Santai

Ini Lo Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2023

Ini Lo Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2023

MOMSMONEY.ID - Negara-negara yang masuk daftar 10 negara termiskin di dunia tahun 2023 tengah menghadapi perang saudara, perselisihan etnis dan sektarian, inflasi yang tinggi dan terdampak perang Ukraina. 

Melansir Global Finance Magazine, negara-negara, seperti Burundi, Sudan Selatan, dan Republik Afrika Tengah, yang masuk  daftar 10 negara termiskin di dunia tahun 2023 terus hidup dalam kemiskinan yang parah.

Daftar 10 negara termiskin di dunia tahun 2023 memiliki PDB per kapita dan paritas daya beli yang rendah. Hanya, penyebab negara ini jatuh ke jurang kemiskinan cukup sulit ditentukan. 

Baca Juga: Lupa Kata Sandi IG? Simak Cara Ganti Password Instagram di Semua Perangkat

Tapi, pemerintah yang korup dapat membuat negara yang sangat kaya menjadi negara yang miskin. Begitu pula sejarah penjajahan yang eksploitatif, aturan hukum yang lemah, perang dan kerusuhan sosial, kondisi iklim yang parah, negara tetangga yang agresif dan bermusuhan.

Dari banyaknya penyebab tersebut, negara akan memiliki banyak utang sehingga tidak mampu menyediakan fasilitas pendidikan yang berkualitas dan tenaga kerja berpendidikan rendah akan membatasi kapasitasnya. 

Selain itu, rumah tangga kurang mampu di seluruh dunia menderita konsekuensi sosial dan ekonomi karena pandemi Covid-19.

Negara yang masuk daftar 10 negara termiskin di dunia tahun 2023 memiliki tingkat pekerjaan informal yang tinggi, tidak ada jaring pengaman sosial atau pinjaman sementara agar bisnis tetap berjalan dan pekerja bisa bekerja.

Bank Dunia memperkirakan, generasi pelajar di negara berpenghasilan rendah bisa kehilangan 10% pendapatan mereka di masa depan. 

Baca Juga: Tak Hanya Enak, Ini Sederet Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum pandemi Covid-19, sebagian kecil populasi di dunia yang hidup dalam kemiskinan ekstrem telah turun di bawah 10%, dari sebelumnya 35% di tahun 1990.

Pandemi tidak hanya menghentikan kemajuan itu. IMF mengestimasikan, pada akhir 2022, sebanyak 198 juta penduduk telah masuk ke jajaran penduduk sangat miskin. 

Selain itu, perang Ukraina juga menyebabkan kenaikan harga pangan yang tajam. Peristiwa ini diperparah dengan krisis iklim saat ini.

IMF bahkan merilis data sebanyak 345 juta orang di 79 negara diperkirakan akan menghadapi krisis pangan akut di tahun 2023. Angka ini naik lebih dari dua kali lipat dari angka di 2020.

Kondisi krisis pangan ini terlihat di 10 negara termiskin di dunia, yang semuanya berada di Afrika. Tiga dari daftar negara ini berada di wilayah Sahel Afrika, di mana kekeringan terus menerus terjadi menyebabkan kekurangan makanan dan permasalahan medis serta sosial.

Baca Juga: Susah Tidur? Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Mengatasi Insomnia

Adapun 5 negara lainnya terkurung daratan membuat kondisi geografis mereka kesulitan akses dari perdagangan maritim.

Semua negara tidak memiliki stabilitas politik dan telah mengalami sengketa pemilu atau perselisihan etnis atau agama dan menjadi negara yang tidak aman di dunia. 

Daftar 10 negara termiskin di dunia pada 2023 

  1. Sudan Selatan
  2. Burundi
  3. Republik Afrika Tengah
  4. Somalia
  5. Republik Demokrasi Kongo
  6. Mozambik
  7. Nigeria
  8. Malawi
  9. Chad
  10. Liberia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News