BisnisYuk

IBM dan Scuderia Ferrari HP Luncurkan Aplikasi Mobile bagi Penggemar Formula 1 Global

IBM dan Scuderia Ferrari HP Luncurkan Aplikasi Mobile bagi Penggemar Formula 1 Global

MOMSMONEY.ID - IBM dan Scuderia Ferrari HP memperkenalkan pengalaman aplikasi Scuderia Ferrari yang baru untuk mendekatkan penggemar global, yang berjumlah hampir 400 juta Tifosi, dengan mobil, pembalap, dan balapan yang mereka cintai.

Kini tersedia dalam bahasa Inggris, serta untuk pertama kalinya dalam bahasa Italia, aplikasi ini mencakup Race Centre dan Racing Insights terbaru yang dibangun dengan IBM watsonx, menghadirkan pengalaman yang lebih imersif.

Fitur-fitur berbasis AI ini dirancang untuk lebih mendekatkan penggemar dengan semua aksi Scuderia Ferrari HP selama pekan balapan. 

Ada fitur rangkuman balapan yang dihasilkan AI. Rangkuman performa tim Scuderia Ferrari HP yang tersedia cepat--hanya beberapa jam setelah balapan selesai.

Menggunakan LLM dari watsonx, data balapan yang kompleks dari tim diubah menjadi narasi menarik yang mencakup evaluasi dari pembalap dan kepala tim Scuderia Ferrari HP.

Fitur insight pasca-balapan dan visualisasi data dapat memberikan visual dinamis yang memungkinkan penggemar berinteraksi dan melihat data pembalap dan mobil setelah balapan. 

Termasuk, telemetri (pengumpulan dan pengiriman data secara real-time dari sensor mobil ke teknisi), cuaca, kondisi trek, hasil sesi, serta strategi mobil dan penggunaan ban.

Baca Juga: IBM X-Force Threat Indeks 2025: Pencurian Kredensial Berskala Besar Meningkat

Fitur insight historis dari pembalap dan tim bisa memberikan analisis yang memberikan perbandingan momen-momen kunci pada balapan 2025 dengan pencapaian balapan Scuderia Ferrari HP di masa lalu.

Insight ini dihasilkan oleh LLM dari watsonx, termasuk IBM Granite, dan disertakan dalam rangkuman balapan yang dihasilkan oleh AI serta konten Scuderia Ferrari HP lainnya.

Selain Race Center, IBM dan Scuderia Ferrari juga meluncurkan fitur aplikasi baru untuk menghadirkan pengalaman penggemar yang personal dan interaktif sepanjang tahun, selama 24/7, 365 hari dalam setahun.

Fitur pesan penggemar memungkinkan penggemar mengirim pesan langsung ke tim Scuderia Ferrari HP dengan peluang untuk ditampilkan dalam platform komunikasi utama tim, termasuk unggahan media sosial, blog tim, dan lainnya.

Fitur jajak pendapat penggemar yang interaktif. Jajak pendapat harian yang memungkinkan para penggemar untuk memberikan vote pada berbagai topik HP Scuderia Ferrari, termasuk kualifikasi, penampilan balapan, dan momen bersejarah serta momen tim favorit.

Fitur momen balap yang ikonik memberikan rangkuman balapan yang menyoroti beberapa kemenangan paling terkenal Ferrari selama beberapa dekade.

IBM dan Scuderia Ferrari akan terus meluncurkan fitur-fitur aplikasi baru sepanjang 2025 untuk menjadikan musim balapan tahun ini semakin menarik.

Baca Juga: IBM: Kian Banyak Perusahaan Indonesia Pakai AI untuk Meningkatkan ROI

Dengan menggabungkan data dan teknologi AI serta data terkini dan historis tim yang sangat besar, IBM dan Scuderia Ferrari bekerjasama untuk menciptakan kembali pengalaman digital bagi penggemar yang memperdalam hubungan antara Tifosi, penggemar F1, dan tim balap F1 paling terkenal di dunia.

"IBM dan Ferrari terhubung oleh komitmen bersama untuk progress, inovasi, dan excellence," kata Jonathan Adashek, Senior Vice President of Marketing and Communications di IBM, dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/5). 

Dengan AI, aplikasi ini menciptakan cetak biru baru untuk keterlibatan penggemar secara digital guna membawa mereka lebih dekat ke Scuderia Ferrari, baik saat akhir pekan balapan maupun tidak. 

"Aplikasi ini dibangun dengan teknologi data dan analitik yang sama yang digunakan oleh klien IBM di berbagai industri untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, membantu karyawan mencapai tingkat produktivitas baru, dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dan berbasis data," ujar Adashek. 

Lorenzo Giorgetti, Chief Racing Revenue Officer, juga mengatakan, dengan teknologi AI yang mutakhir dari IBM dan komitmen bersama kami terhadap inovasi dan keunggulan, ia ingin menciptakan pengalaman digital yang layak menyandang nama Ferrari.

Proyek ini baru saja diluncurkan dan akan menjadi semakin komprehensif dalam beberapa bulan mendatang dengan memaksimalkan potensi tools yang disediakan oleh IBM.

"Saya tidak sabar melihat penggemar berinteraksi dengan aplikasi baru ini, serta memasuki dimensi baru dalam pengalaman Ferrari," ungkap Lorenzo. 

Selanjutnya: Cermati Prospek Kinerja Emiten Media Selanjutnya Usai Turun di Kuartal I-2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News