Santai

Indonesia Sabet Emas Pertama di Olimpiade Paris lewat Veddriq Leonardo

Indonesia Sabet Emas Pertama di Olimpiade Paris lewat Veddriq Leonardo

MOMSMONEY.ID - Indonesia menyabet medali emas pertama di Olimpiade Paris 2024 lewat Veddriq Leonardo dari cabang olahraga panjat tebing.

Di final panjat tebing kategori speed pada Kamis (8/8), Veddriq Leonardo mengalahkan atlet China Wu Peng dengan catatan waktu 4,75 detik.

Ini sekaligus merupakan partai ulangan perebutan medali perunggu di Asian Games Hangzhou 2023. Saat itu, Veddriq Leonardo menumbangkan Wu Peng dan meraih medali perunggu.

Sebelum berlaga di final, Veddriq Leonardo mengalahkan atlet Iran Ali Pour, sekaligus membalas kekalahan di semifinal Asian Games Hangzhou. Ali Pour adalah penyabet medali emas panjat tebing kategori speed Asian Games Hangzhou.

Baca Juga: 20 Background Poster HUT RI ke-79 Tahun yang Dapat Diunduh Gratis

Catatan waktu 4,75 detik milik Veddriq Leonardo hanya terpaut 0,01 detik dari rekor dunia 4,74 detik yang atlet Amerika Serikat Sam Watson ukir di perebutan medali perunggu Olimpiade Paris.

Sejak perempat final, laju Veddriq Leonard tak terbendung, dengan mencetak waktu di bawah 4,9 detik. Yakni, 4,88 detik di perempat final dan 4,78 detik di semifinal.

Dengan raihan medali Veddriq Leonardo, panjat tebing menjadi cabang olahraga keempat penyumbang medali bagi Indonesia sepanjang keikutsertaan di Olimpiade, selain panahan, bulu tangkis, dan angkat berat.

Dan, panjat tebing menjadi cabang olahraga kedua penyumbang medali emas bagi Indonesia setelah bulutangkis, yang di Olimpiade Paris hanya menyumbang satu medali perunggu.

Selanjutnya: Gempa Bumi Guncang Lepas Pantai Jepang dan Memicu Peringatan Tsunami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News