Keluarga

Hati-hati, Inilah 9 Hal Tabu yang Tak Boleh Dilanggar di Hari Pertama Imlek

Hati-hati, Inilah 9 Hal Tabu yang Tak Boleh Dilanggar di Hari Pertama Imlek

MOMSMONEY.ID - Di dalam kepercayaan Tionghoa, ada banyak hal yang boleh & tak boleh dilakukan. Hal yang tak boleh dilakukan itu dianggap tabu & tak boleh dilanggar sama sekali.

Para sesepuh Tionghoa percaya terhadap beberapa hal tabu yang tak boleh dilanggar saat hari pertama Imlek. Apa sajakah itu? Simak artikel berikut ini.

Minum obat

Hal tabu saat hari pertama Imlek adalah meminum obat. Meminum obat pada hari pertama Imlek dipercaya dapat membuat orang tersebut sakit-sakitan selama setahun penuh.

Baca Juga: Prediksi Lengkap Tahun Baru Imlek 2024 Naga Kayu, Apa Maknanya?

Sementara itu dikutip dari Confucius Institute, di beberapa tempat lain, ada kepercayaan bahwa orang sakit yang memecahkan gallipot (pot obat) pada hari pertama Imlek diyakini akan mengusir penyakit di masa mendatang.

Memotong rambut

Atraksi barongsai di sekolah

Memotong rambut dianggap tabu & terlarang dilakukan saat hari pertama Imlek. Dipercaya hal ini menandakan kematian saudara yang tentu saja akan menjadi berita buruk bagi keluarga besar.

Jika Anda ingin memotong rambut, potonglah rambut di hari lain selain hari-hari Imlek.

Baca Juga: Warna Keberuntungan dan Kesialan 12 Shio di Tahun Baru Imlek Naga Kayu 2024

Menyapu rumah

Hal terlarang saat hari pertama Imlek adalah menyapu rumah. Menyapu rumah pada hari pertama Imlek terbilang cukup tabu.

Melansir China Highlights menyapu rumah dipercaya sama dengan menyapu seluruh kekayaan & keberuntungan yang akan muncul pada tahun depan.

Menyapu rumah hanya disarankan dilakukan pada hari-hari sebelumnya.

Mandi & mencuci pakaian

Mandi & mencuci pakaian juga termasuk ke dalam golongan hal-hal terlarang saat hari pertama Imlek.

Menurut legenda kuno, hari pertama & kedua Imlek merupakan hari lahirnya Dewa Air. Maka dari itu, jangan menggunakan air untuk mandi, keramas, hingga mencuci pakaian sebagai bentuk rasa hormat kepada Dewa Air.

Baca Juga: 7 Makanan Tabu yang Dianggap Membawa Kesialan Sepanjang Tahun

Meminjam uang

Barongsai Imlek

Meminjam ataupun meminjamkan uang & barang kepada orang lain adalah hal tabu saat hari pertama Imlek.

Dianggap tabu dan terlarang karena meminjamkan uang dipercaya sebagai tanda kesialan. Bagi Anda yang meminjamkan uang pada hari pertama Imlek, Anda akan mengalami kerugian ekonomi.

Sayangnya, meminta pengembalian uang kepada orang yang dihutangkan juga termasuk hal tabu saat hari pertama Imlek.

Baca Juga: Peruntungan Nasib Politik & Pemilu di Tahun Naga Kayu 2024, Menurut Astrologi China

Makan bubur saat sarapan

Hal tabu saat hari pertama Imlek adalah menyantap bubur.

Melansir Travel China Guide, Anda dilarang menyantap bubur sebagai sarapan di pagi hari pada saat hari pertama Imlek karena dipercaya akan mencerminkan kehidupan terpuruk bagi siapapun yang memakannya.

Sebab, dahulu orang-orang miskin hanya mampu membeli bubur saja untuk merayakan Imlek. Sementara orang biasa bisa makan pangsit untuk perayaan Imlek. Maka dari itu, sebaiknya hindari makan bubur pada hari tersebut.

Memberikan salam kepada orang tidur

tradisi imlek

Hal terlarang saat hari pertama Imlek adalah membangunkan orang tidur & memberikan ucapan selamat Imlek kepada orang yang masih tidur tersebut.

Jika salah satu dari keduanya dilakukan, maka dipercaya orang yang sedang tidur akan terus menerus terbaring di tempat tidur karena sakit berkepanjangan.

Baca Juga: Menurut Ilmu Cina Kuno, Ini 10 Tips Peroleh Keberuntungan Makin Luas di Tahun 2024

Tidur siang

Tidur siang menjadi hal tabu saat hari pertama Imlek. Pasalnya, hal ini dipercaya dapat sebabkan kemalasan sepanjang tahun.

Memakai pakaian monokrom

Seperti yang kita ketahui, warna merah adalah salah satu warna keberuntungan di hari Imlek. Maka dari itu, dianjurkan untuk memakai segala jenis barang yang berunsur merah.

Tapi hal tabu saat hari pertama Imlek yang tak boleh dilakukan, salah satunya adalah memakai pakaian dengan warna monokrom (hitam & putih).

Warna monokrom melambangkan kesialan. Sebab, pakaian hitam-putih hanya berlaku untuk acara-acara menyedihkan seperti pemakaman & upacara berkabung. Selain itu, tidak etis rasanya memakai pakaian monokrom saat festival berlangsung.

Itulah sederet hal tabu dan terlarang saat hari pertama Imlek. Percaya-tak percaya, sederet hal tabu ini masih terus dipegang oleh sebagian orang Tionghoa.

Selanjutnya: Semen Indonesia (SMGR) Pasok 236.000 Ton Semen untuk Proyek Jalan Tol Sibanceh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News