Bugar

Dyson Bagi Tips Atasi Udara Buruk dalam Ruangan

Dyson Bagi Tips Atasi Udara Buruk dalam Ruangan

MOMSMONEY.ID - Memiliki rumah yang nyaman tak melulu soal desain interiornya. Melainkan kebersihan dan suhu ruangan yang pas. Studi Dyson Global Connected Air Quality Data menunjukkan bahwa kualitas udara dalam ruangan lebih kotor dibandingkan luar ruangan.

Dengan menganalisis lebih dari setengah triliun titik data terhadap lebih dari 2,5 juta unit Dyson Purifiers yang tersebar di 39 negara, penelitian ini menunjukkan bahwa polusi udara yang terjadi pada malam hari — saat orang biasanya menghabiskan waktu di dalan ruangan secara konsisten menunjukkan tingkat polusi udara tertinggi di sebagian besar negara yang diteliti.

Banyak orang kata dr. Jaka Pradipta, Sp. P, dokter spesialis paru menghabiskan sekitar 90% waktu kita di dalam ruangan. Tingkat polusi udara dalam ruangan bisa sama tingginya, atau bahkan lebih tinggi dibandingkan tingkat polusi udara di luar ruangan, dan hal ini dapat mempengaruhi kesehatan siapa pun, terutama anggota keluarga yang rentan seperti anak-anak dan orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

"Kita harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan sehingga keluarga kita dapat terlindungi,” kata dr. Jaka yang berdomisili di Jakarta.

Air purifier adalah investasi yang dapat mendukung kesehatan jangka panjang bagi Anda dan keluarga. Namun, memilih air purifier yang tepat bisa menjadi keputusan yang sulit karena banyaknya jenis pemurni udara yang tersedia di pasaran. Berikut lima hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih air purifier.

Baca Juga: Tips Memanjangkan Rambut dengan Cepat dari Para Profesional, Kamu Bisa Ikuti

Jenis filter yang digunakan

Terdapat berbagai jenis sistem penyaringan dan pembersihan yang ada dalam air purifier. Sebagai contohnya, cahaya ultraviolet menggunakan radiasi elektromagnetik untuk menghancurkan bakteri, virus, dan jamur tetapi tidak menghilangkan debu, alergen, atau partikel di udara.

Filter karbon aktif bereaksi secara kimia dengan polutan untuk membersihkan asap, bau, dan gas dari udara, tetapi tidak dapat menyaring partikel halus yang berbahaya.

Ioniser bekerja dengan mengirimkan aliran ion bermuatan untuk menarik debu dan alergen. Meskipun cukup populer, penting untuk mengetahui bahwa ionizer dapat menghasilkan ozon pada level permukaan tanah. Hal ini meningkatkan ozon dalam ruangan, yang dapat mengiritasi paru-paru Anda.

Sementara itu, filter standar HEPA H13 sangat efektif dalam menangkap 99,95 persen partikel sekecil 0,1 mikron seperti alergen, bakteri, virus H1N1, serbuk sari, dan spora jamur. Dyson Purifier Cool Formaldehyde TP09 juga mampu menangkap hingga 99,9 persen virus, seperti virus COVID-19. Namun, filter HEPA saja tidak akan mampu menghilangkan formaldehida.

Filter Selective Catalytic Oxidisation (SCO) dari Dyson menghancurkan formaldehida pada tingkat molekuler secara terus-menerus. Filter katalitik atau SCO ini memiliki lapisan yang unik, dengan struktur yang sama dengan mineral Cryptomelane. Miliaran terowongan seukuran atomnya adalah ukuran optimal untuk menghancurkan formaldehida untuk kemudian memecahnya menjadi dan CO 2 berukuran sangat kecil.

Kemudian filter ini beregenerasi dari oksigen di udara untuk terus menghancurkan formaldehida tanpa memerlukan penggantian.

Fitur cerdas untuk merasakan dan melaporkan tingkat polutan

Beberapa air purifier memiliki fungsi sensor yang secara otomatis membersihkan udara untuk mendeteksi dan merespons ketika polutan terdeteksi. Untuk mencatat tingkat polutan, air purifier harus memiliki sensor kualitas udara yang terintegrasi. Alat ini juga memerlukan perangkat lunak dan perangkat elektronik yang memungkinkan air purifier memproses informasi ini dan merespons untuk memurnikan udara secara cerdas.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Rawat Rambut Pasangan Alias Hair Extension

Di rumah, satu-satunya cara untuk benar-benar mengetahui seberapa baik alat pembersih udara bekerja adalah dengan memantau kualitas udara. Beberapa air purifier juga dilengkapi dengan layar digital yang menampilkan kualitas udara dalam dalam ruangan secara langsung, dan juga menampilkan jenis dan tingkat konsentrasi partikel. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih memahami tren dan kualitas kualitas udara di rumah mereka.

