Keluarga

Hindari Kotor Lagi, Ini Cara Membersihkan Cermin Supaya Kinclong Seperti Baru

Hindari Kotor Lagi, Ini Cara Membersihkan Cermin Supaya Kinclong Seperti Baru

MOMSMONEY.ID -  Membersihkan cermin sepertinya adalah hal yang mudah. Namun jika Anda salah metode dalam membersihkannya, cermin bukannya kinclong tetapi malah meninggalkan goretan putih. 

Cermin adalah benda yang pasti ada di setiap rumah, sebab cermin adalah benda yang sangat bermanfaat. Selain untuk melihat refleksi diri Anda, cermin bisa memaksimalkan pencahayaan ruangan, menambahkan estetika di ruangan dan bahkan membuat ruangan kecil terlihat lebih besar. 

Baca Juga: 5 Makanan Jepang yang Bagus untuk Kecantikan Kulit, yuk Jajal Salah Satunya

Di luar fungsinya, cermin juga jadi benda yang paling mudah terlihat kotor. Mulai dari cap tangan, debu, cipratan air atau sisa-sisa make up yang menempel. Apabila Anda tidak mempelajari cara membersihkan cermin yang tepat, Anda justru akan menemukan goresan putih dan membuat cermin terlihat tetap kotor. 

Melansir Reader Digest, cermin termasuk benda yang rentan terkena noda, mengalami perubahan warna, terlihat berkabut dan pecah. Saat dibersihkan pun, cermin termasuk benda yang agak tricky. Cermin justru sering kali memperlihatkan adanya goresan dan noda setelah dibersihkan. 

Namun Moms tak perlu gelisah lagi. Ada beberapa cara membersihkan cermin yang tepat dengan bahan yang Anda miliki di rumah. 

Cara membersihkan cermin dengan cuka putih

Cuka putih adalah bahan pembersih yang alami dan bisa untuk membersihkan banyak benda di rumah termasuk cermin. Asam asetat yang ada pada cuka inilah yang bisa membantu Anda membersihkan cermin supaya jadi kinclong. 

Untuk membersihkan cermin dengan cuka putih, Anda membutuhkan lap microfiber, cuka putih dan botol semprot. Kemudian campurkan cuka putih dengan air di botol dengan perbandingan 50:50.

Setelah itu, semprotkan campuran tadi ke kain microfiber. Kemudian gunakan pola S untuk mengelap cermin dari atas ke bawah. 

Cara membersihkan cermin dengan sabun cuci piring

Campuran sabun cuci piring dengan air adalah solusi tepat yang bisa membuat cermin Anda jadi lebih kinclong. Campuran ini juga bisa untuk membersihkan bagian kaca kompor elektrik Anda. 

Cara membersihkan cermin dengan sabun cuci piring cukup mudah. Pertama, siapkan air hangat, sabun cuci piring, botol semprot dan kain microfiber. 

Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat di dalam botol semprot. Kemudian semprotkan campuran ini ke kain microfiber sedikit saja hingga kain terasa lembap jangan sampai terlalu basah. Kemudian lap ke cermin dengan pola S dari atas ke bawah. 

Lalu seberapa sering Anda harus membersihkan cermin?

Frekuensi membersihkan cermin supaya kinclong sebenarnya tergantung beberapa hal seperti lokasi cermin, seberapa sering cermin digunakan dan bagaimana kondisi sekitar cermin. 

Umumnya membersihkan cermin bisa dilakukan minimal satu bulan sekali. Namun Anda sebaiknya lebih sering membersihkan cermin apabila cermin berada di ruangan umum dan banyak yang menggunakannya. 

Cermin yang berada di kamar mandi atau wastafel juga sebaiknya lebih sering dibersihkan. Sebab cermin yang berada di kedua tempat ini lebih rentan berkabut. Pada dasarnya, jika Anda sudah bisa melihat goresan atau noda di cermin, itu tandanya cermin harus segera dibersihkan. 

Baca Juga: Begini Cara Transfer BCA Ke LinkAja, Isi Saldo LinkAja Lebih Mudah

Demikian informasi cara membersihkan cermin dengan tepat supaya kinclong seperti baru serta informasi seberapa sering Anda harus membersihkan cermin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News