Bugar

Daftar 10 Manfaat Toge Bagi Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

Daftar 10 Manfaat Toge Bagi Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

MOMSMONEY.ID - Simak daftar manfaat toge bagi kesehatan tubuh yang telah teruji secara klinis. Selain itu, cara mengkonsumsi dan mengolah toge juga perlu diperhatikan serta harus dikonsumsi secara rutin.

Toge atau kecambah adalah tunas dari biji tanaman yang baru tumbuh. Selama berabad-abad, toge telah menjadi bagian penting dari berbagai masakan di berbagai belahan dunia. 

Selain memberikan cita rasa segar pada hidangan, toge juga dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Suka Pir? Ini 7 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Merangkum dari WebMD, ini manfaat toge bagi kesehatan tubuh:

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Toge kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan vitamin B kompleks. Selain itu, toge juga mengandung mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, dan fosfor. Keberagaman nutrisi ini sangat penting untuk menjaga fungsi normal tubuh dan mendukung pertumbuhan sel.

Baca Juga: Simak 9 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

2. Serat yang Tinggi

Toge mengandung serat tinggi, yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Konsumsi serat yang cukup juga dapat membantu mengendalikan berat badan dan menjaga kadar gula darah yang stabil.

3. Sumber Antioksidan

Toge kaya akan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan senyawa sulfur. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada perkembangan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, vitamin, dan mineral dalam toge dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Ini berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

5. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Toge mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi toge secara teratur, tubuh dapat lebih baik melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 7 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi dengan Benar

6. Mendukung Pertumbuhan dan Perbaikan Sel

Toge mengandung protein, yang esensial untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dalam tubuh. Ini membuatnya menjadi tambahan nutrisi yang baik bagi mereka yang berfokus pada pembentukan dan pemeliharaan massa otot.

7. Mengandung Fitokimia

Toge mengandung fitokimia, senyawa alami dalam tanaman yang dapat memberikan manfaat kesehatan tambahan. Beberapa fitokimia yang ditemukan dalam toge telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit tertentu.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Suka Kiwi?

8. Mengurangi Risiko Diabetes

Kandungan serat dan indeks glikemik rendah dalam toge dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

9. Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K, kalsium, dan fosfor dalam toge penting untuk kesehatan tulang yang baik. Vitamin K, khususnya, membantu dalam proses pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 23, Dibuka Big Match PSIS Semarang vs Madura United

10. Menjaga Keseimbangan Hormon

Beberapa komponen dalam toge, seperti senyawa fitoestrogen, dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, terutama pada wanita.

Meskipun toge memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi seimbang dan variasi dalam pola makan yang menyehatkan tetap penting. Sebaiknya, konsultasikan dengan profesional kesehatan atau ahli gizi untuk mendapatkan panduan yang sesuai dengan kebutuhan individu Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News