MOMSMONEY.ID - Bisnis di bidang gaya hidup dan kecantikan memang kian berkembang. Peluang ini yang memacu HMNS, brand parfum dalam negeri yang aktif membesarkan produk usahanya di kalangan masyarakat.
Rizky Arief, Founder & CEO of HMNS, bersama dengan kedua kawannya pada tahun 2019 membangun bisnis ini dengan berbagai strategi. Cerita merupakan satu kata yang menjadi komponen penting dalam perjalanan brand parfum lokal, HMNS.
Tidak memiliki latar belakang pengalaman pekerjaan maupun pendidikan di bidang industri kosmetik, bukan menjadi penghalang mimpi Rizky untuk menghadirkan parfum dengan kualitas yang bisa bersaing di kancah global dengan harga yang terjangkau.
Rizky mengatakan, di luar keinginan untuk dapat berkontribusi dalam kemajuan brand lokal, sejak awal mengembangkan HMNS, dirinya dan rekan menekankan hal berbeda yang bisa terlihat melalui merek parfum.
"HMNS hadir dengan cara membangun keterlibatan dengan konsumen. Bukan hanya memperlakukan sebagai figur atau pasar yang ingin dituju, melalui HMNS, kami ingin menghadirkan produk yang memiliki cerita berbeda namun dekat dengan kehidupan manusia," katanya.
"The brand of HMNS is the brand of people," ujar Rizky.
Baca Juga: Apakah Aroma Wangi Bisa Meningkatkan Mood dan Percaya Diri?
Bagi sebagian besar orang, aroma dan wewangian juga menjadi aspek yang membangkitkan memori seseorang terhadap sebuah momen, tempat atau karakter. Berikut tiga produk di HMNS yang memiliki cerita dan tersendiri untuk Rizky:
1. Orgsm as a line up
Formulasi yang fenomenal ini mulai dikembangkan oleh tim HMNS pada September 2019.
Bagaimana jika menggabungkan semua wewangian terlaris di dunia wewangian ke dalam satu parfum? Hal ini yang terbesit di benak tiga pemiliki brand ini. Melalui puluhan percobaan hingga menemukan rahasia bahan dari aroma yang ingin didapatkan.
Orgsm, menjadi produk favorit dan mengambil tempat tersendiri, tidak hanya karena aromanya yang menarik. Bahkan, sempat menjadi parfum yang langka dan sulit didapatkan karena permintaannya yang tinggi.
Bagi Rizky, Orgasm adalah produk pertama yang melawan ego dari HMNS di awal. Faktanya, saat melihat dan berpikir mengenai HMNS, yang muncul dalam benak nya adalah parfum pria.
Akan tetapi, dengan perjalanan panjang mencari aroma yang tepat dengan tipe feminine, juga sesuai dengan selera dari Rizky. Bersinar dan membuat orang terpesona, parfum ini bisa membuat sensasi itu melalui karakteristiknya yang manis, floral dan feminin.
Baca Juga: 4 Rekomendasi Parfum Pria Merek Lokal untuk Kado Suami atau Pacar
2. Unrosed
Produk ini dihasilkan atas kenekatan Rizky untuk bereksperimen. Unrosed memiliki aroma mawar yang berbeda. Sebab, aroma ini dihasilkan bukan dari ekstrak bunga mawar, tetapi palma rosa.
Melalui produk ini, HMNS berhasil memperkenalkan palmarosa, tanaman asli Indonesia. Dalam menciptakan produk ini, Unrosed dibuat dengan teknik yang dikenal sebagai Soliflore. Sebuah seni mengkonstruksi aroma dari sekuntum bunga, namun bukan dari bunga itu sendiri.
