Santai

Cara agar Video YouTube Viral, Simak 8 Tips Unggahan Jadi Banyak Ditonton

Cara agar Video YouTube Viral, Simak 8 Tips Unggahan Jadi Banyak Ditonton

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda tertarik menjadi seorang YouTubers? Akan tetapi, bagaimana agar video YouTube viral dan ditonton oleh banyak orang?

Artikel ini akan membantu Anda mengetahui cara agar video YouTube viral. Anda perlu menyimak beberapa tips unggahan jadi banyak ditonton. 

Ada beberapa tips untuk memaksimalkan peluang menjadi viral di YouTube. 

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Garbera Daisy yang Lagi Viral, Begini Tips Paling Mudah

Mengutip Lifewire, berikut ini cara agar video YouTube viral.

1. Tulis Judul yang Menarik

Bahkan jika Anda memiliki video yang paling bagus, paling menarik, atau paling lucu yang pernah dibuat, jika tidak ada yang mengkliknya, video tersebut tidak akan menjadi viral.

Judul video adalah satu-satunya elemen terpenting untuk menjadi viral di YouTube. 

Tentu saja, Anda harus menghindari clickbait, tetapi judul Anda harus cukup bagus untuk menarik orang asing untuk membukanya tanpa membuat mereka merasa video tersebut tidak sesuai dengan judulnya.

Judul yang bagus bisa saja lucu, keterlaluan, menggelitik, menghasut, atau apa pun, tetapi judul tersebut menawarkan sesuatu. 

Cari beberapa video viral, catat bagaimana pembuatnya memberi judul, dan gunakan itu sebagai inspirasi untuk konten Anda sendiri.

2. Thumbnail yang Menarik

Foto ilustrasi Memutar Video Pendek Youtube

Baca Juga: Simak Cara Download Video Youtube Jadi MP3 Melalui MP3 Juice, Ikuti Langkah Ini

Seperti judulnya, thumbnail juga menjadi salah satu alasan terbesar video Anda akan viral atau tidak. Anda harus mengajak orang masuk terlebih dahulu.

Thumbnail di YouTube telah banyak berubah seiring berjalannya waktu. Pada masa-masa awal, memasukkan orang yang menarik ke dalam diri Anda adalah teknik yang populer.

Lihatlah beberapa thumbnail video viral, dan gunakan itu sebagai inspirasi (tetapi jangan langsung menyalinnya). 

Berhati-hatilah untuk tidak membuat thumbnail terlalu berantakan, dan jangan takut mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa artis jika Anda tidak puas dengan usaha Anda sendiri.

3. Buatlah YouTube Shorts

Shorts adalah video pendek YouTube (mirip dengan TikTok), dan algoritme di baliknya menciptakan potensi viralitas yang serius. 

Jadi, jika Anda berencana membuat video kecil, yang seringkali paling baik untuk menjadi viral, Anda mungkin ingin membuat video pendek.

Namun, bergantung pada cakupan dan konten video Anda, video Shorts mungkin bukan pilihan terbaik. 

Dalam hal ini, Anda dapat merilis video tradisional lalu mengeditnya menjadi beberapa video Shorts yang ditautkan kembali ke video asli dalam komentar yang dipasangi pin.

Baca Juga: Cara Download dan Merubah Video Youtube Jadi MP3 Melalui MP3 Juice

Terlepas dari apakah Anda memutuskan untuk merilis video sebagai video Shorts, pastikan Anda telah memikirkan format apa yang paling cocok untuk konten Anda.

4. Ikuti Peristiwa dan Tren Terkini

Anda mungkin mempunyai ide bagus untuk membuat meme tentang Avengers: Endgame, dan itu mungkin menjadi viral saat filmnya dirilis. Namun Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk menjadi viral jika Anda berbicara tentang peristiwa terkini.

Kunjungi Google Trends, dan pantau terus apa yang sedang tren di X dan YouTube. 

Bahkan ada baiknya juga untuk terus mengikuti perkembangan tren TikTok terbaru. Jika video Anda se-update mungkin, kemungkinan besar video tersebut akan menjadi viral.

Namun, jangan terlalu terpaku pada apa yang sedang hangat. Sekalipun ada sesuatu yang ketinggalan jaman, jika Anda punya ide yang bagus, judul yang menarik, dan thumbnail yang dibuat dengan baik, lebih baik Anda melakukannya.

5. Jadilah Lucu

Banyak konten yang tidak lucu menjadi viral, namun selera humor yang baik adalah cara yang dapat diandalkan untuk sukses di YouTube. Selain itu, menjadi lucu jauh lebih mudah daripada memiliki anggaran yang besar.

Menarik-narik hati sanubari, pranks, stunts gila, hot take, dan semua jenis video viral lainnya di YouTube memiliki kekurangan tersendiri yang tidak dimiliki oleh meme lucu dan kuno.

Tidak semua orang adalah komedian, dan itu tidak masalah, tetapi memasukkan humor sebanyak mungkin ke dalam video Anda tanpa membuat Anda merasa ngeri bisa menjadi strategi yang efektif.

Baca Juga: Cara Download Convert Video Youtube Jadi MP3, Coba MP3 Juice

6. Jangan Buat Konten Prank

Mengatakan sesuatu yang kontroversial dan membuat marah banyak orang bisa membuat Anda menjadi viral, tetapi menjadi pembuat konten karena umpan kemarahan adalah hal yang sulit. Ketika orang membencimu, mereka tidak akan mau mendukungmu.

Mengatakan hal-hal yang mungkin tidak Anda percayai, misalnya trolling, jika hal tersebut tidak berbahaya dan tidak menyakiti siapa pun, bisa menjadi cara yang baik untuk menjadi viral. 

Namun, jangan melangkah terlalu jauh, dan pastikan lelucon itu selalu ditujukan pada Anda, bukan pada orang asing.

7. Unggah di Media Sosial Lain

Sebagai orang yang tidak diketahui, postingan sosial Anda mungkin tidak akan mendapatkan banyak daya tarik, tetapi setelah Anda mengupload video Anda, menautkannya ke mana pun Anda bisa hanya akan meningkatkan peluang orang menemukan dan menontonnya.

Jangan takut untuk membuat lebih dari satu postingan, tapi pastikan untuk menyebarkannya ke berbagai akun dan platform. Tidak ada yang menyukai spam, dan terlalu banyak postingan dari satu akun terlihat menyedihkan.

Media sosial adalah alat yang ampuh, dan selalu ada kemungkinan postingan Anda akan meledak. Jika ya, Anda sedang menuju kesuksesan dan berada dalam posisi yang lebih baik agar proyek Anda berikutnya menjadi viral.

8. Kolaborasi

Ada banyak sekali YouTuber saat ini. Mungkin Anda punya teman pembuat konten, atau mungkin cowok yang satu sekolah dengan Anda sekarang punya saluran. Banyak pembuat konten yang ingin mendukung orang-orang yang baru memulai, jadi tidak ada salahnya untuk meminta (dengan sangat sopan).

Baca Juga: Cara Mendapat Uang dari Youtube, Intip 5 Tips Mudah Ini

Dekati YouTuber mapan dengan kolaborasi yang masuk akal bagi merek mereka dan tidak memerlukan banyak waktu, energi, atau investasi dari pembuat konten yang bersangkutan, dan Anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya.

Namun, pastikan proposal Anda masuk akal bagi pembuatnya. Saluran YouTube yang sukses adalah sebuah bisnis, bukan amal, jadi saluran tersebut harus memberikan manfaat bagi orang yang Anda hubungi.

Jadi begitulah beberapa cara agar video YouTube viral dan ditonton oleh banyak orang. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News