Santai

Gaet Wisatawan Ke Desa Wisata, Kemenparekraf Luncurkan Senandung Dewi 2024

Gaet Wisatawan Ke Desa Wisata, Kemenparekraf Luncurkan Senandung Dewi 2024

MOMSMONEY.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meluncurkan Semarak Event Unggulan di Desa Wisata (Senandung Dewi) 2024 untuk memperkenalkan sederet event agar dapat menarik lebih banyak kunjungan wisatawan ke desa wisata.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, inisiasi Senandung Dewi merupakan hasil kolaborasi dengan enam event di desa wisata.

"Karenanya saya sangat mengapresiasi desa wisata se-Indonesia yang telah mengusulkan event-event berkualitas untuk berkolaborasi dalam program Senandung Dewi. Kita harapkan ini bisa mendatangkan kunjungan wisatawan kita ke desa wisata," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (2/7).

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, menjelaskan bahwa Kemenparekraf telah menjalankan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) selama empat tahun. Menurutnya, ekosistem desa wisata ini terbentuk makin baik.

Melihat hal tersebut, dia mengatakan bahwa ini adalah momen yang tepat untuk kembali menghadirkan program dukungan lain dalam mengembangkan desa wisata dengan fokus pada nilai-nilai keberlanjutan (sustainability), skalabilitas (scalability) dan nilai jual (sellable)

Menurutnya, program dukungan ini diterjemahkan dalam bentuk event karena event menjadi salah satu instrumen yang paling efektif untuk mengundang wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

Baca Juga: Sambut Liburan Sekolah, Area Play-Experience Hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Adapun, terdapat dua skema dalam program Senandung Dewi. Pertama, mengkurasi desa wisata di Indonesia yang telah memiliki event namun belum berkembang. Kedua, apabila desa wisata tersebut belum memiliki event, maka dirancangkan event menarik sesuai kearifan lokal.

Adapun enam event yang berkolaborasi dalam Senandung Dewi 2024 antara lain:

1. Penglipuran Village Festival XI, Desa Wisata Penglipuran, Bali, pada 4-7 Juli 2024.

2. Event Butuh Sidowarna Shadow Puppet Festival, Desa Wisata Wayang Sidowarna, Klaten, Jawa Tengah, pada 10-11 Agustus 2024.

3. Event Hyang Argopuro Festival Jember, Kolaborasi 5 Desa Wisata, pada 12-13 September 2024.

4. Event Ngopi Padang Mbulan Rame-Rame, Desa Wisata Ketapanrame, Mojokerto, Jawa Timur, pada 19 September 2024.

5. Festival Gema Budaya, Desa Wisata Kreatif Terong, Belitung, pada 4-7 November 2024.

6. Event Pariwisata di Desa Wisata Golo Bilas, Manggarai Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News