BisnisYuk

Dari Pelanggan hingga Data Center, Begini Strategi Digital Telkom di Surabaya

Dari Pelanggan hingga Data Center, Begini Strategi Digital Telkom di Surabaya

MOMSMONEY.ID - PT Telkom Indonesia Tbk terus memperkuat strategi bisnisnya dengan mendekatkan diri kepada pelanggan dan memastikan kesiapan infrastruktur digital.

Dalam kunjungan ke Surabaya, jajaran direksi Telkom meninjau infrastruktur dan menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan di segmen business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C).

Upaya ini menjadi bagian dari transformasi perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat posisi Telkom dalam ekosistem digital nasional.

Salah satu fokus kunjungan adalah kolaborasi antara Telkom dan PT Tanto Intim Line dalam pengembangan solusi Internet of Things (IoT) Tracking Container.

Solusi ini mencakup penyediaan sensor, infrastruktur LoRaWAN, hingga layanan monitoring berbasis API.

"Kuncinya adalah memperkuat kualitas eksekusi agar produktivitas meningkat dan layanan menjadi lebih baik, guna mewujudkan Telkom sebagai katalis ekosistem digital Indonesia yang mampu bersaing secara global," kata Direktur Utama Telkom Dian Siswarini dalam keterangan resmi Selasa (24/6).

Baca Juga: Telkom Solution Gandeng Thales, Perkuat Keamanan Data Pelanggan B2B

Selain penguatan layanan untuk pelanggan B2B, Telkom juga meninjau layanan pelanggan retail di GraPARI Manyar, Surabaya. Kunjungan ini menegaskan pendekatan holistik Telkom terhadap seluruh segmen pelanggan.

Menurut Direktur Enterprise and Business Service Veranita Yosephine, pihaknya harus mampu memberikan solusi yang tidak hanya berbasis fitur.

"Tapi juga melalui pelayanan yang lebih personal dan sesuai dengan karakter pelanggan agar tercipta loyalitas yang berkelanjutan," ujarnya. 

Dalam agenda tersebut, jajaran direksi juga meninjau Data Center TelkomGroup Surabaya sebagai bagian dari kesiapan infrastruktur digital yang menopang bisnis pelanggan.

Kehadiran fasilitas ini penting dalam menunjang pertumbuhan bisnis layanan digital, khususnya yang berkaitan dengan cloud dan data analytics yang kini menjadi tulang punggung layanan B2B Telkom.

Baca Juga: Telkom Solution Kembangkan Strategi B2B Lewat Tiga Solusi Digital

Tak hanya menyasar peningkatan layanan eksternal, Telkom juga menekankan transformasi internal untuk mendorong kinerja berkelanjutan.

Diskusi bersama karyawan di Telkom Regional III Surabaya membahas strategi peningkatan profitabilitas dan efektivitas eksekusi.

"Kami terus mendengarkan pain point pelanggan agar setiap layanan ter-deliver dengan baik," sebut EVP Telkom Regional III Fera Pebrayenti.

Melalui pendekatan kolaboratif, investasi pada infrastruktur, dan perbaikan eksekusi di lapangan, Telkom menegaskan komitmennya untuk tumbuh sebagai perusahaan digital dengan orientasi pelanggan.

Upaya ini menjadi bagian dari strategi jangka panjang perusahaan dalam menjaga daya saing di tengah dinamika kebutuhan pelanggan yang terus berubah.

Selanjutnya: Kumpulan Link Twibbon Hari Anti Narkotika Internasional 2025 Desain Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News