InvesYuk

IHSG Melonjak Tinggi Usai Pemilu, Begini Perkiraan IHSG Sepanjang 15 Februari 2024

IHSG Melonjak Tinggi Usai Pemilu, Begini Perkiraan IHSG Sepanjang 15 Februari 2024

MOMSMONEY.ID - Usai pemilu kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG melejit tembus 7.300 di awal pembukaan Kamis (15/2). 

IHSG dibuka di level tercatat di level 7.340 atau naik lebih dari 130 poin dibandingkan dengan penutupan Selasa (13/2) yang sempat melorot. 

Analis NH Korindo Sekuritas dalam risetnya mengatakan bahwa Selasa lalu memang IHSG menjumpai Resistance krusial di level 7.300, berbarengan dengan perhelatan pesta demokrasi akbar pilkada dan pilpres yang baru saja berlangsung kemarin.

Akan tetapi, saat itu para pelaku pasar memilih untuk mengamankan cash untuk meminimalisir eksposure akan hal-hal yang tak diinginkan selama pekan pemilu ini.

Hasil quick count akan sangat mempengaruhi sentimen pasar domestk , dan berdasarkan hasil yang telah tayang baru-baru ini dari berbagai lembaga polling, ramai spekulasi bahwa pemilu 1 putaran akan mampu terwujud.

Baca Juga: Para Traders, Ini Rekomendasi Saham dari Mandiri Sekuritas

Maka, tidak heran posisi beli asing terus bertambah menjadi Rp 14,44 triliun (seluruh pasar) terhitung sejak awal tahun, dan merupakan posisi yang menyamai dari pencapaian Foreign Net Buy sepanjang tahun 2023

Walau demikian, analis tetap menyarankan para investor / trader untuk memastikan level Support 7.200 mampu bertahan dan terdapat potensi rebound yang valid, sebelum memutuskan kembali all-in di market.

Potensi konsolidasi lanjutan menuju 7.100-7.050 masih tetap terbuka selama IHSG belum berhasil break 7.300 untuk kembali ke area 7.400. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News