InvesYuk

Dibuka Melemah, IHSG Hari Ini Berhasil Menguat di Akhir Perdagangan

Dibuka Melemah, IHSG Hari Ini Berhasil Menguat di Akhir Perdagangan

MOMSMONEY.ID - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini menguat 52 poin pada penutupan Kamis (18/1).

Di awal pembukaan, IHSG tercatat melemah. Namun, IHSG terpantau ditutup pada zona negatif dengan tercatat di level 7.252.

Dibandingkan dengan kemarin, IHSG naik sekitar 0,73% pada sore hari ini. Di sesi satu, IHSG memang sudah menunjukan penguatannya.

Analis Panin Sekuritas dalam risetnya mengatakan, penguatan IHSG di sesi awal berbanding terbalik dengan penutupan bursa AS semalam yang ditutup melemah. 

Baca Juga: IHSG Terkoreksi dj Pembukaan 18 Januari 2024, Begini Proyeksinya

Dari pengamatan analis, investor domestik telah price-in sentimen data retail sales AS yang terjadi kenaikan menjadi 0,6% secara bulanan di Desember 2023.

Angka ini berada di atas ekspektasi pasar 0,4% secara bulanan, sehingga memberikan kekhawatiran investor akan kebijakan The Fed untuk menurunkan suku bunga di Maret 2024 potensinya semakin berkurang. 

Katalis positif yang mendorong penguatan IHSG adalah kebijakan Bank Indonesia yang kembali mempertahankan suku bunganya di angka 6%. 

Hal ini membuat pasar memperkirakan suku bunga telah mencapai puncaknya dan berpotensi adanya pemangkasan suku bunga di tahun ini.

Selanjutnya: Kapasitas Terpasang EBT Nasional Capai 13,15 GW Sampai 2023, Berikut Perinciannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News