Santai

Cara Memperbaiki Garis Hijau di Layar Ponsel Android Seperti Pengguna Samsung

Cara Memperbaiki Garis Hijau di Layar Ponsel Android Seperti Pengguna Samsung

MOMSMONEY.ID - Pengguna Samsung seringkali mengeluhkan mengenai garis hijau di layar ponsel Android. Ada beberapa cara memperbaiki garis hijau di layar ponsel Android yang sering dialami pengguna Samsung.

Cara memperbaiki garis hijau di layar ponsel Android yang sering dialami pengguna Samsung. 

Anda tidak perlu panik apabila mengalami hal serupa. Cara memperbaiki garis hijau di layar ponsel Android dapat dilakukan menggunakan langkah-langkah berikut. 

Baca Juga: Cara Download Sorotan Instagram Langsung Disimpan ke Ponsel Android dan iPhone

1. Periksa Masalah Perangkat Lunak 

Garis hijau pada perangkat Android sering kali disebabkan oleh masalah perangkat keras, tetapi sebelum mengunjungi pusat layanan, ada baiknya memeriksa apakah masalahnya terkait dengan perangkat lunak. 

Terkadang, pembaruan terkini mungkin menjadi penyebabnya. Jika Anda belum memasang pembaruan, gunakan alat diagnostik bawaan ponsel Anda untuk menentukan apakah masalahnya disebabkan oleh gangguan perangkat lunak.

Jika Anda memiliki ponsel Samsung Galaxy, buka aplikasi Telepon dan masukkan *#0*# untuk menampilkan menu diagnostik tersembunyi. Ketuk kotak MERAH, saat layar berubah menjadi merah, periksa apakah garis hijau masih terlihat. Ketuk layar untuk kembali ke menu. Kemudian, ulangi langkah-langkah dengan opsi HIJAU dan BIRU. 

Baca Juga: Cara Agar Layar HP Tidak Cepat Mati di Android Samsung hingga Xiaomi

Anda dapat menekan tombol kembali dua kali untuk keluar dari menu diagnostik.

Selain itu, mulai ulang ponsel Android Anda dalam mode aman untuk mengatasi masalah aplikasi pihak ketiga. Pada perangkat Samsung Galaxy, tekan dan tahan tombol Daya untuk membuka menu daya. 

Kemudian ketuk dan tahan opsi Matikan hingga muncul perintah mode aman. Ketuk Mode aman untuk memulai ulang ponsel Anda.

Jika garis hijau tetap ada dalam mode aman, perbarui firmware perangkat Anda untuk melihat apakah itu memperbaiki masalahnya.

2. Perbarui Firmware Android

Menginstal pembaruan firmware terbaru dapat memperbaiki masalah garis hijau yang disebabkan oleh bug perangkat lunak. Untuk memperbarui perangkat Samsung Galaxy Anda, buka Setelan > Pembaruan Perangkat Lunak dan ketuk Periksa pembaruan. 

Ketuk Oke lalu lanjutkan untuk menginstal pembaruan perangkat lunak yang tertunda.

Jika perangkat Anda gagal menemukan pembaruan, Anda dapat menggunakan aplikasi Smart Switch di komputer untuk memperbarui perangkat Galaxy Anda. Setelah menginstal aplikasi di ponsel dan PC, luncurkan, hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB, dan tunggu untuk melihat apakah pembaruan tersedia.

Jika Anda memiliki ponsel Google Pixel, Anda dapat memperbaruinya dengan membuka Setelan > Sistem > Pembaruan sistem. 

3. Ganti Layar yang Rusak 

Dalam kebanyakan kasus, garis hijau muncul karena layar AMOLED yang rusak atau konektor display yang rusak. Dalam kasus seperti itu, mengganti display adalah satu-satunya pilihan Anda.

Jika ponsel Anda masih dalam masa garansi dan Anda tidak merusak perangkat secara fisik, Anda mungkin berhak mendapatkan penggantian layar secara gratis. Jika tidak, Anda harus menanggung biayanya, yang biasanya 30 hingga 50 persen dari harga pasaran ponsel Anda.

Baca Juga: Cara Agar Layar HP Tidak Cepat Mati di Android Samsung hingga Xiaomi

Sebagai alternatif, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan komponen layar asli dari bengkel lokal, yang akan membantu Anda menghemat uang.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti layar ponsel, singkirkan masalah yang berhubungan dengan perangkat lunak dengan melakukan booting ke mode aman, menggunakan alat diagnostik bawaan, dan memperbarui firmware. 

Jika penggantian layar tampaknya tak terelakkan, pastikan untuk mengamankan ponsel Android Anda sebelum mengirimkannya untuk diperbaiki. 

Nah itulah beberapa cara memperbaiki garis hijau di layar ponsel Android seperti yang sering dialami oleh pengguna Samsung. 

Selanjutnya: Gula Darah 400 Apakah Bahaya? Ini yang Harus Anda Lakukan Segera!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News