Keluarga

Daftar Tanaman Hias Cocok Ditanam saat Cuaca Panas, Bikin Sejuk Ruangan

Daftar Tanaman Hias Cocok Ditanam saat Cuaca Panas, Bikin Sejuk Ruangan

MOMSMONEY.ID - Cuaca panas melanda sebagian wilayah di Indonesia. Terdapat daftar tanaman hias cocok ditanam saat cuaca panas. 

Tanaman hias yang tumbuh subur di cuaca panas ini tetap hidup meski dalam keadaan kering dan kekurangan air. Salah satu tanaman hias terkenal yang cocok dirawat saat cuaca panas yaitu kaktus. 

Selain kaktus, masih ada pilihan lain tanaman hias cocok ditanam saat cuaca panas. Tanaman hias yang tumbuh subur di cuaca panas lebih mudah dirawat karena Anda tidak perlu menyiraminya setiap hari. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bunga Dekorasi untuk Lebaran yang Bisa Bikin Ruangan Wangi dan Harum

Tanaman hias ini tetap tumbuh subur meski terkena sinar matahari dan cuaca yang panas. 

Mengutip The Joy of Plants, berikut ini 5 tanaman hias yang tumbuh subur di cuaca panas. 

1. Sukulen 

Tidak mengherankan jika tanaman berwarna-warni ini sedang tren saat ini, mengingat kecantikan dan perawatannya yang mudah.

Meskipun sukulen hijau lebih cocok untuk di dalam ruangan daripada variannya yang lebih cerah, tempatkan tanaman Anda di dekat jendela yang mendapat cahaya sepanjang hari agar tumbuh subur. 

Karena daunnya yang tebal dan kokoh menyimpan kelembapan, Anda hanya perlu menyiramnya seminggu sekali. 

Bahkan, jika Anda tidak menyiramnya selama dua minggu, tanaman ini tetap tumbuh subur di cuaca panas. 

2. Kaktus 

Kaktus Mini

Kita semua bersalah karena kadang-kadang mengabaikan tanaman dalam ruangan kita, terutama di suhu panas saat kita lebih mementingkan menghidrasi diri sendiri.

Untungnya, kaktus dapat tumbuh subur di cuaca panas. Kaktus dapat bertahan dengan baik di bawah sinar matahari langsung dan tidak masalah apabila jarang disiram air. 

Selain itu, tanaman kaktus juga memiliki banyak pilihan bentuk dan ukuran. Kaktus bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk menambah kesejukan ruangan di rumah. 

3. Lidah Buaya 

Terkenal dengan kemampuan obatnya untuk menyembuhkan luka, ternyata tanaman lidah buaya sendiri cukup tangguh.

Sering disebut sebagai 'tanaman keabadian', mudah untuk melihat bagaimana nama itu diperoleh, karena mereka dapat bertahan hidup di segala lingkungan dan membutuhkan sedikit perhatian.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Pembawa Hoki di Tahun Baru Imlek 2023, Bisa Dirawat Indoor

Cukup tinggalkan tanaman Anda di bawah sinar matahari langsung, sirami sesekali dan Anda akan mendapatkan satu lidah buaya yang sehat. 

4. Tanaman Ivy

Tanaman ini menjadi salah satu populer untuk tanaman dalam ruangan, tangguh dan cantik. Tanaman ini mudah dirawat dan mampu beradaptasi dalam cahaya tidak langsung terang maupun redup. 

Tanaman hanya perlu disiram sesekali, jadi meskipun suhu melonjak, tidak perlu khawatir akan layu.

Daunnya yang lebih besar juga bertranspirasi, melepaskan air berlebih ke udara yang mendinginkan diri dan lingkungan sekitar yang membantu kelembapan di rumah Anda.

5. Dracena

Pohon palem kuncir kuda pasti membantu menciptakan nuansa tropis dan pantai dalam kenyamanan rumah Anda sendiri.

Tanaman ini adalah tanaman dalam ruangan yang sempurna. Sebab, mereka mudah dirawat dan membutuhkan sedikit perawatan untuk tumbuh dan berkembang. 

Kuncinya adalah membiarkan tanah mengering sepenuhnya di antara penyiraman.

Cara Merawat Tanaman Hias Selama Cuaca Panas

Mengutip Patch Plants, berikut ini terdapat cara merawat tanaman hias selama cuaca panas ekstrem. 

Baca Juga: Tanaman Sukulen yang Bisa Dimakan, Ini Manfaat dan Perawatannya

1. Lindungi tanaman dari sinar matahari 

Pindahkan tanaman beberapa inci lebih jauh dari jendela atau bahkan dinding jika dinding Anda biasanya memanas saat cuaca sangat panas di luar ruangan. 

Jendela yang terkena sinar matahari langsung bisa jauh lebih panas dari biasanya, terutama di sore hari, jadi pastikan tidak ada tanaman yang menyentuh kaca secara langsung untuk menghindari daun yang hangus.

2. Pastikan siram tanaman 

Pastikan tanaman disiram dalam-dalam sebelum cuaca panas, jika memungkinkan, dan seperti biasa, pastikan tanah terendam secara merata.

Anda bahkan mungkin perlu menyiram setiap hari atau dua hari sekali tergantung pada tanaman dan durasi cuaca panas. 

Sirami di pagi hari jika memungkinkan, tetapi jika Anda melihat tanaman layu atau membutuhkan air kapan saja di siang hari, segera sirami.

Jangan lupa untuk memeriksa stek, tanaman air seperti bola lumut, baki kerikil, dan pelembap atau air di dalamnya juga akan menguap lebih cepat. 

3. Tambahkan kelembapan ke udara

Dalam cuaca panas kering, berikan pelembab udara yang lebih banyak sehingga akan membantu tanaman melawan penguapan yang cepat. 

Jadikan udara panas lembab dan tanaman Anda akan sangat bahagia. Cara termudah untuk melakukan ini adalah memberi mereka semprotan. 

Baca Juga: Cara Merawat Monstera Karstenianum, Tanaman Langka yang Mudah Tumbuh di Ruangan

Anda juga bisa meletakkan pot tanaman Anda di atas nampan berisi kerikil dan air. Atau taruh di kamar mandi yang lembap alami.

4. Waspadai AC

Jauhkan tanaman dari aliran udara langsung unit AC. Sebab, udara dingin dapat merusak jaringan tanaman. 

5. Simpan tanaman dalam ruangan 

Jangan membawa tanaman dalam ruangan ke luar untuk disiram. Sebab, tanaman dalam ruangan yang dibawa keluar bisa kaget atau syok karena cuaca panas yang ada di luar ruangan. 

Hal tersebut berlaku berapapun durasi yang Anda lakukan kepada tanaman dalam ruangan tersebut. 

6. Hindari membeli tanaman 

Cobalah untuk menghindari membeli tanaman pada hari yang sangat panas. 

Jika ya, rencanakan untuk segera membawanya pulang, dan berikan perlindungan dari sinar matahari selama berada di dalam mobil. 

Bahkan berhenti sebentar dalam perjalanan pulang mungkin cukup untuk merusak tanaman yang tertinggal di dalam mobil yang panas.

Itulah informasi mengenai daftar tanaman hias yang tumbuh subur di cuaca panas. Anda bisa mencoba menanam tanaman hias tersebut untuk menambah kesejukan di dalam rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News