Santai

Cara Mencadangkan Instagram biar Unggahan Foto dan Video Tidak Hilang saat Error

Cara Mencadangkan Instagram biar Unggahan Foto dan Video Tidak Hilang saat Error

MOMSMONEY.ID - Instagram beberapa kali sempat mengalami gangguan. Untuk itu, Anda perlu mencadangkan Instagram agar unggahan foto dan video tidak hilang. 

Ada beberapa cara mencadangkan Instagram agar unggahan foto dan video tidak hilang. 

Salah satu cara mencadangkan Instagram agar unggahan foto dan video tidak hilang saat gangguan dapat Anda simak di artikel ini. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Instagram Notes untuk Unggah Status dan Video

Mengutip Make Use Of, berikut ini cara mencadangkan Instagram Anda.

Jika Stories Anda terpengaruh oleh gangguan tersebut, tidak ada yang dapat Anda lakukan sekarang. 

Meskipun akan melihat opsi untuk Menghapus Stories yang terpengaruh sekaligus, Anda tidak dapat menyimpannya secara manual ke perangkat Anda atau melihat Stories yang dihapus.

Tindakan terbaik adalah belajar dari pengalaman ini dan mencadangkan konten Anda untuk selanjutnya. 

Ilustrasi Instagram

Baca Juga: Cara Mengubah Emoji Reaksi di Instagram agar Punya Tampilan yang Berbeda

Saat Anda mengunggah Cerita, cukup ketuk tiga titik horizontal di sudut kanan atas dan pilih Simpan dari menu tarik-turun untuk menyimpannya ke rol kamera Anda.

Jika Anda tidak suka menyimpan setiap gambar atau video yang Anda posting ke Story secara manual, Anda dapat mengaktifkan opsi untuk menyimpan setiap Story yang Anda posting ke rol kamera secara otomatis.

Untuk melakukannya, alihkan ke tab Beranda dan geser ke kiri untuk menampilkan kamera. Lalu, ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas layar dan ketuk Story. Terakhir, alihkan sakelar di sebelah Simpan story ke rol kamera.

Tentu, jika Anda membagikan meme atau Reel lucu yang Anda lihat, Anda tidak perlu menyimpannya di tempat lain, karena tidak akan ada salahnya jika Anda menghapusnya. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Instagram Broadcast Channel dan Fiturnya

Namun, jika Anda memposting gambar Anda dan teman-teman yang sedang nongkrong atau video hewan peliharaan Anda yang tidak ingin Anda hilangkan, mencadangkannya selalu merupakan ide yang bagus.

Dengan cara ini, Anda dapat memulihkan data Anda jika gangguan seperti ini terjadi lagi.

Anda memiliki berbagai opsi pencadangan, seperti berbagai layanan penyimpanan cloud seperti iCloud atau Google Drive, atau penyimpanan fisik seperti drive USB, kartu memori, atau hard drive eksternal.

Terlepas dari metode yang Anda pilih untuk mencadangkan data, setelah gangguan ini, saya sarankan untuk tidak mempercayakan data Anda kepada satu perusahaan, meskipun perusahaan besar seperti Meta. 

Setelah kehilangan banyak kenangan yang tersimpan di Instagram, saya juga meluangkan waktu untuk mencadangkan semua gambar dan video yang saya simpan di Snapchat. 

Lagi pula, Anda tidak pernah tahu kapan Anda perlu memulihkan data.

Nah, itulah beberapa cara mencadangkan Instagram agar unggahan foto dan video tidak hilang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News