Keluarga

Daftar Tanaman Hias Minimalis untuk Dekorasi Ruangan yang Sederhana

Daftar Tanaman Hias Minimalis untuk Dekorasi Ruangan yang Sederhana

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda mencari tanaman hias yang simpel dan elegan? Ada sejumlah tanaman hias yang minimalis baik dari segi penampilan maupun perawatannya.

Tanaman hias minimalis ini cocok untuk dekorasi ruangan yang sederhana. 

Jika Anda berpikir untuk membuat taman dalam ruangan tetapi tidak ingin berantakan, ada banyak tanaman hias minimalis yang membantu. 

Baca Juga: Daftar Tanaman Keberuntungan Bawa Energi Positif di Rumah, Ini Rekomendasinya

Daftar tanaman hias minimalis berikut ini memiliki penampilan sederhana dan bebas perawatan. 

1. Monstera

Dari ratusan (bahkan ribuan) tanaman tropis yang ditanam di dalam ruangan, Monstera deliciosa adalah salah satu yang paling terkenal. 

Daunnya yang mudah dikenali, dengan ciri khasnya yang terbelah dan berlubang, menjadikan tanaman ini salah satu tanaman hias yang paling banyak dibeli dan ditanam di pasaran.

Dedaunan tanaman yang terkenal, identik dengan desain interior tropis, merupakan pelengkap ideal untuk ruang minimalis. 

Bentuk daunnya cukup unik untuk memberikan daya tarik tanpa membebani ruang. Mereka juga dapat tumbuh tinggi dengan bantuan tiang penyangga atau lumut, atau dibuat tetap kecil dengan membatasi ukuran wadah, menjadikannya sangat serbaguna di dalam ruangan.

2. Tanaman Giok

Tanaman Giok

Jika persyaratan perawatan minimal monstera masih terasa terlalu berat bagi Anda, cobalah tanaman giok sederhana sebagai gantinya. 

Secara ilmiah dikenal sebagai Crassula ovata, giok adalah tanaman sukulen dengan batang tebal dan daun berair yang menyimpan banyak air. 

Artinya, kebutuhan penyiramannya minimal, terutama jika dibandingkan dengan tanaman hias tropis lainnya.

Tanaman giok memiliki tampilan menarik baik secara struktural maupun lembut. Cabang-cabangnya kaku dan hampir seperti pohon, dibulatkan oleh dedaunan segar yang menjadi tambahan bagus untuk interior minimalis.

Yang dibutuhkan tanaman giok hanyalah sedikit sinar matahari tambahan di dalam ruangan dan penyiraman terbatas agar tumbuh subur, sangat cocok untuk gaya hidup minimalis.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor Mudah Perawatan, Cocok bagi Pemula

Faktanya, mereka adalah salah satu tanaman yang perawatannya paling rendah dari semua tanaman di daftar ini.

3. Tanaman Sukulen

Seperti tanaman giok, tanaman ular juga merupakan tanaman sukulen yang senang hidup dengan sedikit penyiraman. Karena rentan membusuk, sebaiknya tunggu hingga tanah benar-benar kering sebelum disiram kembali. 

Mereka juga dapat menangani area dengan pencahayaan rendah di rumah, tetapi tumbuh paling baik dalam cahaya terang tidak langsung.

4. Kaktus

Dengan terpenuhinya kebutuhan pencahayaan dan iklim, kaktus hampir tidak memerlukan perhatian sepanjang tahun untuk tumbuh subur. 

Karena mereka biasanya lebih menyukai tanah kering, Anda hanya perlu menyiram sebulan sekali , mungkin lebih sedikit tergantung pada kinerja tanaman. Dari segi perawatan, ini menjadikannya salah satu tanaman terbaik untuk rumah minimalis.

5. Pothos

Spesies utama yang biasa dikenal dengan nama sirih gading emas, memiliki daun berwarna hijau cerah dengan bintik-bintik variegasi kuning.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Tahan Panas Terik Matahari, Tidak akan Layu

Spesies ini paling mudah dirawat, tetapi bukan satu-satunya pilihan jika Anda mencari sesuatu yang sedikit berbeda.

6. Peace Lily

Jika ada tanaman hias yang terlihat minimalis, itu adalah peace lily. Spesies Spathiphyllum, anggota famili tumbuhan tropis Araceae, memiliki semua karakteristik yang disukai tanaman minimalis.

Bunga lili perdamaian adalah tanaman hadiah yang populer di seluruh dunia. Daun hijau mengkilapnya sangat cocok untuk desain interior apa pun, terutama ruang minimalis di mana dedaunan benar-benar bersinar.

Dalam tingkat cahaya yang tepat, mereka juga akan menghasilkan bunga spadix klasik, dikelilingi oleh daun modifikasi berwarna putih mencolok yang dikenal sebagai tanaman ini.

Baca Juga: Selain Kaktus, Ini 10 Daftar Tanaman Hias Cocok Ditanam saat Cuaca Panas

Salah satu kelemahan terbesar yang dihadapi orang dalam menanam tanaman ini adalah penyiraman yang berlebihan.

Mereka menyukai kelembapan, tetapi juga membenci tanah yang basah dan cepat terkena busuk akar. Pastikan wadah memiliki drainase yang baik dan tunggu hingga tanah agak mengering sebelum disiram kembali.

Jadi itulah beberapa daftar tanaman hias minimalis untuk dekorasi ruangan tampak sederhana dan estetik. Tertarik merawat yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News