BisnisYuk

Cari Air Minum Isi Ulang Mudah Melalui Aplikasi Refill My Bottle lo

Cari Air Minum Isi Ulang Mudah Melalui Aplikasi Refill My Bottle lo

MOMSMONEY.ID - Refill My Bottle adalah aplikasi yang memberikan informasi mengenai keberadaan stasiun pengisian air mineral untuk isi tumbler.

Punya banyak tumbler atau botol minum di rumah? Ayo jangan hanya menumpuk saja di rumah, tapi gunakan tumbler dan kurangi penggunaan air kemasan dalam plastik. 

Sebab, kini mencari lokasi tempat isi ulang air mineral semakin mudah. Tumbler Anda jadi bisa bermanfaat untuk jaga lingkungan. 

Kini ada aplikasi yang memberikan informasi mengenai keberadaan stasiun pengisian air mineral untuk isi tumbler. Ada yang berlokasi di tempat umum, kantor, hotel, bahkan kafe dan restoran. 

Cukup menggunakan aplikasi Refill My Bottle, kita bisa melihat di mana saja lokasi pengisian air mineral terdekat. Aplikasi tersebut juga mampu menampilkan informasi jenis airnya, apakah menggunakan galon atau air yang sudah melalui proses penyaringan.

Informasi mengenai apakah isi ulang air dipungut biaya atau gratis juga disediakan aplikasi ini. 

Trifitri Muhammaditta dan Christine Go, Tim Inti dari Refill My Bottle, mengatakan, aplikasi tersebut didirikan sejak 2017 oleh komunitas sustainability di Bali, bernama BGreener. Inspirasinya datang dari banyak wisatawan di Bali yang banyak mengonsumsi air minum dalam kemasan. 

Baca Juga: Sekarang, Bisa Isi Ulang Air Minum di Refill Station WaterHub lo

"Namun, pengelolaan sampah yang kurang memadai akhirnya malah berakhir di TPA, dibakar atau bahkan bocor sehingga mencemari lingkungan," ujarnya. 

Kini jangkauan Refill My Bottle sudah sampai ke Sabang hingga Papua. Walaupun belum semua kota ada, tetapi jangkauannya semakin meluas. Maklum saja, untuk masuk sebagai Refill Stations ke aplikasi ini bersifat sukarela.

Mereka adalah pemilik usaha atau pemilik tempat yang telah mendaftarkan diri dan bersedia menyediakan air minum isi ulang tanpa biaya atau biaya paling minimum yang biasanya lebih rendah dari harga AMDK di pasaran. 

Bagi Christine, misi utama yang dikejar adalah menumbuhkan kebiasaan mengisi ulang di masyarakat untuk mengurangi pencemaran plastik di lingkungan. 

Selain menyediakan daftar lokasi isi ulang, aplikasi ini juga menjual botol yang merupakan hasil kerjasama dengan mitra penyedia fasilitas isi ulang. 

Dari segi bisnis, cara Refill My Bottle memonetisasi sehingga kegiatan operasional bisa terus berjalan adalah melaui program co-branded bottles. Program ini adalah kolaborasi dengan Refill Stations, di mana produk botol minum isi ulang dengan custom logo bisnis serta QR code RefillMyBottle. 

"Para pengguna botol dapat mengakses refill map dengan demikian pengguna juga berpartisipasi secara aktif dalam menumbuhkan kebiasaan serta mengedukasi para pelanggan mengenai manfaat dari membawa botol air minum sendiri," kata Christine. 

Selanjutnya: Ada 6, Berikut Rekomendasi Film Fantasi Sihir Terbaik Wajib Tonton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News