BisnisYuk

Cara Meningkatkan Penjualan di Bazar ala UMKM Tokopedia

Cara Meningkatkan Penjualan di Bazar ala UMKM Tokopedia

MOMSMONEY.ID - Ingin produk laris manis saat mengikuti  bazar? Begini cara meningkatkan penjualan di bazar dari Tokopedia.

Hampir setiap pelaku usaha ingin produk yang dijual laris diburu konsumen. Terlebih, ketika mengikuti pameran atau bazar.

Nah, berikut lima cara meningkatkan penjualan di bazar Tokopedia bersama Sakha Coffee dan Grandville Food:

1. Ikuti kampanye di platform online bersamaan dengan momen bazar

Biasanya, konsumen yang mengunjungi stan bazar sering bertanya, di mana nantinya mereka bis berbelanja kembali ketika bazar sudah selesai.

Para pelaku usaha dapat memanfaatkan deretan kampanye yang diadakan aplikasi belanja online untuk menarik perhatian pembeli di bazar offline, salah satunya kampanye Beli Lokal.

Tokopedia mencatat, rata-rata kenaikan penjualan pelaku usaha makanan dan minuman yang ikut kampanye Beli Lokal mencapai lebih dari 9 kali lipat, dibandingkan dengan sebelum bergabung kampanye tersebut.

Di sisi lain, TikTok lewat Shop | Tokopedia mencatat volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal di Shop | Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 dibanding rata-rata volume pesanan pada September 2023.

Baca Juga: Optimalkan Pemanfaatan Affiliate Marketing, Ini 4 Aspek yang Bisa Dimanfaatkan UKM

2. Cari informasi produk makanan dan minuman apa yang sedang diminati untuk dijual di bazar

Cari tahu terkait tren produk yang sedang diminati masyarakat. Fitur Wawasan Produk di Tokopedia memungkinkan pelaku usaha untuk mengetahui deretan produk terlaris saat ini.

Sehingga, UMKM bisa berinovasi dengan produk baru yang menarik minat konsumen dan membuat mereka tertarik saat berbelanja di bazar.

Demi memperluas pasar, Sakha Coffee menghadirkan inovasi produk untuk dijual di Tokopedia.

"Setelah melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang sedang digemari masyarakat, tahun ini kami meluncurkan 5 varian spesial yang tidak ditemukan di toko lain," jelas Ghazy, Head Creative and Business Development Sakha Coffee.

Dengan nama-nama dessert seperti Glory Cherry Burst, Blueberry Well Cream, Halu Berry 96, dan sebagainya

Di sisi lain, Grandville Food juga menyediakan berbagai varian makanan untuk dijual di bazar, seperti abon aneka rasa, nori rumput laut, kaldu untuk MPASI, popcorn hingga berkolaborasi dengan pelaku usaha lainnya untuk menyemarakkan bazar yang diikuti.

Baca Juga: Gandeng PBNU, Shopee Siapkan Santri Masuk Pasar Ekspor

3. Buat konsep stan dan gimmick yang menarik agar konsumen mampir

Selain dekorasi stan yang menarik, buat juga tambahan aktivitas yang bisa dilakukan konsumen di stan. Mulai dari membuat games interaktif, membagikan tester, atau bisa juga memberikan promo spesial.

Selain berbelanja, pembeli juga menjadi terkesan dengan pengalaman unik tersebut sehingga bisa meningkatkan brand awareness bahkan bisa membuat mereka jadi pelanggan yang loyal.

"Saat ikut bazar, kami siapkan gimmick agar ada aktivitas menarik di stan. Dekorasi stan harus berbeda dari stan lainnya, agar konsumen langsung tertarik untuk berkunjung ke stan kita," ujar Ghazy.

"Pastinya, ada diskon spesial yang kami berikan untuk pembeli di bazar, tak hanya itu games di stan yang kita adakan disesuaikan dengan target pasar di bazar, mulai games interaktif sampai lucky wheels," imbuh dia.

Baca Juga: Kisah Sukses UMKM Jualan Lewat E-commerce

4. Menghitung anggaran bazar agar persiapan lebih matang

Setelah menetapkan konsep stan, menghitung anggaran bazar adalah langkah penting untuk memastikan persiapan yang matang dan sesuai dengan tujuan.

Buatlah daftar mengenai barang-barang yang diperlukan saat bazar nanti. Alokasikan sejumlah dana agar keikutsertaan di bazar menjadi optimal.

"Grandville Food mengalokasikan anggaran khusus untuk kegiatan bazar. Bazar biasanya memerlukan anggaran yang cukup besar mulai dari biaya sewa tempat, kebutuhan stan, dekorasi, diskon khusus, hingga sumber daya manusia yang harus dipersiapkan dengan baik," sebut William Arifin, Pemilik Grandvile Food.

"Persiapan yang matang bisa mendatangkan keuntungan dan meminimalisir kerugian," kata dia. 

5. Promosikan toko online agar pembeli kembali berbelanja pascabazar

Mengingat durasi kegiatan bazar cukup terbatas, jangan lupa untuk informasikan atau beri brosur yang berisi alamat toko online agar pembeli bisa terus berbelanja di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News