InvesYuk

Harga Emas Spot Memantul Naik Jelang Rilis Indikator Inflasi AS

Harga Emas Spot Memantul Naik Jelang Rilis Indikator Inflasi AS

MOMSMONEY.ID - Harga emas di pasar global pada hari ini memantul naik dari level terendah dua minggu. Para pedagang sedang mempertimbangkan memudarnya harapan penurunan suku bunga AS, jelang rilis data kunci inflasi yang akan dirilis akhir pekan ini.

Mengutip Reuters, Senin (27/5) pukul 11.25 WIB, harga emas spot naik 12,25 poin atau 0,52% menjadi US$ 2.346 per troi ons. Jumat lalu, logam mulia ini parkir di level terendah sejak 9 Mei yaitu di US$ 2.325,19 per troi ons.

Sebelumnya, emas spot mengukir rekor tertinggi US$ 2.449,89 per troi ons pada awal pekan lalu, namun telah merosot lebih dari US$ 100 sejak saat itu.

Analis senior City Index, Matt Simpson, menduga emas dapat sedikit memantul naik dari level saat ini, sebelum menguji ulang zona US$ 2.280-US$ 2.300, yang dapat menyebabkan kerugian berlanjut jika data ekonomi AS terus berkinerja lebih baik.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) inti, ukuran inflasi pilihan Federal Reserve AS, akan dirilis pada Jumat.

Emas dikenal sebagai lindung nilai inflasi, tetapi suku bunga yang lebih tinggi dapat menyebabkan emas kalah menarik sebab tidak memberikan imbal hasil.

“Dengan kondisi bullish di level tertinggi dan memaksa beberapa perusahaan melikuidasi, serta yang lainnya beralih ke posisi bearish, saya ragu kita akan melihat level tertinggi baru dalam waktu dekat, karena The Fed mempertahankan narasi suku bunga lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama," prediksi Simpson, melansir Reuters, Senin. 

Baca Juga: Harga Emas Spot Masih Turun Saat Pelaku Pasar Menanti Notula Rapat The Fed Malam Ini

Risalah pertemuan Federal Reserve yang dirilis pekan lalu, menunjukkan bahwa jalur bank sentral menuju inflasi 2% bisa memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan.

Taruhan para pedagang mengindikasikan meningkatnya skeptisisme bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga lebih dari sekali pada tahun 2024. Menurut CME FedWatch Tool, saat ini peluang 63% untuk penurunan suku bunga pada November.

Di dalam negeri, harga emas fisik terbitan PT Aneka Tambang Tbk atau emas Antam bergulir naik. Mengutip logammmulia.com, harga emas Antam pecahan 1 gram naik Rp 2.000 menjadi Rp 1,327 juta.

Dus, harga beli kembali atau buyback emas Antam ikut naik Rp 2.000 ke level Rp 1,213 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Anda melego emas Antam pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News