Keluarga

Cara Mengatasi Kucing Keracunan, Segera Lakukan Panduan Cepat Ini

Cara Mengatasi Kucing Keracunan, Segera Lakukan Panduan Cepat Ini

MOMSMONEY.ID - Beberapa kucing mati akibat keracunan. Lalu, bagaimana cara mengatasi kucing keracunan? Apakah kucing keracunan tidak bisa diselamatkan?

Artikel ini akan memberikan Anda panduan cepat mengenai cara mengatasi kucing keracunan. Jika Anda mencurigai kucing telah diracuni, segera cari bantuan. 

Sebelum mengatasi kucing keracunan, Anda perlu mengetahui gejala keracunan pada kucing. Gejala ini bisa Anda simak agar dapat mengatasi kucing keracunan. 

Baca Juga: Waspada! Ini 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Anjing

Mengutip Alley Cat, berikut cara mengatasi kucing keracunan. Berikut ini gejala kucing keracunan :

- Mengiler

- Muntah

- Kehilangan selera makan

- Rasa haus atau buang air kecil yang berlebihan

- Diare

- Gugup atau hiperaktif,

Kucing Sakit

- Tremor otot

- Kelesuan dan kelemahan

- Gusi pucat atau kekuningan

- Detak jantung berdebar kencang

- Kehilangan kesadaran atau koma

- Batuk atau muntah darah

- Kejang

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat Anda, Salah Satunya Tanda Sayang

Lalu, apa yang harus dilakukan jika kucing keracunan? Nah, berikut ini panduannya:

1. Cari bantuan segera

Segera hubungi dokter hewan, rumah sakit hewan hingga bantuan hewan peliharaan lainnya. 

2. Identifikasi racunnya

Jika memungkinkan, identifikasi zat yang menyebabkan keracunan dan berikan informasi tersebut kepada dokter hewan melalui telepon.

3. Bawa racunnya ke dokter hewan

Ambil sampel racun yang dicurigai dan masukkan ke dalam wadah. Atau, ambil wadah atau label produk beracun tersebut. Bawalah ini ke dokter hewan Anda bersama dengan kucing yang keracunan. Pastikan untuk mengenakan sarung tangan untuk melindungi diri Anda dan untuk menjaga kemungkinan bukti.

4. Jangan mencoba merawat kucing tanpa instruksi

Misalnya, JANGAN memaksakan muntah pada kucing yang Anda duga keracunan kecuali Anda secara khusus diperintahkan untuk melakukannya oleh dokter hewan.

5. Bawa kucing ke dokter hewan secepat mungkin

Kucing yang terkena racun memiliki peluang terbaik untuk sembuh jika segera dirawat. Lebih cepat lebih baik.

Berikut ini terdapat beberapa benda dan barang yang bisa membuat kucing keracunan :

Baca Juga: Ini Fitur Tersembunyi iPhone, Bisa Identifikasi Jenis Tanaman & Ras Hewan

- Obat-obatan

Asumsikan semua obat Anda beracun bagi kucing. Asumsikan hal yang sama bahkan untuk obat yang diresepkan untuk kucing Anda jika mereka secara tidak sengaja meminum dosis yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan. Jika Anda menjatuhkan pil ke lantai, segera ambil.

- Tanaman hias dan bunga

Banyak tanaman umum yang ditemukan di karangan bunga beracun bagi kucing. Lili, krisan, azalea dan rhododendron, tulip dan daffodil, dan pohon sagu semuanya beracun. 

Poinsettia yang umum selama musim liburan juga beracun bagi kucing. Lakukan penelitian dengan hati-hati dan pilih tanaman yang tidak akan menimbulkan masalah jika kucing Anda menggigitnya. Jauhkan tanaman beracun di rumah Anda jauh dari jangkauan kucing.

- Insektisida

Bahan kimia ini dapat menimbulkan masalah jika kucing Anda merawat dirinya sendiri setelah berjalan atau berbaring di area yang baru saja dirawat. 

Hindari menggunakan produk ini dan sebagai gantinya pertimbangkan metode yang manusiawi dan alami untuk mengatasi masalah serangga.

- Racun tikus 

Rodentisida dapat tertelan langsung oleh kucing, atau secara tidak langsung jika kucing memakan hewan pengerat yang telah menelan racun tersebut. Hindari menggunakannya dan pertimbangkan metode yang manusiawi dan alami untuk mengatasi masalah hewan pengerat. 

Jika Anda memutuskan untuk membeli racun-racun ini, simpanlah dalam lemari logam jauh dari jangkauan dan beri tahu tetangga Anda ketika racun tersebut sedang digunakan.

Baca Juga: Kenapa Anjing Tidak Mau Makan? Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya

- Produk pembersih

Simpan semua pemutih, deterjen, pembersih permukaan, pembersih karpet, pembersih toilet, dan produk serupa lainnya di tempat yang tidak dapat diakses oleh hewan peliharaan di rumah Anda.

- Obat kutu 

Berhati-hatilah agar hewan Anda tidak overdosis obat-obatan umum ini. Selalu gunakan dosis yang tepat untuk berat badan hewan peliharaan Anda dan ikuti pedoman pemberian obat. Jangan memberikan obat kutu dan kutu anjing kepada kucing atau sebaliknya.

- Makanan dan minuman manusia

Banyak dari kita menikmati cokelat, alkohol, kopi, teh, minuman berenergi, bawang merah, bawang putih, permen karet, atau permen. Namun, semua hal ini bisa menjadi racun bagi kucing. Agar aman, sebaiknya jangan pernah memberi kucing Anda makanan orang lain. 

Itulah beberapa cara mengatasi kucing keracunan serta mencegah kucing keracunan dengan menyimpan beberapa barang dan benda yang membahayakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News