Air purifier Dyson seperti Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde dan Dyson Purifier Cool Formaldehyde TP09 memiliki mode Otomatis, di mana sensor yang tersemat mendeteksi polusi udara dalam ruangan secara otomatis dan melaporkan kualitas udara dalam ruangan secara real time melalui layar LCD internal dan pada aplikasi MyDyson™.

Kedua air purifier dari Dyson tersebut dirancang untuk bereaksi secara otomatis, dan dapat meningkatkan kecepatan kipas untuk membantu menghilangkan polutan dari udara hingga kualitas udara Anda mencapai tingkat yang lebih baik. Mode otomatis memungkinkan air purifier ini mempertahankan suhu ruangan dan tingkat kualitas udara yang diinginkan, sehingga keseharian Anda tidak terganggu. Ditambah lagi, air purifier

Dyson dapat dikendalikan sepenuhnya dengan aplikasi MyDyson™ dan diaktifkan oleh kontrol suara. Dengan kesemua hal ini, Anda dan keluarga dapat merasa tenang karena air purifier Anda bekerja secara efisien dalam menghilangkan polutan di rumah.

Kemampuan untuk menghilangkan partikel halus dan sangat halus

Meski sering dianggap remeh, sebenarnya sangat penting untuk menyadari musuh tak kasatmata yang kita hadapi di rumah. PM2,5 adalah ukuran partikel yang biasa kita kenal, terutama selama musim kabut asap.

Sayangnya, ukuran partikel tidak berhenti pada ukuran 2,5 mikron. Partikel PM0,1, yang juga dikenal sebagai partikel ultra halus, menembus kantung-kantung halus di paru-paru kita (yang juga dikenal sebagai alveoli) dan bahkan memasuki aliran darah kita dengan mudah.

Air purifier terbaru dari Dyson mampu menangkap 99,95 persen partikel sekecil 0,1 mikron dan mencapai penyaringan standar HEPA 13 yang sepenuhnya tertutup. Hal ini memastikan tidak ada udara yang melewati filter dan menghalangi titik kebocoran potensial yang dapat menyebabkan udara kotor masuk ke dalam mesin.

Baca Juga: Dukung Kebutuhan Perawatan Rambut, Dyson Hadirkan Airstrait Straightener

Kemampuan untuk mengalirkan udara dan membersihkan ruangan Anda secara merata

Pengujian industri adalah salah satu tindakan yang dapat Anda pertimbangkan saat memilih air purifier. Namun perlu diingat bahwa beberapa standar industri melakukan pengujian dalam lingkungan lab yang terkendali dan mungkin tidak memperhitungkan situasi dunia nyata yang dihadapi orang di rumah mereka.

Clean Air Delivery Rate (CADR) melakukan pengujian air purifier dalam ruangan kecil antara 28m 3 dan 30m 3 dengan kipas sirkulasi. Metode pengujian seperti Point Loading Auto Response (POLAR) lebih mewakili lingkungan dunia nyata dibandingkan dengan standar yang ada dengan ukuran 81m 3 lebih besar, dan tanpa kipas eksternal untuk mendukung sirkulasi udara.

Tidak seperti metode uji CADR, metode uji POLAR menilai kemampuan air purifier dalam menghilangkan partikel dan gas berbahaya, serta bagaimana kinerja pembersihan yang diberikan di seluruh ruangan dan proyeksi aliran udara.

Perlu diingat bahwa beberapa pemurni udara dengan CADR tinggi mungkin akan kesulitan membersihkan udara dengan baik jika ditempatkan di ruangan yang lebih besar tanpa kipas langit-langit. Dalam beberapa kesempatan, mereka sekadar menciptakan gelembung udara bersih di satu sudut ruangan, dan kesulitan menciptakan udara bersih ke seluruh ruangan di lingkungan tempat tinggal yang sebenarnya. Di sisi lain, purifier seperti Dyson Purifier Cool Formaldehyde memiliki kemampuan untuk berosilasi (berputar ke arah kiri atau kanan dan sebaliknya), dan dirancang untuk memproyeksikan aliran udara murni yang stabil secara merata ke seluruh ruangan.

Ukuran dan berat

Purifier bisa berukuran besar dan berat, sehingga sulit dipindahkan antar ruangan. Di sisi lain, air purifier yang ringan biasanya jangkauannya tidak terlalu luas. Namun, ada pengecualian untuk aturan ini. Beberapa model air purifier tertentu menggabungkan fungsi kipas dengan air purifier. Hal ini tidak hanya memungkinkan Anda mendapatkan yang terbaik dari kedua kegunaan tersebut, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menikmati ruang keluarga Anda tanpa perlu disesaki oleh kipas dan pemurni udara.

Baca Juga: Dyson Hadirkan Pengering Rambut Teknologi Sensor Nural

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News