Santai

Dorong UMKM Go Digital Melalui Gernas BBI-BBWI di Riau

Dorong UMKM Go Digital Melalui Gernas BBI-BBWI di Riau

MOMSMONEY.ID - Kapabilitas UMKM yang terbukti mampu mendorong ekonomi nasional menunjukkan adanya potensi besar untuk semakin berkembang khususnya di era transformasi digital. Pemenuhan target Pemerintah untuk onboarding 30 juta UMKM pada tahun 2024 dengan transaksi sebanyak 50 miliar per daerah, akan terus diupayakan melalui sinergi dan kolaborasi lintas sektor antara pemerintah, industri platform digital dan UMKM.  

OJK terus berupaya mendorong pengembangan UMKM yang berperan sangat besar dalam pemulihan ekonomi nasional pascapandemi dan penting untuk menumbuhkan perekonomian daerah. Demikian disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam sambutannya pada Harvesting Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) di Pekanbaru, Provinsi Riau, pada 29 Juli 2023 di halaman Kantor Gubernur Provinsi Riau.  

“Program, pelatihan, pendampingan, pemasaran hingga proses kurasi terhadap 635 UMKM, serta  pameran produk UMKM yang dilakukan secara berkelanjutan dalam Gernas BBI harus terus diperluas untuk kemajuan UMKM Indonesia,” ujar Mahendra Siregar dalam siaran pers, Selasa (8/8/2023)

Baca Juga: Jelang Hari UMKM Nasional, Program Bebas Biaya Platform dan Ongkir untuk Pedagang  

DANA sebagai bagian dari ekosistem ekonomi digital yang berkomitmen mendukung UMKM di Indonesia, menyambut positif dan mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan Provinsi Riau serta mendorong UMKM go digital. Dukungan tersebut diwujudkan dengan menciptakan solusi finansial inklusif pada sektor UMKM, pariwisata, dan ekonomi kreatif Indonesia. Pihaknya juga terus berupaya mengakselerasi UMKM ke dalam ekosistem digital, dengan tergabungnya lebih dari 9.000 pelaku usaha Provinsi Riau sebagai mitra DANA Bisnis.   

“Pada kesempatan ini, kami mengapresiasi Top 5 UMKM Champion melalui pemberian hadiah berupa uang tunai serta memberikan promo cashback. Kami berharap program Gernas BBI & BBWI 2023 Provinsi Riau dapat menjadi momentum penting dan berkelanjutan dalam mendorong penguatan produk dalam negeri dan pariwisata, sekaligus mempercepat perputaran ekonomi lokal, serta meningkatkan daya beli masyarakat di era pascapandemi,” tambah Agustina Samara, Chief of People and Corporate Strategy Officer DANA Indonesia. 

Baca Juga: Panduan Cara Transfer SeaBank ke DANA dan Sebaliknya

Inisiatif untuk memberdayakan ekonomi kreatif dan literasi keuangan digital di Indonesia juga diwujudkan melalui Pasar S.I.A.P QRIS di Pasar Sukaramai, SisBerdaya Roadshow Kota Pekanbaru, hingga kegiatan yang melibatkan generasi muda untuk menjadi pendukung ekosistem ekonomi kreatif, You for Youth (Y4Y) 2023.  

Menyelaraskan semarak Gerakan Nasional BBI & BBWI 2023 Provinsi Riau, pihaknya memilih Kota Pekanbaru sebagai kota pertama dalam menyelenggarakan program Y4Y 2023, dengan berkolaborasi bersama GenBI Riau sebagai #SahabatLiterasi, didukung oleh Bank Indonesia & Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Riau.   

“Kami melihat bahwa generasi muda (Gen Z) merupakan orang-orang yang erat dengan kecanggihan dan kemudahan teknologi. Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk dibekali ilmu-ilmu terkait literasi keuangan. Dan program ini dapat menjadi titik awal untuk generasi muda guna memahami literasi keuangan dan menghindari investasi bodong, pinjol illegal, serta perilaku konsumtif,” ucap Elvira Azwan, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Riau.

Baca Juga: Yuk, Intip Kode Virtual Account DANA Bank Mandiri, BCA, BRI, sampai CIMB Niaga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News