InvesYuk

Harga Emas Dekati Rekor Lagi, Berpotensi Tembus US$ 3.000 dalam 6 Bulan

Harga Emas Dekati Rekor Lagi, Berpotensi Tembus US$ 3.000 dalam 6 Bulan

MOMSMONEY.ID - Kekhawatiran meningkatnya ketegangan di Timur Tengah menjaga kilau emas. Harga emas hari ini tak jauh dari rekor tertingginya, yang ditorehkan pekan lalu.

Mengutip Reuters, Selasa (16/4) pukul 13.03 WIB, harga emas spot naik 0,15% menjadi US$ 2.386,07 per troi ons. Jumat lalu, harganya mencapai level tertinggi sepanjang masa di US$ 2.431,29 per troi ons.

Segendang sepenarian, harga emas berjangka di bursa Comex-AS naik 0,9% ke level US$ 2.403,90 per troi ons.

Harga emas mendapat dukungan dari kabar utama di Timur Tengah. Meningkatnya ketegangan geopolitik antara Iran dan Israel mendorong permintaan logam safe haven. Namun sebelum itu, logam mulia sudah menguat karena pembelian oleh bank sentral dan kenaikan ekspektasi inflasi. "Ini berarti emas sekali lagi berperan sebagai lindung nilai terhadap inflasi," kata Matt Simpson, analis senior di City Index, seperti dilansir Reuters, Selasa (16/4).

Meski begitu, Simpson melihat fakta bahwa penembusan intraday di atas US$ 2.400 dengan cepat berbalik. Ini menunjukkan para pedagang tertarik untuk membukukan keuntungan, yang pada gilirannya menunjukkan emas mungkin akan mengalami semacam guncangan pada harga tertinggi ini.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Berjaya, Safe Haven Diburu Karena Konflik Memanas

Emas naik 1,6% di sesi sebelumnya meskipun penjualan ritel AS meningkat lebih dari perkiraan pada bulan Maret. Data ekonomi AS telah menimbulkan pertanyaan mengenai prospek penurunan suku bunga. Kini, pasar memperkirakan penurunan suku bunga kurang dari 50 basis poin pada akhir tahun, dari ekspektasi sebulan lalu yang masih tiga kali penurunan.

“Kompleksitas emas telah terpisah dari nilai tukar AS dan dollar AS, menunjukkan pendorong konsumsi fisik yang kuat, permintaan alternatif fiat, lindung nilai geopolitik dan pembelian oleh bank sentral mendukung pasar," tulis Citi dalam sebuah catatan.

Citi memproyeksikan harga emas akan diperdagangkan pada US$ 3.000 per troi ons dalam 6 bulan-18 bulan ke depan.

Di dalam negeri, harga emas Antam melanjutkan kenaikannya. Mengutip logammulia.com, hari ini, harga emas Antam pecahan 1 gram dibanderol Rp 1,321 juta. Emas fisik ini mendekati rekor tertinggi sepanjang masa di Rp 1,324 juta, yang diukir Jumat, 12 April lalu.

Adapun, harga beli kembali atau buyback emas Antam stagnan di level Rp 1,215 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Anda menjual emas Antam pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News