Bugar

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami dalam 6 Langkah

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami dalam 6 Langkah

MOMSMONEY.ID. Periksa cara meredakan hidung tersumbat dengan bahan alami.

Kondisi udara yang tidak sehat bisa saja menjadi pemicu adanya Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA.

Hidung tersumbat, juga dikenal sebagai hidung mampet atau hidung tersendat.

Ini merupakan kondisi di mana saluran hidung mengalami hambatan atau penyempitan sehingga udara sulit untuk mengalir melalui saluran tersebut.

Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk peradangan pada jaringan di dalam hidung, pembengkakan pada pembuluh darah di dalam hidung, atau peningkatan produksi lendir.

Tentunya, setiap orang memiliki kondisi imun dan kesehatan berbeda dalam merespon apa yang dihirup oleh saluran pernafasan.

Baca Juga: Anda Sedang Flu? Coba Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Flu yang Anda Alami

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami

Penyebab hidung tersumbat

Beberapa penyebab umum hidung tersumbat meliputi:

  • Pilek atau Flu: Infeksi virus seperti pilek atau flu dapat menyebabkan peradangan pada saluran hidung, yang dapat mengakibatkan hidung tersumbat.
  • Alergi: Reaksi alergi terhadap serbuk sari, debu, bulu hewan, atau bahan kimia tertentu dapat menyebabkan peradangan dalam hidung, menyebabkan pembengkakan dan hidung tersumbat.
  • Sinusitis: Infeksi atau peradangan pada sinus, yang adalah rongga berisi udara di sekitar hidung, dapat menyebabkan hidung tersumbat dan nyeri wajah.
  • Polip Hidung: Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan yang tidak normal di dalam hidung atau sinus. Polip dapat menghalangi saluran udara dan menyebabkan hidung tersumbat.
  • Perubahan Lingkungan: Udara kering atau cuaca dingin dapat mengakibatkan pengeringan saluran hidung dan pembengkakan, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat.
  • Pemberian Obat: Beberapa obat, seperti dekongestan nasal yang digunakan dalam waktu lama, dapat menyebabkan ketergantungan dan pembengkakan, yang akhirnya menyebabkan hidung tersumbat.
  • Deviasi Septum: Deviasi septum adalah kondisi di mana dinding pemisah di antara rongga hidung miring atau bengkok, yang dapat menyebabkan kesulitan dalam aliran udara dan hidung tersumbat.
  • Rhinitis Vasomotor: Ini adalah kondisi di mana perubahan suhu, bau, atau polutan udara dapat merangsang pembuluh darah dalam hidung dan menyebabkan hidung tersumbat.

Hidung tersumbat bisa sangat mengganggu karena dapat mengganggu pernapasan normal dan tidur.

Terkadang, perawatan sederhana seperti penggunaan obat pereda hidung tersumbat atau inhalasi uap panas dapat membantu meredakan gejala.

Untuk itu ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat secara alami.

Periksa cara meredakan hidung tersumbat dengan mudah, dikutip dari Everyday Health.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mengatasi Batuk yang Tak Kunjung Sembuh, Bisa Dicoba

Cara meredakan hidung tersumbat

1. Pakai humidifier

Dengan pelembab udara atau alat penguap di rumah atau kantor adalah cara sederhana dan efektif untuk meredakan hidung tersumbat.

Aktivitas menghirup udara lembab membantu menenangkan jaringan hidung yang teriritasi, mengurangi peradangan sinus, dan mengencerkan lendir (yang membantu mengeringkannya), jelasnya.

Mesin kabut hangat dan kabut dingin sama-sama efektif untuk meningkatkan tingkat kelembapan dan mengurangi kemacetan.

Namun, untuk keamanan, selalu gunakan alat penguap kabut dingin untuk anak-anak, dilansir dari Mayo Clinic.

2. Memakai Air hangat

Selain itu, Anda bisa meredakan hidung tersumat dengan mandi beruap dengan menghirup uap dari air hangat di wastafel atau menggunakan air rebusan.

Pakailah air panas di wastafel kamar mandi, letakkan handuk di atas kepala, dan letakkan kepala di atas wastafel, berhati-hatilah agar tidak terlalu dekat dan berisiko membakar kulit. Aman untuk melakukan ini beberapa kali sehari.

Apabila hidung tersumbat berlanjut atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis.

3. Vitamin C

Vitamin C telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk mempersingkat durasi pilek dan mengurangi keparahan gejala tetapi tidak secara langsung mempengaruhi kemacetan.

Namun, apabila sedang melawan kemacetan yang berhubungan dengan flu, mengonsumsi vitamin C tambahan dapat membantu untuk mengatasi gejala dan merasa lebih baik sedikit lebih cepat.

Untuk rasa tersumbat karena alergi, mungkin ingin mengonsumsi jahe. Sebuah penelitian dari BMC Complementary Medicine and Therapies, ungkap bahwa ekstrak jahe dosis 500 miligram (mg) setiap hari sama efektifnya dengan loratadine untuk hidung tersumbat akibat alergi hidung (rinitis alergi).

Baca Juga: Moms, Ini Sederet Obat Alami yang Ampuh Meredakan Sariawan

4. Kompres hangat

Salah satu cara meredakan hidung tersumbat adalah dengan mengompres Air hangat. Mulai dengan merendam kain lap atau lap piring dengan air hangat, peras kelebihannya, lalu lipat dan letakkan di atas hidung, pipi, dan dahi.

Anda bisa mencobanya dengan durasi selama 20 menit dan ulangi sesering yang diperlukan.

5. Konsumsi air lebih banyak

Dalam studi sebelumnya yang diterbitkan dalam jurnal Rhinology, para peneliti membagi sekelompok orang dengan gejala pilek dan flu, memberi setengah dari minuman panas dan setengah lainnya minuman suhu ruangan dan tidak menemukan perbedaan terukur dalam aliran udara hidung.

Menariknya, kelompok yang meminum minuman panas melaporkan lebih banyak kelegaan subyektif dari gejala pilek dibandingkan dengan kelompok lain.

6. Ubah posisi tidur

Terakhir, cara meredakan hidung tersumat adalah dengan meletakkan satu atau dua bantal tambahan di bawah kepala.

Tentu ini bertujuan untuk mengencerkan lendir dan mendorongnya keluar. Selain itu, nyalakan alat penguap atau pelembab kabut dingin di samping tempat tidur untuk menjaga kelembapan ruangan.

Perawatan sederhana seperti cara di atasdapat membantu meredakan gejala. Apabila hidung tersumbat berlanjut atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, apabila Anda mendapati perubahan cuaca maupun udara di luar yang semakin buruk gunakanlah masker N95 untuk mengurangi pemicu hidung tersumbat.

Dengan petunjuk untuk cara meredakan hidung tersumbat beserta penyebabnya bisa diterapkan oleh siapapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News