HOME, Bugar

Harus Tahu! 4 Cara Meratakan Warna Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Harus Tahu! 4 Cara Meratakan Warna Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

MOMSMONEY.ID - Dampak dari sinar matahari salah satunya adalah kulit belang. Kulit belang biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama. Munculnya kulit belang tentunya bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Oleh karena itu, Anda perlu meratakan warna kulit yang belang kembali seperti semula. Lakukan cara ini secara rutin, berikut cara meratakan warna kulit belang dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Menggunakan Tabir Surya

Cara meratakan warna kulit belang pertama dengan menggunakan tabir surya. Penggunaan sunscreen tidak hanya dipakai saat hendak beraktivitas di luar, tetapi menggunakan sunscreen saat Anda di dalam ruangan juga perlu.

Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat masuk melalui jendela dan cahaya yang dipancarkan oleh alat elektronik seperti laptop dan handphone juga dapat merusak kulit.

Terlebih lagi saat Anda beraktivitas di luar ruangan, kulit yang tidak terlindungi sunscreen akan menyebabkan hiperpigmentasi. Menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih terbukti dapat melindungi kulit dari sinar UV sehingga kulit belang dapat dicegah dan diatasi.

Para ahli menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen setidaknya dua kali sehari. Penting untuk diingat, kulit membutuhkan waktu hingga 20 menit untuk menyerap tabir surya. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya 20-30 menit sebelum keluar rumah.

2. Melakukan Eksfoliasi

Cara meratakan warna kulit yang belang selanjutnya yaitu melakukan eksfoliasi. Rutin melakukan eksfoliasi akan membantu untuk mengembalikan warna kulit seperti semula. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan skincare Anda ataupun menggunakan scrub tubuh untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi dua minggu sekali untuk mengembalikan warna kulit dan menghilangkan flek hitam akibat sinar matahari.

Baca Juga: Ingin Bersihkan Matras Olahraga? 2 Cara Ini Bisa Dijadikan Pilihannya!

3. Menggunakan Pelembab

Berikutnya, menggunakan pelembab juga dianjurkan sebagai cara meratakan warna kulit belang. Menggunakan pelembab pencerah kulit atau body lotion sangat membantu dalam mengatasi kulit belang karena diformulasikan untuk menembus jauh ke dalam kulit Anda.

Selain itu, menggunakan pelembab secara bertahap juga mengurangi munculnya pigmen melanin yang berwarna cokelat tua. Body lotion maupun hand body dengan klaim mencerahkan warna kulit dapat kamu coba untuk mengatasi kulit belang.

4. Rutin Minum Air Putih

Cara meratakan warna kulit belang lainnya adalah dengan rutin minum air putih. Menjaga kulit dan tubuh tetap terhidrasi akan memberikan banyak manfaat luar biasa bagi kulit. Hal ini dikarenakan minum cukup air akan membantu tubuh untuk membuang racun sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa hanya dengan minum dua cangkir air putih dapat meningkatkan aliran darah ke kulit yang membuat warna kulit jadi lebih merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News