Santai

ESTI: Energi Hijau dan Inisiatif Berkelanjutan Bakal Menopang Kinerja Perusahaan

ESTI: Energi Hijau dan Inisiatif Berkelanjutan Bakal Menopang Kinerja Perusahaan

MOMSMONEY.ID - PT Ever Shine Tex Tbk (ESTI), menjadi salah satu perusahaan tekstil yang berkomitmen untuk menerapkan energi hijau dan inisiatif berkelanjutan dalam operasinya. 

Michael Sung, Direktur ESTI, menyebut bahwa saat ini perusahaan  terus berinvestasi untuk pengembangan energi hijau. Pasalnya penggunaan energi ramah lingkungan ini memberikan dampak positif terhadap kinerja.

"Saat ini, kami telah menggunakan energi hijau dan terbarukan sebesar 40% dari total kapasitas kami," ujarnya kepada KONTAN, Jumat (6/7/2024)

Baca Juga: Konsumsi Batubara RI Cetak Rekor, Bagaimana Update Diversifikasi Bisnis Non-Batubara?

Dengan penggunan energi hijau tersebut perusahaan dapat menekan biaya energi dalam jangka panjang. Hal ini akan mempengaruhi profitabilitas perusahaan ke depan.

Hanya menurutnya dukungan dari pemerintah dan perbankan terhadap inisiatif berkelanjutan yang dilakukan perusahaannya masih minim. Makanya ESTI masih mengandalkan kas internal maupun sistem leasing dalam pengembangan EBT.

Baca Juga: Target Bauran EBT 23% pada 2025 Sulit Tercapai, Ini Penyebabnya

Ia menjelaskan meskipun telah berinvestasi dalam energi hijau dan menjalankan praktik berkelanjutan sesuai dengan target pemerintah, perusahaan masih dikategorikan sebagai industri merah oleh institusi dan perbankan. Hal ini mempersulit perusahaan untuk mendapatkan pendanaan untuk pengembangan perusahaan.

"Untuk mengajukan penambahan dana saja untuk mengembangkan perusahaan juga sangat sulit saat ini," lanjutnya.

Yang jelas, Michael optimistis bahwa penerapan energi hijau dan inisiatif berkelanjutan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi ESTI. Selain mengurangi biaya energi dan emisi karbon, inisiatif berkelanjutan juga dapat meningkatkan citra perusahaan dan menarik pelanggan yang peduli dengan lingkungan.

Baca Juga: Intip Strategi Perusahaan Tekstil PT Ever Shine Tex Tbk Mengurangi Air & Energi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News