Santai

Cara Menghindari Bot Penipuan di Telegram, Lindungi Akun Pakai Tips dan Trik Ini

Cara Menghindari Bot Penipuan di Telegram, Lindungi Akun Pakai Tips dan Trik Ini

MOMSMONEY.ID - Telegram menawarkan banyak fitur bermanfaat, akan tetapi juga dapat membahayakan keamanan akun. Berikut ini terdapat cara menghindari bot penipuan di Telegram. 

Anda perlu melindungi akun menggunakan cara menghindari bot penipuan di Telegram. 

Tujuan dari bot Telegram ini adalah agar terlihat tidak bersalah dan sah, sehingga menciptakan rasa aman yang tidak ada. Begitu mereka berinteraksi, mereka dapat menjalankan skrip untuk mengekstrak informasi pribadi.

Lalu bagaimana cara mendeteksi bot telegram berbahaya?  Bot Telegram yang berbahaya mungkin bertingkah aneh atau meminta informasi yang tidak mereka perlukan. Misalnya, bot cuaca tidak memerlukan detail kontak Anda.

Baca Juga: Cara Sembunyikan Aplikasi di iPhone Tanpa Perlu Dihapus, Intip Tipsnya

Tanda lainnya adalah tingkat interaksi bot. Bot asli biasanya merespons perintah atau pertanyaan tertentu. Jika bot Telegram memulai kontak tanpa disuruh atau mengirimkan pesan yang tidak diminta, ini bisa menjadi tanda bahaya. 

Selain itu, perhatikan bahasa dan tata bahasa yang digunakan bot. Banyak pengembang bot jahat tidak mempertimbangkan kebenaran bahasa, sehingga mengakibatkan kesalahan kata dan ejaan yang aneh.

Jika menurut Anda bot Telegram mencurigakan, coba cari di Google beserta namanya. Mungkin orang lain sudah berbagi pengalaman dan pengetahuannya mengenai hal ini. 

Jangan menghubungi atau berinteraksi dengan bot tersebut sampai Anda mengetahui apakah bot tersebut aman atau tidak. Jika itu adalah bot milik saluran Telegram, lihat jawabannya kepada pengguna lain.

Mengikuti ancaman keamanan baru dan memahami taktik bot yang umum adalah penting untuk keamanan digital Anda. 

Keamanan online selalu berubah, seperti permainan kucing dan tikus. Mengetahui tanda-tanda bot Telegram berbahaya dapat membantu Anda tetap lebih aman saat online.

Baca Juga: Cara Kirim Foto dan Video Kualitas HD di Telegram, Ini Tipsnya

stiker telegram

Mengutip Make Use Of, berikut cara menghindari bot penipuan di Telegram. 

1. Gunakan Otentikasi Dua Faktor

Otentikasi dua faktor (2FA) Telegram meningkatkan keamanan akun Telegram Anda dengan menambahkan langkah verifikasi sekunder. 

Langkah keamanan tambahan ini mempersulit entitas jahat apa pun, termasuk bot, untuk mendapatkan akses tidak sah ke akun Anda jika kata sandi utama Anda mengalami masalah keamanan, karena langkah tambahan tersebut biasanya melibatkan memasukkan kode unik untuk mengonfirmasi tindakan.

Baca Juga: Cara Transkrip Audio ke Teks di iPhone, Simak 5 Tipsnya

2. Tetapkan Kontrol Privasi yang Ketat

Langkah penting lainnya adalah menyiapkan kontrol privasi yang ketat pada akun Telegram Anda. Ini termasuk mengontrol siapa yang dapat melihat gambar profil Anda, status terakhir Anda dilihat, dan siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup. 

Pengaturan yang membatasi dapat mencegah bot jahat mengumpulkan informasi pribadi. Penting untuk meninjau pengaturan ini, karena pembaruan Telegram mungkin mengubah konfigurasi privasi default.

3. Audit Pengaturan Telegram Secara Teratur

Memeriksa pengaturan Telegram Anda adalah kunci keamanan online. Ini berarti sering-sering melihat sesi Anda saat ini dan memeriksa interaksi serta izin Anda dengan bot dan saluran. Jika ada sesuatu yang aneh atau mencurigakan, bertindak cepat. Hapus akses dan ubah detail keamanan Anda.

Nah itulah beberapa cara menghindari bot penipuan di Telegram. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News