Santai

Cara Mematikan Tanda Baca di DM Instagram, Bisa Hapus Status Pesan Dilihat

Cara Mematikan Tanda Baca di DM Instagram, Bisa Hapus Status Pesan Dilihat

MOMSMONEY.ID - Cara mematikan tanda baca di DM Instagram juga cukup mudah. Fitur ini bisa diatur sendiri oleh pengguna Instagram. 

Instagram akhirnya meluncurkan fitur mematikan tanda baca di DM Instagram. Fitur ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk mengontrol status "baca" dan "dilihat" muncul (atau tidak) untuk pengirim pesan.

Perlu diingat, fitur mematikan tanda baca di DM Instagram ini akan menghapus status pesan dilihat sehingga Anda tidak akan mengetahui pesan telah dibaca atau belum. 

Baca Juga: Cara Berhenti Menerima DM Instagram Tanpa Memblokir, Coba Tips Ini

Lalu, bagaimana cara mematikan tanda baca di DM Instagram? 

Berikut cara mematikan tanda baca di DM Instagram:

1. Anda dapat mengetuk nama pengguna (atau nama obrolan grup)

2. Setelah itu, pilih "Privasi dan Keamanan" 

3. Klik matikan "Baca Tanda Terima"

Ini bisa menjadi cara praktis untuk menghindari kegelisahan yang tidak diinginkan karena kurangnya balasan Anda, dan beberapa orang menjadi sedikit gelisah jika Anda tidak merespons dalam waktu yang cukup setelah melihat pesan.

Meskipun kebanyakan orang memahami bahwa Anda tidak akan langsung membalasnya, namun tetap saja, jika hal ini menyebabkan Anda mendapatkan drama yang tidak diinginkan dari teman dan keluarga tertentu, kini Anda dapat menghindarinya dengan mematikan notifikasi ini.

Anda juga dapat menonaktifkan tanda terima telah dibaca untuk semua pengguna di pengaturan “Pesan dan Balasan Cerita”, jadi ada cara untuk menghindari keharusan menonaktifkannya untuk setiap obrolan individual.

Tema BTS di DM Instagram

Namun apa pun yang terjadi, kini Anda memiliki lebih banyak opsi untuk menonaktifkan notifikasi yang mengganggu tersebut, yang dapat membuat Anda terlibat masalah dengan beberapa orang yang mengharapkan respons prioritas.

Ini juga bisa berguna bagi merek, dalam mengelola ekspektasi pelanggan. Maksud saya, tentu saja, Anda harus berusaha membalas pertanyaan pelanggan sesegera mungkin, tapi mungkin, jika Anda mematikan tanda terima telah dibaca, itu juga dapat mengurangi kecemasan.

Baca Juga: Ikuti Cara Membuat Chat AI di Instagram Ini, Bisa Ngobrol Bareng Robot di DM

Cara membaca pesan Instagram tanpa terlihat 

Mengutip Techwiser, berikut ini cara membaca pesan Instagram tanpa terlihat. 

1. Baca pesan dari notifikasi

Cara paling sederhana untuk membaca DM Instagram adalah langsung dari area Notifikasi

Meskipun kami memahami bahwa jika pesannya terlalu panjang, Anda tidak dapat membaca teks lengkapnya. Namun untuk pesan dua hingga tiga baris, Anda dapat membaca pesan Instagram tanpa membuka aplikasi.

Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di bawah, label Terlihat tidak muncul di pihak pengirim, meskipun saya telah membaca pesannya.

2. Batasi pengirim di akun Instagram

Jika Anda tidak sengaja menghapus atau menutup notifikasi, pertimbangkan untuk membatasi pengguna tersebut. Ini adalah metode yang mudah dan efektif yang bermanfaat. Begini cara kerjanya:

Baca Juga: Ingin Mengembalikan DM Instagram yang Sudah Dihapus? Begini Caranya

- Saat Anda menerima DM Instagram dari teman Anda, buka halaman Profil pengirim dan ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas.

- Setelah itu, pilih opsi Batasi lalu tekan tombol Batasi Akun. 

Untuk memeriksa apakah akun telah dibatasi, Anda akan melihat label Anda telah membatasi (Akun Pengguna) di halaman profil mereka. 

- Selanjutnya, kembali ke layar Pesan Anda dan ketuk tautan Permintaan

- Ketuk Obrolan yang ingin Anda lihat dan di layar berikutnya, Anda dapat membaca semua pesan.

- Setelah Anda membaca semua pesan, Anda dapat kembali ke halaman Profil mereka dan ketuk tautan Batalkan Pembatasan. 

Jika opsi Batalkan Batasan tidak muncul, Anda dapat mengetuk ikon Bakso dan memilih opsi Hapus Batasan. 

Screnshot di bawah menunjukkan pesan teman kita di Instagram dan label Seen tidak muncul di chat.

3. Baca DM tanpa internet

- Buka layar Pesan Instagram, lalu geser ke bawah dari atas layar dua kali untuk memunculkan ikon Pengaturan Cepat. Dari sana, ketuk ikon mode Pesawat untuk memutuskan sambungan Internet di ponsel Anda.

- Sekarang, buka Obrolan dan setelah Anda selesai membaca semua pesan, tutup aplikasi Instagram.

- Lalu, buka Pengaturan Android > Aplikasi > Instagram. 

Baca Juga: 8 Cara Mencari Lagu Trending di Instagram, Simak Langkah-langkahnya

- Pada halaman Info aplikasi, Anda perlu mengetuk tombol Paksa berhenti untuk menghapus semua proses latar belakang Instagram

- Setelah itu, buka Penyimpanan dan ketuk tombol Hapus data. Harap dicatat bahwa tindakan ini akan menghapus semua informasi akun di Instagram, dan Anda harus masuk lagi ke akun Instagram Anda.

- Terakhir, matikan mode Pesawat dan masuk kembali ke akun Instagram Anda. (Unduh aplikasi Instagram jika Anda mencopot pemasangannya).

Seperti yang Anda lihat, masih muncul 3 pesan baru di ponsel penerima, dan di pihak pengirim, label “Terlihat” tidak muncul.

Jadi, begitulah cara mematikan tanda baca di DM Instagram untuk menghapus status terlihat dan dilihat. 

Selanjutnya: Ancaman Nyata Pembengkakan Utang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News