Santai

Cara Instal Aplikasi Tidak Tersedia di Negara Anda, Ini Tipsnya

Cara Instal Aplikasi Tidak Tersedia di Negara Anda, Ini Tipsnya

MOMSMONEY.ID - App Store menawarkan sejumlah besar aplikasi yang memenuhi setiap kebutuhan. Namun, ada kalanya aplikasi tertentu yang ingin Anda unduh tidak tersedia di wilayah Anda. Ternyata, ada cara instal aplikasi tidak tersedia di negara Anda. 

Pasti Anda perlu menemukan notifikasi aplikasi tidak tersedia di negara Anda. Nah, artikel ini memberikan tips dan cara instal aplikasi tidak tersedia di negara Anda. 

Mengutip Make Use Of, ada beberapa alasan mengapa aplikasi tidak tersedia di negara Anda. Beberapa negara memberlakukan pembatasan konten dan undang-undang sensor.

Baca Juga: Cara Downgrade iOS 17 Beta ke iOS 16, Ikuti Tips Aman Ini

Aplikasi yang berisi konten sensitif, seperti perjudian, kekerasan, ketelanjangan, atau sensitivitas politik, dapat dikenai pembatasan atau larangan di wilayah dengan pedoman konten atau pertimbangan politik tertentu. 

Oleh karena itu, pengembang terkadang memilih untuk tidak menawarkan aplikasi mereka di wilayah tersebut untuk menghindari potensi konflik atau masalah hukum.

Lalu bagaimana jika ingin instal aplikasi tidak tersedia di negara Anda? Berikut tipsnya:

1. Buat ID Apple baru 

Salah satu cara untuk menyiasati aplikasi yang dikunci kawasan adalah dengan membuat ID Apple baru dengan AS yang dipilih sebagai negara/wilayah Anda.

Aplikasi yang tidak tersedia di wilayah Anda kemungkinan besar akan tersedia di AS, jadi ini selalu merupakan opsi yang aman.

Namun, jika menurut Anda aplikasi tersebut terbatas pada negara lain, silakan buat ID Apple baru untuk wilayah tersebut.

2. Ubah negara atau wilayah ID Apple 

Metode lain untuk mengatasi aplikasi yang dikunci kawasan adalah mengubah negara untuk akun Apple Anda saat ini.

Metode ini relatif lebih mudah daripada membuat ID Apple baru dan hanya memerlukan beberapa langkah sederhana, tetapi ada tangkapan, yang akan kita bahas sebentar lagi.

Baca Juga: Cara Atur Live Wallpaper di iPhone Menggunakan iOS 17, Simak Langkah Berikut

Ikuti petunjuk sederhana di bawah ini untuk mengubah negara atau wilayah ID Apple Anda:

- Buka Pengaturan > [Nama Anda] > Media & Pembelian > Lihat Akun

- Selanjutnya, ketuk Negara/Wilayah . Saat Anda dialihkan ke halaman lain, ketuk Ubah Negara atau Wilayah lagi.

- Pilih Amerika Serikat dari daftar negara dan setujui syarat dan ketentuannya

- Masukkan metode pembayaran, nama penagihan, dan alamat penagihan Anda di halaman berikutnya. Pilih Tidak Ada di bawah Metode Pembayaran, masukkan nomor telepon AS, dan buat alamat AS palsu dengan kode pos yang valid, yang dapat Anda cari di Google untuk mengisi kolom di bawah Alamat Penagihan.

- Ketuk Berikutnya.

Baca Juga: 6 Fitur Privasi dan Keamanan Terbaik di iOS 17, Pengguna Wajib Tahu

Dengan ini, Anda telah berhasil mengubah negara atau wilayah akun Anda saat ini. Sekarang, buka App Store, cari aplikasinya, dan unduh.

Nah itulah beberapa cara instal aplikasi tidak tersedia di negara Anda. Namun, meskipun Anda berhasil mengunduh aplikasi yang tidak tersedia di negara Anda, kemungkinan aplikasi tersebut masih tidak berfungsi karena mendeteksi lokasi ponsel Anda.

Oleh karena itu, Anda dapat mengandalkan VPN untuk mengakses aplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News