Santai

Cara Mengatasi Foto WhatsApp Tidak Bisa Disimpan di Galeri HP

Cara Mengatasi Foto WhatsApp Tidak Bisa Disimpan di Galeri HP

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mengalami foto WhatsApp tidak bisa disimpan? Berikut ini cara mengatasi foto WhatsApp tidak bisa disimpan di galeri HP. 

Cara mengatasi foto WhatsApp tidak bisa disimpan dapat Anda simak di sini. 

Sebelum mengetahui cara mengatasi foto WhatsApp tidak bisa disimpan, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Salah satu penyebabnya yaitu koneksi internet di ponsel. Untuk itu, Anda harus memeriksa koneksi internet Anda. 

Selain itu, berikut ini cara mengatasi foto WhatsApp tidak bisa disimpan di galeri HP. 

1. Periksa Koneksi Internet 

Saat Anda mengalami masalah dengan aplikasi seperti WhatsApp, hal pertama yang harus diperiksa adalah apakah koneksi Wi-Fi atau data seluler Anda berfungsi dengan benar. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi lain di ponsel yang memerlukan akses internet.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Foto WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri HP

Jika aplikasi lain mengalami masalah konektivitas yang sama, coba aktifkan mode pesawat di ponsel Anda, lalu nonaktifkan untuk menyegarkan koneksi jaringan.

Jika tidak membantu, lihat panduan kami tentang memperbaiki koneksi Wi-Fi di Android. Jika Anda menggunakan data seluler, coba percepat koneksi data seluler.

2. Tutup Paksa dan Buka Kembali WhatsApp

Ilustrasi Whatsapp

Terkadang, WhatsApp mungkin macet saat mengunduh gambar dan file media. Menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali adalah cara yang efektif untuk memperbaiki masalah sementara tertentu.

Jika Anda menggunakan Android, buka Setelan dan buka Aplikasi > Kelola aplikasi. Lalu, pilih WhatsApp dari daftar aplikasi yang terinstal. Terakhir, ketuk opsi Paksa Berhenti di bagian bawah dan tekan OK untuk mengonfirmasi.

Jika Anda memiliki iPhone, cukup geser ke atas dari bagian bawah layar dan jeda di tengah jalan untuk membuka aplikasi terbaru. Lalu, geser ke atas pratinjau WhatsApp untuk menutup aplikasi.

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP atau Recovery dengan Aplikasi Tambahan

Buka WhatsApp lagi dan periksa apakah Anda dapat mengunduh file media. Jika masalah berlanjut, Anda juga dapat mencoba memulai ulang Android atau iPhone untuk memperbaiki gangguan sementara terkait OS.

3. Periksa Status Penyimpanan Ponsel

WhatsApp mungkin mengalami masalah saat menyimpan file media jika tidak ada cukup ruang penyimpanan di ponsel Anda. Anda perlu memeriksa status penyimpanan ponsel untuk memastikannya tidak penuh.

Untuk Android, buka Setelan > Perawatan perangkat > Penyimpanan (ini akan bervariasi dari perangkat ke perangkat) atau cari "penyimpanan" di bilah pencarian di dalam aplikasi Setelan. Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, buka Setelan > Umum > Penyimpanan iPhone untuk memeriksa berapa banyak ruang penyimpanan yang telah Anda gunakan dan berapa banyak yang masih dapat Anda gunakan.

Jika ruang penyimpanan Anda penuh atau hampir penuh, ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengosongkan ruang di Android atau iPhone Anda.

4. Aktifkan Izin Penyimpanan untuk WhatsApp

Alasan lain mengapa WhatsApp gagal mengunduh berkas media adalah jika tidak memiliki akses ke penyimpanan ponsel Anda. Untuk menghindarinya, Anda perlu memberi WhatsApp izin penyimpanan yang diperlukan.

Untuk memberi WhatsApp akses ke penyimpanan Anda di Android, buka Setelan dan buka Aplikasi > Kelola aplikasi > WhatsApp > Izin aplikasi. Lalu, pilih Penyimpanan dan pilih Izinkan dari menu berikut.

Di iPhone, luncurkan aplikasi Setelan dan pilih Privasi & Keamanan. Selanjutnya, pilih Foto, dan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi. Pilih opsi Akses Penuh atau Akses Terbatas di menu ini.

Baca Juga: Cara Transfer Chat WhatsApp dari HP Lama ke HP Baru Android, Termasuk Foto dan Video

5. Periksa apakah WhatsApp Mati

Anda mungkin bukan satu-satunya yang mengalami masalah dengan WhatsApp. Masalahnya mungkin ada pada server WhatsApp. Jika server perusahaan mati, fitur aplikasi tertentu mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Anda dapat mengunjungi situs web seperti DownDetector atau Outage.Report untuk memeriksa kemungkinan masalah dengan server WhatsApp. Atau, Anda dapat menggunakan WhatsApp Web di PC untuk memeriksa dengan cepat apakah masalah yang Anda hadapi terkait dengan perangkat atau server.

6. Perbarui WhatsApp ke Versi Terbaru

Menjalankan WhatsApp versi lama juga dapat menyebabkan fitur tertentu, seperti unduhan foto dan video, gagal. Jika masalah terjadi karena bug, memperbarui aplikasi kemungkinan besar akan menyelesaikannya. Gunakan tautan berikut untuk memperbarui WhatsApp di ponsel Anda dan lihat apakah itu membantu.

Aktifkan "Simpan ke Rol Kamera" (untuk iPhone).

Jika Anda melihat bahwa foto dan video yang Anda terima melalui WhatsApp tidak lagi tersimpan secara otomatis di iPhone Anda, pastikan opsi Simpan ke Rol Kamera diaktifkan.

Luncurkan WhatsApp, buka Setelan > Obrolan, dan alihkan opsi Simpan ke Rol Kamera.

Baca Juga: Cara Transfer Chat WhatsApp Sesama Android dari HP Lama ke HP Baru

7. Periksa Tanggal dan Waktu Ponsel

Menyetel ponsel Anda ke tanggal atau waktu yang salah mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi itu dapat mencegah WhatsApp berkomunikasi dengan servernya dan mengunduh file media. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya konfigurasikan ponsel Anda untuk menyetel tanggal dan waktu secara otomatis.

Di Android, buka Setelan > Manajemen umum > Tanggal dan waktu dan aktifkan opsi Tanggal dan waktu otomatis.

Nah itulah beberapa cara mengatasi foto WhatsApp tidak bisa disimpan di galeri hp. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News