InvesYuk

IHSG Menghadapi Tantangan, Investor Diminta Cermat dalam Pengelolaan Portofolio

IHSG Menghadapi Tantangan, Investor Diminta Cermat dalam Pengelolaan Portofolio

MOMSMONEY.ID - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami pergerakan yang cukup bergojalak pada penutupan perdagangan Kamis (27/9). Untuk hari ini Jumat (28/9), NH Korindo Sekuritas Indonesia (NHKSI) merekomendasikan investor untuk tetap waspada. 

Kemarin, IHSG  berhasil ditutup sedikit di atas level support MA20 di angka 7743, dengan posisi closing di 7744.52.  Namun, kondisi ini tidak lepas dari tekanan besar yang ditimbulkan oleh penjualan bersih asing yang terus meningkat, mencapai IDR 2.53 triliun.

Kondisi ini menunjukkan adanya potensi aliran modal keluar (capital outflow) ke pasar saham negara tetangga seperti Hong Kong Hang Seng dan Shanghai Composite, yang saat ini memiliki rasio P/E yang lebih menarik, masing-masing 10x dan 14x, dibandingkan IHSG yang berada pada 19x. Hal ini menjadi perhatian bagi investor yang mencari peluang dengan valuasi yang lebih kompetitif.

Baca Juga: Pasar Keuangan Masih Rawan di Semester II-2024, Cek Tips Kelola Portofolio Investasi

Meskipun demikian, ada kabar positif dari stabilitas nilai tukar rupiah yang saat ini berada di angka 15160 per USD, serta penguatan harga komoditas metal yang memberikan sinyal positif bagi rotasi sektor.

Dalam situasi ini, NHKSI mengingatkan investor untuk lebih berhati-hati dalam pengelolaan uang (money management) dan penataan portofolio menjelang akhir minggu.

Investor diharapkan memperhatikan data ekonomi penting yang akan dirilis dari AS, khususnya PCE Price Index, yang diperkirakan dapat mempengaruhi sentimen pasar ke depannya.

Dengan latar belakang ini, penting bagi investor untuk memantau perkembangan dan membuat keputusan yang cerdas dalam menghadapi volatilitas pasar.

Dalam rangka meraih keuntungan yang optimal, NHKSI merekomendasikan agar investor tetap waspada dan aktif dalam menyesuaikan strategi investasi mereka dengan kondisi pasar yang terus berubah.

Selanjutnya: Cara Menghubungkan Google Drive ke Instagram agar Lebih Mudah Back Up Konten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News