AturUang

Cara Mengenal dan Menghindari Penipuan Mengatasnamakan Customer Service DANA

Cara Mengenal dan Menghindari Penipuan Mengatasnamakan Customer Service DANA

MOMSMONEY.ID - Jangan langsung panik jika tiba-tiba Anda menerima pesan atau panggilan dari akun media sosial yang mengaku sebagai customer service (CS) DANA ya. 

Di zaman digital yang serba cepat ini, modus penipuan semakin berkembang dan semakin meyakinkan. Hal ini bisa bikin resah para pengguna akun DANA.

Misalnya, oknum tersebut menghubungi Anda dengan klaim bahwa ada aktivitas mencurigakan di akun DANA Anda dan meminta Anda untuk segera mengonfirmasi data pribadi demi keamanan. 

Untuk membuat Anda semakin yakin, mereka pun menyertakan tautan palsu yang menyerupai situs resmi DANA, atau meminta Anda memberikan kode OTP agar saldo Anda tetap aman.

Meskipun terdengar sangat logis dan mendesak, Anda harus berhati-hati. Ini adalah bagian dari modus penipuan yang kerap digunakan oleh pelaku untuk menjerat korban. 

Baca Juga: Cara Mudah Transfer Uang di Indomaret dan Syarat yang Harus Dilakukan

Banyak orang yang terjebak karena panik dan langsung mengikuti perintah yang diberikan. Hasilnya? Dalam hitungan menit, saldo Anda bisa lenyap. 

Lantas, bagaimana cara agar Anda tidak terjebak dalam penipuan digital seperti ini? Berikut adalah beberapa langkah penting dari DANA yang dapat Anda lakukan untuk melindungi akun Anda.

1. Jangan percaya pada pesan CS DANA yang tidak lewat kanal resmi

Waspada jika Anda menerima pesan atau panggilan yang mengaku sebagai CS DANA melalui WhatsApp atau platform lain yang tidak resmi. 

DANA kini tidak lagi melayani customer service melalui WhatsApp. Jadi, jika ada yang mengaku sebagai CS DANA di platform tersebut, sudah dapat dipastikan itu adalah penipuan. 

DANA hanya melayani keluhan melalui aplikasi, e-mail help@dana.id, call center 1500 445, dan akun media sosial resmi DANA yang sudah terverifikasi dengan centang biru. 

Jika pesan tersebut datang dari platform yang tidak resmi, Anda bisa yakin itu adalah modus penipuan.

Baca Juga: Cara Top Up ShopeePay Lewat LinkAja 2025, Sangat Mudah dan Tanpa Ribet!

2. Verifikasi keaslian dengan DANA protection

Sebelum Anda mengambil tindakan apapun, selalu lakukan verifikasi melalui DANA Protection yang ada di aplikasi DANA. 

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah nomor, link, atau akun yang menghubungi Anda benar-benar berasal dari DANA atau hanya upaya penipuan. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyalin informasi yang mencurigakan ke kolom yang tersedia di aplikasi. CS DANA juga tidak akan menghubungi Anda tanpa ada laporan dari Anda terlebih dahulu. 

Jadi, jika Anda belum mengajukan laporan apapun, bisa dipastikan bahwa ini adalah modus penipuan.

3. Lapor dan blokir segera

Jika terbukti bahwa Anda telah menjadi korban penipuan, langkah selanjutnya adalah segera melaporkannya ke pihak yang berwenang. 

DANA menyediakan tombol “report” di DANA Protection yang akan mengarahkan Anda langsung ke layanan resmi Komdigi untuk menangani kasus penipuan. 

Anda juga bisa mengirim laporan ke help@dana.id, call center 1500 445, atau melalui media sosial resmi DANA Indonesia. Jangan lupa untuk langsung memblokir dan melaporkan nomor atau akun media sosial yang menghubungi Anda.

Baca Juga: Mau Kirim Saldo dari ShopeePay ke GoPay? Ini Cara Gampangnya di tahun 2025!

4. Pastikan keamanan transaksi Anda dengan DANA protection

Untuk memberikan perlindungan lebih kepada penggunanya, DANA memiliki sistem keamanan terintegrasi yang disebut DANA Protection. Sistem ini memprioritaskan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi digital. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ingat:

Jangan pernah membagikan PIN atau kode OTP, bahkan jika yang meminta mengaku sebagai customer service DANA.

Pastikan Anda hanya menginstal aplikasi DANA melalui Play Store atau App Store, bukan dari link yang dikirimkan melalui WhatsApp, Telegram, atau grup chat.

Hanya akses akun dan isi data di situs resmi atau aplikasi resmi DANA.

DANA juga memastikan pengembalian uang untuk transaksi yang memenuhi syarat perlindungan. Jika terjadi masalah, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan DIANA, asisten virtual di aplikasi DANA.

Baca Juga: Cara Isi Saldo GoPay Lewat BCA Mobile dan ATM BCA 2025, Ini Kode dan Panduannya!

Penipuan yang mengaku sebagai customer service DANA semakin canggih dan sulit dibedakan dari komunikasi resmi. 

Oleh karena itu, Anda harus lebih waspada dan memastikan bahwa setiap informasi yang Anda terima berasal dari kanal resmi DANA. 

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat lebih terlindungi dari potensi penipuan digital yang mengincar data pribadi dan saldo Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News