Santai

Harga iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Terbaru Beserta Cara Pre Order

Harga iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Terbaru Beserta Cara Pre Order

MOMSMONEY.ID - Seri iPhone 16 generasi berikutnya dari Apple diperkirakan akan diluncurkan pada 20 September 2024. Terdapat beberapa daftar harga iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. 

Model iPhone yang muncul berturut-turut selalu hadir dengan fitur baru dan peningkatan perangkat keras, tetapi tetap ada perbedaan harga iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. 

Diprediksi harga iPhone 16 akan mengalami kenaikan harga. Faktor eksternal seperti biaya produksi yang lebih tinggi berpotensi mendorong Apple untuk menaikkan harga pada jajaran produknya yang akan datang.

Baca Juga: Turun Rp 2 Juta, Cek Update Harga iPhone 15 Pro Max di iBox Periode Maret 2024

Rumor tentang kamera yang lebih mahal pada iPhone 16 Pro dan Pro Max semakin menunjukkan bahwa perangkat tersebut mungkin juga dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Di satu sisi, Apple mungkin merasa terpaksa untuk membebankan biaya yang meningkat tersebut kepada pelanggannya.

Rumor lain menyebutkan harga  iPhone 16  bisa turun, karena Apple bisa mengubah cara pembuatan chipset A17 Bionic untuk mengurangi biaya. Pengurangan biaya produksi itu berpotensi memberikan penghematan kepada konsumen, tetapi itu hanya spekulasi. 

iPhone 16

Lalu, berapa harga iPhone 16, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max?

Berikut perkiraan daftar harganya:

- iPhone 16 sekitar Rp 12 jutaan. 

- iPhone 16 Plus sekitar Rp 14 jutaan. 

Baca Juga: Catat Tanggal Pre Order iPhone 16 yang Akan Segera Dimulai pada September 2024

- iPhone 16 Pro sekitar Rp 16 jutaan. 

- iPhone 16 Pro Max Rp 18 jutaan.

Semua model tersebut akan tersedia mulai 20 September 2024. 

Anda dapat dengan cukup aman memprediksi bahwa pra-pemesanan untuk jajaran iPhone 16 akan tersedia pada hari Jumat, 13 September.

Ada rumor yang beragam tentang pilihan warna iPhone 16 dan 16 Plus. Disebut terdapat warna biru, merah muda, kuning, hitam, hijau, putih, dan ungu untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. 

Untuk model iPhone 16 Pro dan Pro Max, Anda mendapatkan warna hitam legam, perak, abu-abu, dan warna perunggu atau titanium gurun baru yang menggantikan warna titanium biru pada seri iPhone 15 Pro.

Desain 

Seri iPhone 16 akan memiliki gaya yang mirip dengan iPhone 15 dengan kaca belakang yang dipadukan dengan warna yang sama, sisi persegi dengan rangka titanium yang ringan dan kuat. 

Namun, ada dua perubahan utama pada desainnya, tombol rana baru dan perubahan pada susunan modul kamera. Mari kita bahas masing-masing secara mendetail.

Tombol Rana atau Tombol Kamera

Tombol ini dapat digunakan untuk mengambil foto dan video, dan dapat ditekan setengah untuk memfokuskan, seperti pada DSLR. Beberapa rumor menyebutkan bahwa tombol ini akan mendukung gerakan seperti menggeser untuk memperbesar dan memperkecil.

Dengan seri iPhone 16, kami berharap tombol aksi akan tersedia bahkan pada model iPhone non-Pro, tidak seperti seri iPhone 15. Tampaknya tombol rana juga akan tersedia pada semua model iPhone dan bukan hanya model Pro.

Tata Letak Kamera Belakang Vertikal

Baca Juga: Bayar Pajak Daerah Jakarta Pakai BRImo Bisa Dapat iPhone Pro Max

Pada model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, tata letak kamera diagonal kini akan vertikal lagi. Perubahan ini dapat mengaktifkan perekaman video spasial pada model non-Pro, yang kompatibel dengan Vision Pro.

Perubahan lain yang mungkin tidak langsung terlihat adalah MagSafe menjadi jauh lebih ramping, mengurangi ukuran cincin magnetik yang diperlukan untuk casing yang kompatibel dengan MagSafe.

Chipset A18

Tetapi, spesifikasi ini mungkin berkaitan dengan chip A18 Pro yang digunakan di iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max. 

iPhone 16 dan 16 Plus standar mungkin memiliki chip A18 yang kurang bertenaga, yang dapat menghasilkan skor benchmark yang lebih rendah.

Hingga saat ini, belum ada skor benchmark yang bocor untuk versi chip ini.

iPhone 15 dan 15 Plus standar tidak mendukung Apple Intelligence, sedangkan keempat model seri iPhone 16 memiliki neural engine bawaan dan dapat menjalankan AI pada perangkat.

Terkait RAM, model iPhone 16 standar  dapat ditingkatkan  dengan RAM 8GB, naik dari 6GB pada model iPhone 15. Dengan demikian, keempat model iPhone 16 akan menawarkan RAM 8GB. Kemungkinan besar, peningkatan tersebut akan menjalankan AI pada perangkat tersebut.

Kamera

Detail kamera masih kurang. Pada model Pro, kamera ultrawide telah ditingkatkan dari 12MP menjadi 48MP. Meskipun zoom optik 5x sebelumnya hanya tersedia di iPhone 15 Pro Max, fitur ini mungkin juga tersedia di iPhone 16 Pro.

Baca Juga: Cara Mengatasi No Battery is Detected pada Laptop Tanpa Perlu Mengganti Baterai Baru

Kami tidak mengharapkan adanya perubahan pada kamera model iPhone 16 dan 16 Plus, tetapi Apple mungkin akan mengejutkan kita. Oh, dan bagian kamera akan meniru seri iPhone 12 dengan pengaturan berbentuk pil vertikal.

Baterai

Rumor menyebutkan bahwa model iPhone 16 Pro akan menggunakan teknologi baterai bertumpuk, yang umum digunakan pada kendaraan listrik dan perangkat medis. 

Tapi, perbedaan kecil dalam kapasitas ini mungkin tidak berdampak signifikan pada penggunaan di dunia nyata. Untuk memenuhi persyaratan UE, Apple mungkin mengizinkan penggantian baterai pada seri iPhone 16 meskipun mereka memiliki waktu hingga tahun 2025.

Harga 

Harga iPhone 16 bisa saja tetap sama atau mendekati harga model iPhone 15. Satu-satunya pengecualian adalah iPhone 16 Pro, yang mungkin mengalami kenaikan harga. 

Secara keseluruhan, jajaran iPhone 16 terlihat tangguh dengan warna baru, pengisian daya yang lebih cepat, fitur AI, Wi-Fi 7, dan prosesor yang lebih cepat, sembari mempertahankan kisaran harga yang sama dengan model sebelumnya, kecuali model Pro.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai harga iPhone 16, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Selanjutnya: Penyebab Pengisian Daya Ponsel Lambat Beserta Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News