Keluarga

Halodoc Sediakan Layanan Konsultasi Dokter Gratis, biar Orang Tua Lebih Sigap

Halodoc Sediakan Layanan Konsultasi Dokter Gratis, biar Orang Tua Lebih Sigap

MOMSMONEY.ID - Halodoc menyediakan layanan konsultasi dokter di platform mereka secara gratis. Harapannya, orang tua menjadi lebih sigap apabila si kecil mengalami demam.

Menjaga agar tubuh anak tetap prima adalah prioritas utama bagi semua orangtua. Konsumsi makanan empat lima sempurna pun jadi faktor yang diperhatikan untuk si buah hati sehat.

Tak sekadar memberi makanan sehat, menjaga kebersihan saat mengonsumsi makanan juga hal penting yang perlu diperhatikan banyak orangtua.

Sekedar informasi saja, Data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2020 menunjukkan, diare adalah penyebab kematian kedua tertinggi pada bayi usia 29 hari sampai 11 bulan sebesar 9,8% dan pada kelompok balita usia 12 hingga 59 bulan mencapai 4,5% dari total kematian.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan anak menderita diare. Sebut saja, kurangnya perhatian anak mencuci tangan setelah beraktivitas. Atau, biasanya orang terinfeksi bakteri dari makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Atau, si kecil terkenal virus seperti flu, norovirus, atau rotavirus. Rotavirus adalah penyebab paling umum dari diare akut pada anak-anak.

Dari beberapa faktor tersebut, kondisi tinja seperti lembek dan cair, demam atau kehilangan nafsu makan pun bisa dialami anak.

Baca Juga: Tekan Perkembangan Penyakit Diare, Lifebouy Gelar Kampanye Sentuhan Sehat

Veronica Utami, Chief Operating Officer Halodoc, menyampaikan, melalui penyediaan layanan konsultasi dokter di Halodoc secara gratis, diharapkan orang tua menjadi lebih sigap apabila si kecil mengalami demam.

Terlebih, demam merupakan salah satu penyakit yang sering dikeluhkan dan menjadi gejala awal dari berbagai penyakit seperti demam berdarah ataupun infeksi lainnya.

"Di Halodoc, kami pun secara aktif menghadirkan berbagai inisiatif yang mengedukasi masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mendukung keluarga melalui penyediaan layanan Home Lab untuk pemeriksaan demam hingga vaksinasi Demam Berdarah Dengue," ujar Veronica dalam keterangan tertulis, Kamis (4/4)

Yonan Heriyanto, Ketua Jurusan Kesehatan Gigi dari Politeknik Kesehatan Bandung, menambahkan, pentingnya menjangkau para orang tua yang kurang mendapatkan akses pada layanan kesehatan serta berbagi pengetahuan tentang prinsip kebersihan yang baik.

Termasuk, cara menjaga bayi serta anak kecil agar terhindar dari penyakit yang bisa dicegah.

"Diharapkan hal ini dapat membantu mereka menghindari risiko kondisi yang semakin memburuk," katanya.

Terbukti, sejak tahun 2022 hingga awal tahun 2024, layanan konsultasi kesehatan gratis Lifebuoy telah bekerjasama dengan Halodoc dan telah berhasil menghadirkan sekitar 185.000 sesi konsultasi kepada keluarga-keluarga di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News