InvesYuk

Hingga Jumat 1 Maret 2024, Ini Data yang Bisa Pengaruhi Pergerakan IHSG

Hingga Jumat 1 Maret 2024, Ini Data yang Bisa Pengaruhi Pergerakan IHSG

MOMSMONEY.ID - NH Korindo Sekuritas menyampaikan dalam risetnya beberapa agenda dan data yang bisa diperhatikan sepekan ke depan hingga Jumat (1/3) yang akan memengaruhi IHSG baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pertama, dari Indonesia akan ada rilis data ekonomi penting pada minggu ini. Adapun besarnya dipengaruhi sejumlah indikator seperti Nikkei Manufacturing PMI dan data Inflasi. 

Lantas, inflasi AS juga menjadi highlight pekan ini. Data yang dinantikan adalah Personal Consumption Expenditures (PCE) Price Index yang rilisi Kamis (29/2) nanti.

Baca Juga: IHSG Berakhir Dalam Zona Merah Lagi di Perdagangan 26 Februari 2024

Ekonom memperkirakan, ada kenaikan 0,3% di bulan Januari setelah 0,2% di bulan sebelumnya. Apabila memang lebih tinggi, maka hal ini bisa memicu The Fed menunda pemotongan suku bunga atau akan lebih lambat penurunannya di tahun ini. 

Kemudian, akan ada rilis data inflasi dari Eopa yang dirilis di hari Jumat menjelang rapat European Central Bank pada 7 Maret mendatang. Para ekonom memperkirakan nilainya di 2,5% pada Februari ini, setelah sebelumnya berada di 2,8% pada Januari lalu. 

Terakhir adalah rilis data PMI China yang akan dijadwalkan pada hari Jumat. Para ekonom memperkirakan, data PMI nantinya masih menunjukan sektor manufaktur di teritori kontraksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News