Keluarga

Faktanya Anda Harus Rutin Mengganti Sikat Gigi, Ini Alasannya

Faktanya Anda Harus Rutin Mengganti Sikat Gigi, Ini Alasannya

MOMSMONEY.ID - Membersihkan gigi Anda tidak akan efektif dengan bulu sikat gigi yang sudah rusak. Yuk, simak seberapa sering Anda harus mengganti sikat gigi lama Anda dan alasannya.

Sikat gigi adalah senjata yang paling tepat untuk melawan plak dan bakteri yang bisa merusak gigi. Namun, karena sikat gigi sering digunakan, maka sikat memiliki banyak bakteri di dalamnya. 

Untuk menjaga kesehatan gigi, Anda tak hanya perlu membersihkan sikat gigi. Anda juga perlu tahu usia penggunaan sikat gigi yang tepat. Lalu, seberapa sering sikat gigi sebaiknya diganti?

Baca Juga: Brand Lokal Ini Suarakan Women Empowerment lewat Perhiasan

Alasan Anda harus rutin mengganti sikat gigi

Asisten Profesor Kesehatan Gigi dan Mulut di Universitas Pennsylvania Roopali Kulkarni menjelaskan, sikat gigi merupaka satu-satunya alat di rumah yang bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sehingga, kotoran di mulut justru bisa berkembang pada sikat gigi.

Selain itu, bulu pda sikat gigi jadi mudah rusak karena sering digunakan. Bulu sikat gigi yang rusak akan menyebabkan iritasi pada gusi. Tambah lagi, sikat gigi yang rusak juga tidak efektif untuk membersihkan gigi dan mulut. 

Seberapa sering harus rutin mengganti sikat gigi?

Melansir Reader Digest, The American Dental Association merekomendasikan sikat gigi diganti secara rutin setiap 3-4 bulan sekali. Anda mungkin perlu menggantinya sesegera mungkin apabila melihat bulu sikat sudah rusak.

Tapi, jika Anda ingin menggantinya setiap sebulan sekali pun tidak masalah. 

Baca Juga: Hindari Kotor Lagi, Ini Cara Membersihkan Cermin Supaya Kinclong Seperti Baru

Nah, jika Anda menggunakan sikat gigi elektrik, sebenarnya sama saja. Anda tetap perlu mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. 

Berbeda apabila Anda sedang sakit flu atau pilek. Bakteri penyebab penyakit ini bisa menempel di sikat gigi. Jika Anda baru saja sembuh dari penyakit ini, sebaiknya segera ganti sikat gigi. Menggunakan sikat gigi yang sama bisa menyebabkan infeksi ulang. 

Jika Anda tipe yang tidak suka membuang sesuatu yang sudah lama Anda miliki, manfaatkan sikat gigi bekas Anda. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan beberapa benda di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News