Keluarga

Hati-Hati Pilih Warna Kamar Anak di Tengah Cuaca Panas ya Moms, Berikut Tipsnya

Hati-Hati Pilih Warna Kamar Anak di Tengah Cuaca Panas ya Moms, Berikut Tipsnya

MOMSMONEY.ID - Berikut ini tips memilih warna kamar anak di tengah cuaca panas yang belakangan melanda Indonesia dari Jotun.

Orang tua pasti ingin yang terbaik buat anaknya, bukan? Apalagi, dalam mendesain kamar anak agar sang buah hati nyaman ketika berlama-lama di kamar mereka, terutama di saat cuaca panas. 

Banyak sebenarnya yang bisa dilakukan untuk bisa menciptakan kamar anak yang nyaman dan tentunya menyenangkan. Salah satunya, memilih cat yang punya warna menenangkan dan tentunya ramah anak. 

Nah, Jotun Indonesia meluncurkan varian warna baru yang cocok dalam mengembangkan imajinasi anak-anak, yakni Jotun Kids Collection 2023.

Jotun Kids Collection 2023 mengusung tiga koleksi warna utama berkonsep alam. Warna warni ini merupakan penyepurnaan dari produk ultra-premium Majestic sense yang menghadirkan ruangan imajinasi indah dan sehat. 

Baca Juga: Jotun Luncurkan Jotun Kids Collection 2023 Guna Dukung Anak Mewarnai Imajinasi

Dari tiga palet warna bertemakan alam ada 21 pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan keinginan anak. Tiga palet warna tersebut adalah Pastel Forest yang menggambarkan esensi dari hutan yang rimbun.

Kemudian ada Eternal Ocean yang menciptakan keindahan laut, dan Pinkish Pastures yang cocok untuk terus berkreasi  rangkawian warna merah muda. 

Brand Marketing PT Jotun Indonesia Zenitha Fitriati mengatakan, dalam acara peluncuran Jotun Kids Collection beberapa waktu lalu, setiap warna memiliki identitas.

Di samping itu, juga bisa memberikakan mood dan emosi. Oleh sebab itu, di dalam membuat ruangan harus bisa menghadirkan rasa aman dan nyaman. 

Selain itu, dalam memilih cat yang tepat untuk anak juga harus memperhatikan faktor kesehatan.

Nah, Jotun Kids Collection diklaim sudah mendapat sertifikasi Sensitive Choice dari National Astma Council of Australia yang aman untuk penderita asma, alergi, dan ramah anak.

"Anak itu paling lama di kamar dibanding orang tua, lo. Makanya, selain harus indah, kamar anak juga harus sehat," ujar Zentiha. 

Baca Juga: Ini Kesalahan Memilih Warna Cat Dinding Dalam Rumah yang Mungkin Anda Lakukan

Cocok saat cuaca panas 

Warna-warna alam memang dirasa tepat di tengah kondisi panas seperti saat ini. Pasalnya, alam identik dengan kesejukan atau kesegar

Menurut Ratna I Kurniasari, Designer & Founder Ananta Projects, warna yang diluncurkan oleh Jotun sangat cocok untuk kamar anak pada usia 6 tahun keatas, karena warna yang soft dan pilihan warnanya pun banyak.

"Apalagi, kondisi cuaca sangat ekstrem belakangan ini, dibutuhkan cat dengan warna-warna pastel agar dapat meredam panas sinar Matahari yang masuk ke dalam kamar," ungkapnya. 

Ratna melihat beberapa warna-warna yang dikeluarkan oleh Jotun, yaitu pastel forest, eternal ocean, pinkish pastures, sangat bagus dan cocok sekali untuk konsep-konsep kamar anak.

Baca Juga: Ini 10 Tren Warna Cat Rumah 2023 & Mereknya, yuk Coba

Dari ketiga konsep warna tersebut, tidak terlalu mencolok melainkan warna soft. Jadi, jika sinar Matahari masuk dalam kamar bisa diredam dengan warna tersebut.

"Dan, kalau bisa hindari warna cat terang karena kalau terkena cahaya Matahari semakin membuat banyak pantulan dalam kamar jadi kamar akan menjadi panas," pesan Ratna. 

Hanya, Ranu Scarvia, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia wilayah Jakarta, bilang, pemilihan warna saat cuaca panas sebenarnya tidak terlalu berpengaruh untuk kamar anak. Karena, biasanya kamar tidak langsung tersentuh sinar Matahari.

Namun, ada baiknya memang menghindari warna-warna yang dapat menyerap panas, agar anak juga menjadi nyaman di ruangnya. 

Sementara pemilihan warna-warna muda atau pastel cocok untuk membuat kamar yang sempit .

"Kalau, misalnya, kamar itu kecil, ada baiknya jauhi warna gelap. Pilih warna terang, warna muda, ataupun pastel agar memberikan kesan luas," sebut Ranu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News