Keluarga

Cahaya Naturals, Produk Baby Care asal Indonesia Ekspansi ke Pasar Internasional

Cahaya Naturals, Produk Baby Care asal Indonesia Ekspansi ke Pasar Internasional

MOMSMONEY.ID - Brand lokal Indonesia untuk produk perawatan bayi alami & organik, Cahaya Naturals pada hari ini (10/10) menandatangani MOU kerjasama ekspor dengan distributor Malaysia senilai US$ 50.000.

Penandatanganan kerjasama tersebut berlangsung di acara Trade Expo Indonesia ke-39 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan di ICE BSD dari 9-12 Oktober 2024. 

Pencapaian ini menandai tonggak sejarah baru bagi industri perawatan bayi tanah air, untuk pertama kalinya brand lokal Indonesia untuk produk perawatan bayi berhasil menembus pasar internasional.

Hal itu sekaligus membuktikan bahwa produk-produk UMKM lokal yang berkualitas tinggi mampu bersaing di kancah global.

Ekspansi Cahaya Naturals didukung oleh jaringan distribusi online dan offline yang memastikan kemudahan akses bagi konsumen di Indonesia dan Malaysia.

Di Indonesia, distribusi produk Cahaya Naturals melalui platform e-commerce seperti Shopee Indonesia membantu memperluas jangkauan produk sampai ke seluruh Indonesia. 

Menggunakan strategi yang sama, dengan dukungan distributor lokal di Malaysia, produk Cahaya Naturals juga akan tersedia melalui Shopee Malaysia untuk menjamin ketersediaan dan pengiriman produk yang lebih cepat dan terjangkau.

Baca Juga: Ini Tips Merawat Anak ala Nagita Slavina

Selain itu, penggunaan platform online ini diharapkan dapat membantu meningkatkan brand awareness produk Cahaya Naturals di Malaysia.

Amadeus Pribowo, Managing Director Cahaya Naturals, mengungkapkan, dengan nilai pasar produk perawatan kulit bayi senilai US$ 14 juta dan angka pertumbuhan 10,19% per tahun, Malaysia merupakan pasar produk perawatan kulit bayi terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Indonesia menempati posisi kedua dengan nilai pasar sebesar US$ 10.84 juta dan angka pertumbuhan sebesar 1,56% per tahun, menurut data MarketResearch. 

"Angka pertumbuhan yang tinggi di Malaysia dipengaruhi oleh demografi populasi yang muda, di mana hampir 70% penduduknya berada di rentang usia produktif 15-64 tahun, pertumbuhan ekonomi yang pesat, serta meningkatnya kesadaran akan kesehatan kulit bayi yang sensitif," katanya.

"Hal ini ditandai dengan meningkatnya permintaan untuk produk-produk perawatan bayi yang menggunakan bahan-bahan alami & organik yang aman untuk kulit sensitif bayi," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (10/10/2024).

Selain itu, kemiripan budaya, preferensi, dan karakteristik populasi Malaysia dengan Indonesia di mana mayoritas penduduknya beragama Islam juga membuat pasar di Malaysia sangat berpotensi untuk produk-produk kosmetik dan perawatan kulit tanah air yang sudah memiliki sertifikasi halal. 

Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang berlimpah dan ragam kearifan budaya lokal terkait pemanfaatan bahan-bahan alam untuk perawatan kulit, menyimpan potensi yang besar untuk dapat dikembangkan menjadi produk-produk yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: 5 Pantangan yang Wajib Dihindari Ibu saat Hamil Agar Kehamilan Selalu Sehat

Hal inilah yang menjadi kunci keberhasilan Cahaya Naturals dalam memperoleh kepercayaan dari konsumen Malaysia. 

"Sejak awal berdirinya, Cahaya Naturals berkomitmen untuk memadukan sains dan kearifan lokal untuk memanfaatkan kekayaan alam Indonesia seperti minyak nyamplung (Tamanu Oil) dari Jawa & Bali serta buah tengkawang (Tengkawang Butter) dari Kalimantan," sebut Amadeus.

"Untuk membuat formula alami yang terbukti secara ilmiah efektif untuk merawat & mengatasi masalah kulit sensitif pada bayi dan anak-anak," imbuh dia.

Selain itu, produk Cahaya Naturals yang sudah memiliki sertifikasi halal dari pemerintah Indonesia juga membantu meningkatkan kepercayaan serta mendorong permintaan dari konsumen di Malaysia.

Keberhasilan Cahaya Naturals dalam menembus pasar Malaysia tidak terlepas dari dukungan penuh dari pemerintah dan komunitas entrepreneur. 

Secara khusus, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta melalui program Jakarta Entrepreneur memberi fasilitas kepada Cahaya Naturals untuk berpartisipasi dalam Malaysia International Halal Expo 2024 di Kuala Lumpur, September lalu. 

"Program-program pelatihan dan dukungan yang diberikan untuk berpartisipasi dalam event berskala internasional memberi kesempatan kepada UMKM lokal untuk meningkatkan kualitas produk dan tata kelola perusahaan serta menjajaki pasar internasional," ungkap Amadeus.

"Dan terbukti berhasil membuka peluang ekspor bagi Cahaya Naturals," tambahnya.

Selanjutnya: Kualifikasi Piala Dunia: Australia Bekuk China 3-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News