. 

Demikian cara mencuci bantal sesuai dengan jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News