InvesYuk

IHSG Berpeluang Menguat Terbatas, Tetap Waspadai Fluktuasi Harga Komoditas dan Rupiah

IHSG Berpeluang Menguat Terbatas, Tetap Waspadai Fluktuasi Harga Komoditas dan Rupiah

MOMSMONEY.ID - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat lagi pada perdagangan Selasa (30/4). Namun, fluktuasi harga komoditas dan rupiah masih membayangi gerak indeks. 

IHSG pada Senin (29/4) ditutup dengan penguatan 1,7% ke 7.155,78. Tekanan jual asing masih ada, dengan net sell Rp 400,95 miliar. 

Penasihat keuangan D'Origin Louisa Rahardjo mengatakan, IHSG berbalik menguat kemarin lantaran didukung oleh optimisme akan kinerja keuangan emiten. Sebanyak 16,75 miliar saham diperdagangkan, dengan nilai Rp 13,68 triliun. Sebanyak 303 saham menguat, sementara 258 saham turun, dan 221 lainnya bergeming. 

Potensi pergerakan IHSG hari ini, Selasa, 30 April 2024 yaitu di support 7.140,7.110 dan resistance 7.170, 7.195. 

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas meramal, IHSg berpotensi menguat terbatas pada hari ini di rentang pergerakan 7.123 - 7.202. 

Menurut dia, perkembangan pergerakan IHSG terlihat berhasil menggeser rentang konsolidasi wajarnya ke arah yang lebih baik, sehingga potensi kenaikan dalam jangka pendek masih terbuka.

Namun, mengingat minimnya sentimen yang dapat mendongkrak kenaikan IHSG maka para investor masih harus mewaspadai adanya potensi koreksi wajar. "Di sisi lain sentimen dari fluktuasi harga komoditas juga nilai tukar Rupiah yang masih akan membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang," tulis William. 

Beberapa saham yang bisa menjadi pilihan hari ini untuk dilirik investor antara lain: 
- BBCA
- ASII
- BMRI
- JSMR
- AKRA
- BSDE
- LSIP
- TBIG

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News