Dengan menggunakan bahan Palmarosa dan campuran lainnya, pengguna dapat mencium aroma mawar favorit dengan cara yang berbeda. Unrosed pun terkenang dengan sebutan experimental product
3. Farhampton
Produk ini menjadi salah satu hasil karya yang memiliki cerita menyentuh. HMNS Farhampton diciptakan berdasarkan series favorit ketiga founder HMNS, yakni How I Met Your Mother.
Kedekatan ketiga individu di balik HMNS ini diawali dengan kegemaran yang sama, menonton series tersebut.
Di saat yang sama, tiga sekawan ini juga menyukai sebuah parfum, yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi dan tidak dapat ditemukan dipasaran. Hingga saat in,i botol parfum tersebut masih tersimpan dan setiap mencium wanginya, semua memori dan kenangan pada saat kuliah pun kembali muncul.
Rasa nostalgia tersebut memunculkan rasa semangat dari diri mereka untuk kembali menghidupkan wangi parfum tersebut. Setelah 6 bulan melalui proses perjalanan panjang untuk menciptakan parfum tersebut, HMNS pun bekerjasama dengan seorang perfumer Indonesia.
Farhampton, produk dengan jenis extrait de parfum, sekelas dengan wewangian yang memiliki komposisi pure fragrance paling tinggi pun hadir untuk para penikmat parfum di Indonesia.
"Kami melihat besarnya potensi pada industri parfum lokal, khususnya dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia yang dapat mendukung dalam pembuatan parfum ini," sebut Rizky.
"Bahkan, faktanya, Indonesia telah aktif menjadi produsen bahan mentah parfum dunia. Untuk menghasilkan produk parfum, kami berkolaborasi dengan 15-20 produsen lokal. Kami juga bekerjasama dengan perkebunan-perkebunan lokal untuk melengkapi bahan-bahan produk HMNS," tambahnya.
Baca Juga: 4 Cara Membuat Komposisi Parfum Tetap Wangi dan Tahan Lama, Gimana?
Di tahun yang sama diluncurkan, HMNS juga bergabung dengan Shopee untuk memperluas jangkauan penjualan dalam ranah digital. 4 tahun bukanlah waktu yang singkat, Rizky bilang pada Desember 2019, dirinya bersama tim memutuskan untuk bergabung dengan Shopee.
Konsiderasi saat itu, selain merupakan marketplace besar yang banyak memiliki jangkauan luas, tetapi konsumennya kerap merekomendasikan untuk dihadirkan melalui Shopee.
"Walau berjualan parfum melalui ranah digital bukanlah sesuatu yang familiar, khususnya karena kesulitan untuk menjelaskan produknya. Tetapi kami ingin mempermudah akses dan proses berbelanja, dimana hal tersebut dalam mempengaruhi dan meningkatkan kepercayaan konsumen," ungkap Rizky.
"Hingga saat ini pun pengaruh Shopee sangat signifikan, dimana 60% dominasi penjualan kami melalui Shopee," imbuhnya.
Selain memanfaatkan wadah dengan jangkauan yang luas, HMNS juga aktif mengikuti berbagai program dan memanfaatkan fitur yang ditawarkan Shopee guna mendukung perkembangan brand nya.
Mulai dari menggunakan iklan di aplikasi untuk merangkul lebih banyak pasar dari berbagai lapisan hingga mengikuti secara berkala kampanye-kampanye yang dihadirkan seperti Beauty Fashion Festival.
Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia, bilang, menyaksikan industri parfum lokal Indonesia kian berkembang pesat, Shopee percaya hal ini bukan hanya tentang aroma, tetapi juga tentang cerita unik di balik setiap bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.
"Dalam upaya mendukung pertumbuhan para produsen lokal dan UMKM di industri parfum, kami bangga dapat menjadi sarana bagi brand lokal dan UMKM untuk menciptakan peluang bisnis berkelanjutan dan memperluas jangkauan pasar mereka," katanya.
"Dengan semangat kreativitas yang membara, kami optimis bahwa industri parfum lokal akan terus berkembang," sebut Daniel.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News