Santai

Cari Tahu 5 Cara Mudah Atasi Iritasi Akibat Mencukur di Sini

Cari Tahu 5 Cara Mudah Atasi Iritasi Akibat Mencukur di Sini

MOMSMONEY.ID - Tak perlu bingung lagi, inilah beberapa cara mudah untuk mengatasi iritasi karena mencukur.

Menggunakan pisau cukur untuk menghilangkan bulu dan rambut di area tubuh tentu sudah bukan jadi hal asing lagi.

Jika dilakukan dengan cara benar maka iritasi dan luka tidak akan muncul setelah mencukur. Namun, jika dilakukan dengan cara salah, maka risiko iritasi dan luka tentu akan muncul.

Simak beberapa cara untuk mengatasi iritasi yang disebabkan karena pisau cukur berikut ini.

Baca Juga: 5 Efek Samping Waxing bagi Kulit, Mulai Iritasi hingga Muncul Jerawat

Oleskan aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya memiliki manfaat untuk menenangkan iritasi dan luka. Sebab, enzim pada aloe vera bisa mengurangi peradangan atau inflamasi ketika diaplikasikan ke area kulit.

Cara menggunakannya juga mudah. Jika memiliki tanamannya, maka ambillah bagian gel untuk dioleskan pada tubuh yang iritasi. Jika tidak memiliki, maka produk ekstrak lidah buaya juga bisa dibeli dengan mudah di toko kecantikan online dan offline.

Kompresan dingin

Daripada menyentuh area iritasi dengan menggunakan tangan, ada baiknya untuk meredakan iritasi tersebut dengan menggunakan kompres dingin.

Laman Medical News Today menjelaskan, dengan mengaplikasikan kompresan dingin, maka peradangan dan rasa gatal yang muncul sebagai tanda iritasi bisa diredakan.

Gunakan kain bersih yang telah direndam air dingin dan kompres selama 20 menit. Lakukan berulang hingga iritasi mereda.

Baca Juga: Aman, 4 Kombinasi Skincare Ini Bisa Dipakai Bersamaan

Gunakan astringen

Astringen biasa digunakan untuk membersihkan kulit dari kotoran dan juga make up yang menempel. Produk yang mengandung bahan astringen ini bisa membantu untuk mengatasi inflamasi atau peradangan dan kemerahan yang terjadi karena iritasi saat mencukur.

Beberapa produk dengan kandungan astringen populer adalah cuka apel, minyak tea tree, dan ekstrak witch hazel.

Hindari menyentuh

Iritasi karena mencukur bisa memunculkan beberapa tanda seperti kemerahan, bengkak, gatal, dan bahkan menimbulkan sensasi perih.

Untuk menghindari iritasi yang semakin parah, ada baiknya untuk tidak menyentuh area tersebut. Apalagi, dengan menggunakan tangan yang kotor. Hindari juga mencukur di area yang masih iritasi untuk mencegah semakin parahnya iritasi.

Aplikasikan minyak alami

Tanda iritasi karena mencukur juga bisa ditunjukkan dengan rasa gatal dan kulit kering. Untuk mengatasinya, cobalah aplikasikan minyak alami pada area yang dirasa terkena iritasi.

Laman Health Line menyarankan juga untuk tidak menggosok area yang iritasi secara berlebihan. Cukup oleskan dengan lembut minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau pelembab lainnya pada bagian yang telah dicukur dan telah dikeringkan.

Tak perlu khawatir, itulah tadi beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk mengatasi iritasi karena aktivitas mencukur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News