MOMSMONEY.ID - TikTok mengenalkan fitur baru yang fokus dalam industri musik. Nama fitur baru tersebut adalah TikTok for Artists. Fitur TikTok for Artists kini tersedia di Indonesia, Jepang, Korea, Australia, Selandia Baru, Inggris, Irlandia, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda, Swedia, Norwegia, Denmark, Mesir, Lebanon, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Maroko, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Brasil, Kolombia, dan Argentina. TikTok for Artists akan segera diluncurkan di negara-negara lainnya.
Dalam keterangan tertulis, Jumat (6/6), TikTok for Artist menjadi platform wawasan musik satu atap terbaru yang dirancang untuk para musisi di TikTok. Platform ini memberikan akses ke data dan wawasan yang membantu artis, label, dan tim mereka terhubung dengan komunitas TikTok di seluruh dunia, mempromosikan musik, dan meraih kesuksesan baik di dalam maupun di luar platform.
TikTok for Artists menghadirkan dasbor analitik yang diperbarui setiap hari dan menampilkan data lengkap terkait performa musik dan konten unggahan musisi di TikTok. Fitur ini juga memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana komunitas TikTok berinteraksi dengan para musisi dan musik mereka.
Dasbor analitik ini dirancang untuk mendukung musisi dan timnya meningkatkan keterlibatan dengan penggemar (fan engagement), mengoptimalkan strategi promosi, serta menginspirasi pembuatan konten yang lebih tepat sasaran di TikTok.
Baca Juga: Integrasi Tokopedia dan TikTok Shop Maksimal 9 Juni, Begini Kata Pelapak
Fitur utama TikTok for Artists meliputi:
• Performa lagu: jumlah tayangan, unggahan, dan interaksi/keterlibatan (engagement) kreator di setiap lagu
• Performa unggahan: jumlah tayangan, suka (like), komentar, bagikan (share), dan tingkat penyelesaian lagu
•Wawasan pengikut: data demografis seperti gender, usia, dan bahasa
• Panduan penggunaan fitur TikTok
• Dukungan dan sumber daya tambahan untuk tim artis dan label
Hadirnya fitur TikTok for Artist ini juga mendankan Pre-Release (Pra-rilis) secara global sebuah layanan mandiri baru yang memungkinkan musisi mempromosikan album mereka sebelum resmi dirilis di TikTok. Fitur ini memungkinkan penggemar untuk menyimpan album lebih awal langsung ke perpustakaan Spotify atau Apple Music mereka, sehingga album akan otomatis tersedia dan bisa langsung didengarkan begitu dirilis di platform streaming musik pilihan mereka.
Tracy Gardner, Global Head of Music Business Development, TikTok, mengatakan TikTok telah dikenal luas sebagai platform terdepan untuk promosi dan penemuan musik. Dengan peluncuran TikTok for Artists, para musisi kini bisa mengakses wawasan yang mereka butuhkan untuk membawa karier mereka ke level berikutnya.
"Kami merancang platform ini agar musisi dapat mengakses data yang transparan, relevan, dan bisa langsung ditindaklanjuti baik mengenai musik maupun audiens mereka untuk membantu membangun koneksi yang lebih kuat dengan komunitas TikTok dan mengembangkan karier mereka, baik di dalam maupun di luar platform," kata Tracy.
Musisi lokal, Adrian Khalif (@adriankhalif) berbagi pengalamannya menggunakan TikTok for Artist. "Dulu gue mikir lagu yang kena pasti dari hook. Tapi ternyata, dari Dashboard TikTok gue tahu, orang paling relate justru di satu bar kecil yang gue tulis terakhir. Insight kayak gitu bantu gue ngelihat lagu gue dari sudut pandang pendengar,” kata Adrian.
Baca Juga: Cece Caramel, Runner Up Gimme The Mic 2024 Rilis Single Fireworks Confession
Sentimen serupa juga disampaikan oleh grup band asal Bandung, Juicy Luicy (@juicyluicyband) yang menjelaskan fitur sound analytics di TikTok membantu tentang pemakaian lagu di video TikTok. "Kami bisa tahu sound kami dipakai di video POV, video nangis, atau bahkan lucu-lucuan. Dari situ kita bisa ngarahin ulang konten supaya tetap sesuai nuansa lagunya,” kata Juicy Luicy.
TikTok for Artists kini sudah tersedia untuk semua musisi yang memiliki Akun Artis TikTok yang tersertifikasi. Musisi juga dapat memberikan akses akun kepada tim manajemen mereka maupun tim dari label musik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News