Keluarga

Daftar 5 Negara Produsen Keju Terbesar di Dunia Tahun 2023

Daftar 5 Negara Produsen Keju Terbesar di Dunia Tahun 2023

MOMSMONEY.ID - Bukan Swiss, Perancis, ataupun Italia, ternyata ini daftar 5 negara produsen keju terbesar di dunia pada tahun 2023.

Eropa terkenal sebagai pemasok keju terbesar di dunia. Namun pada tahun ini, ada negara terbesar yang dijuluki sebagai “negara produsen keju terbesar di dunia”.

Negara apakah itu? Dilansir dari Business Ranker dan Insider Monkey, berikut daftar egara produsen keju terbesar di dunia pada tahun 2023.

Amerika Serikat

Bukan Swiss, Amerika Serikat ternyata merupakan nomor 1 dalam daftar negara produsen keju di dunia.

Meski pada tahun lalu Amerika menempati posisi nomor 2 dunia, namun di tahun 2023, jumlah produksi keju di Amerika meningkat sehingga membuat negara ini menjadi negara pemroduksi keju terbesar di dunia.

Wisconsin, negara bagian Amerika, terkenal dengan julukannya “Dairyland of Amerika” yang telah memproduksi sekitar 49% keju yang tersebar di seluruh daratan Amerika.

Baca Juga: Ada Candi Borobudur, Intip Rekomendasi 7 Destinasi Wisata Spiritual di Dunia

Jerman

Keju

Baca Juga: Bukan Stonehenge, Ternyata Ini 5 Kuil Tertua di Dunia yang Punya Peradaban Panjang

Jerman, salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia yang bernilai $5,3 triliun merupakan negara produsen keju terbesar di dunia. Nilai ekspor keju yang dikeluarkan oleh negara ini pada tahun 2021 lalu senilai $5,4 miliar.

Salah satu jenis keju asal Jerman yang paling terkenal adalah Rauchkase yang dapat ditemukan dalam keju Tilsit, Cambozola, Butterkase, Allgauer, Bergkase, dan Ziegel.

Jerman merupakan negara dengan posisi kedua terbesar di dunia dalam hal produksi keju. Awalnya Jerman lebih terkenal dengan industri mobilnya. Namun akibat invasi Rusia ke Ukraina, menyebabkan gangguan pasokan gas pada produksi mobil.

Jerman akhirnya memproduksi keju secara global dan menghasilkan sebanyak 2,64 juta ton keju pada 2020 lalu.

Baca Juga: Rekomendasi 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Masuk dalam Daftar Keinginanmu

Prancis

Pada tahun 2023, Prancis naik ke posisi 3 dari sebelumnya 4 besar sebagai negara yang memproduksi keju di dunia.

Pada tahun 2021 lalu, Prancis mengekspor keju senilai $3,8 miliar. Prancis diperkirakan menghasilkan lebih dari 1.000 jenis keju Prancis yang pernah dibuat.

Beberapa daerah penghasil keju paling populer di Prancis ada pada Pas-de-Calais, Prancis bagian Utara, Burgundy, Champagne, Normandy, Pays-Basque, Rhone-Alps, dan Alsace.

Baca Juga: Perbedaan Blender vs Food Processor, Mana Hasil yang Lebih Baik untuk Makanan?

Italia

Italia turun ke posisi 4 dunia pada tahun 2023 ini, dari asalnya di 3 besar dunia pada tahun 2021. Tapi tetap saja, Italia merupakan salah satu daftar negara yang memproduksi keju terbesar di dunia.

Pada tahun 2021 lalu, nilai ekspor keju negara Italia mencapai $4,2 miliar merupakan salah satu negara pemroduksi keju terbesar du Ini Eropa.

Beberapa jenis keju terbaik yang dihasilkan Italia seperti Keju Fontina, Asiago, Ricotta, Gorgonzola, dan Parmigiano Reggiano. Italia dijuluki sebagai “Rajanya Keju Parmigiano Reggiano”.

Keju

Baca Juga: 5 Hidangan Klasik ala Italia yang Cerminkan Sejarah dan Budaya Negaranya

Belanda

Belanda juga merupakan salah satu negara yang memproduksi keju terbesar di dunia. Sayangnya, peringkat belanda jatuh dari yang asalnya ada pada ranking 2 dunia di tahun 2021, menjadi 5 besar dunia pada 2023.

Meski begitu, Belanda disebut sebagai pasar keju di dunia. Belanda bagian barat terkenal menghasilkan Keju Gouda. Sementara Belanda bagian Utara terkenal dengan Keju Edam-nya.

Nilai ekspor keju Belanda pada 2021 mencapai $4,58 miliar. Sementara diperkirakan produksi keju dalam negeri di Belanda akan mencapai 1 miliar Kg pada tahun 2025 mendatang.

Adapun beberapa jenis keju terkenal yang diproduksi Belanda seperti Leidse, Gouda, Edam, Limburger, dan Boerenkaas.

Itulah daftar 5 besar negara yang memproduksi keju terbesar di dunia pada tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News