Santai

Cara Mengembalikan Akun Instagram Dikunci Sementara, Ketahui Penyebabnya

Cara Mengembalikan Akun Instagram Dikunci Sementara, Ketahui Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda menemukan akun Instagram dikunci sementara? Karena berbagai alasan, Instagram dapat mengunci sementara akun Anda untuk melindungi pengguna dan platform serta mendorong pengalaman terbaik. 

Jika Anda menerima pemberitahuan “Akun Anda telah dikunci sementara”, artikel ini menjelaskan penyebab dan cara mengembalikannya. 

Namun sebelum mengikuti cara mengembalikan akun Instagram dikunci sementara, Anda perlu mencadangkan data instagram secara rutin. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Akun Instagram Dinonaktifkan Tidak Dapat Dihubungi

Instagram akan mengunci akun Anda untuk sementara jika mereka yakin Anda telah melanggar kebijakan pengguna mereka. Pemblokiran dapat terjadi meskipun Anda tidak ada hubungannya dengan pelanggaran tersebut.

Bot dan sistem otomatis mereka mendeteksi aktivitas tersebut tanpa campur tangan manusia, yang berarti akun Anda juga dapat dikunci tanpa melanggar ketentuan apa pun karena masalah teknis pada sistem.

Mengutip Alphr terdapat beberapa penyebab akun Instagram dikunci sementara. 

1. Aktivitas Bot

Ilustrasi Instagram

Perilaku khas Instagram mencakup “mengikuti” seseorang dan meminta mereka “mengikuti” Anda kembali. Untuk mengeksploitasi praktik ini, seseorang dapat “mengikuti” ratusan orang sekaligus, lalu setelah mereka “diikuti”, orang tersebut “berhenti mengikuti” mereka.

Instagram akan menganggap perilaku bot ini sebagai penyalahgunaan sistem dan penggunanya.

Baca Juga: Cara Masuk Akun Instagram yang Lupa Kata Sandi Lewat 3 Bantuan

Menyalin/menempelkan komentar secara massal tidak hanya akan mengurangi nilai percakapan, tetapi juga bukan sesuatu yang akan dilakukan oleh pengguna yang benar-benar terlibat dengan postingan. 

Tindakan ini biasanya terjadi saat menggunakan bot, sehingga sistem otomatis Instagram mendeteksinya sebagai penggunaan bot dan mengunci akun Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga di Instagram melanggar Ketentuan Penggunaan mereka. Tidak semua aplikasi dilarang; ada proses persetujuan agar beberapa aplikasi memiliki akses.

Terlepas dari itu, aplikasi pihak ketiga yang membantu mengotomatiskan tindakan dilarang dan mudah dideteksi oleh Instagram. Bot bekerja melawan pengalaman pengguna yang luar biasa, sehingga akun apa pun yang dicurigai menggunakannya akan terkunci.

Baca Juga: Cara Menggunakan Instagram Notes untuk Unggah Status dan Video

3. Diretas

Karena akun Anda disusupi dan peretas dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan, apa pun yang mereka lakukan telah memicu tanda bahaya di Instagram, dan platform merespons dengan kunci akun.

Lalu, bagaimana cara membuka kunci akun Instagram yang terkunci?

Berikut cara mengembalikan akun Instagram yang dikunci sementara. 

1. Buka formulir Akun Instagram saya telah dinonaktifkan atau lakukan pencarian “Akun Instagram saya telah dinonaktifkan” di mesin pencari, dan pilih hasil Facebook.

2. Lengkapi formulirnya, lalu masukkan alamat email yang terkait dengan akun Instagram yang ingin Anda buka kuncinya.

3. Jelaskan bahwa akun Anda diblokir secara tidak sengaja dan Anda yakin tidak melanggar pedoman pengguna.

Baca Juga: Ingin Hide IG Story dari Seseorang? Begini Cara Sembunyikan Instagram Story

4. Setelah Anda melengkapi formulir, klik Kirim. 

5. Anda akhirnya akan menerima balasan. Instagram meminta foto Anda sedang memegang selembar kertas tertulis dengan kode yang mereka kirimkan kepada Anda. 

6. Ada masa tunggu setelah Anda mengirim foto. Jika disetujui, Anda akan menerima konfirmasi dari Instagram bahwa akun Anda telah dibuka kuncinya. Waktu persetujuan dapat memakan waktu antara beberapa hari hingga beberapa minggu.

Begitulah beberapa cara mengembalikan akun Instagram dikunci sementara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News