Santai

Bumil Catat, 5 Kandungan Skincare Ini Wajib Dihindari saat Hamil ya

Bumil Catat, 5 Kandungan Skincare Ini Wajib Dihindari saat Hamil ya

MOMSMONEY.ID - Bumil wajib tahu beberapa kandungan skincare berikut ini tak boleh digunakan saat hamil ya.

Menjaga kecantikan kulit saat hamil tentu juga perlu untuk dilakukan, ya, Moms. Namun, tak semua jenis skincare bisa digunakan bagi ibu hamil.

Ada beberapa kandungan skincare yang perlu dihindari ibu-ibu hamil karena bisa memberikan dampak buruk bagi kandungan.

Mau tahu apa saja daftarnya? Berikut daftar kandungan skincare yang tak boleh digunakan oleh bumil:

Baca Juga: Ini Dia 4 Alasan Kenapa Skincare Anda Enggak Manjur, Bisa Karena Cuaca lo

Retinoid

Kandungan retinoid pada skincare adalah bahan yang perlu dihindari untuk dipakai saat hamil. Walau jumlah retinoid yang diserap oleh produk topikal mungkin rendah, efek pada kelahiran telah dikaitkan dengan kandungan retinol.

Oleh karena itu, semua retinoid tidak disarankan selama kehamilan.Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi obat oral maupun skincare yang mengandung retinoid selama kehamilan, karena bisa menyebabkan cacat bawaan, seperti sindrom retinoid pada janin.

Salicylic acid

Kandungn skincare selanjutnya yang perlu untuk dihindari bumil adalah salicylic acid atau asam salisilat. Asam salisilat adalah bahan umum untuk mengobati jerawat karena kemampuan anti-inflamasinya, mirip dengan aspirin.

Namun menurut sebuah studi tahun 2013 dari laman Health Line menunjukkan, produk yang mengandung asam salisilat dosis tinggi, baik dalam skincare maupun obat oral, harus dihindari selama kehamilan.

Baca Juga: Sebaiknya Hindari 5 Perawatan Wajah Ini Jika Mau Kulit Flawless di Hari Nikah

Hydroquinone

Produk ini adalah produk untuk mencerahkan kulit atau mengurangi pigmentasi kulit akibat melasma dan chloasma yang disebabkan oleh kehamilan.

Tidak ada hubungan yang terbukti antara cacat bawaan yang parah atau efek samping dan hidrokuinon.

Namun, karena tubuh dapat menyerap hidrokuinon dalam jumlah yang signifikan dibandingkan bahan lainnya (35% hingga 45%), sebaiknya batasi paparannya selama kehamilan sebagai pencegahan.

Formaldehida

Formaldehida tidak lagi menjadi bahan umum dalam kosmetik karena diketahui meningkatkan risiko kanker dan keguguran.

Tapi, beberapa kosmetik mengandung bahan kimia yang melepaskan formaldehida, yang lama kelamaan akan terurai dan berubah menjadi molekul formaldehida.

Seperti yang dicatat oleh Medical News Today antara lain, kandungan bronopol (2-bromo-2-nitropropane-1,3-diol), DMDM hydantoin, diazolidinyl urea, hydroxymethylglycinate, imidazolidinyl urea, quaternium-15, 5-bromo-5-nitro-1,3-dioxane.

Phthalate

Phthalates adalah bahan kimia pengganggu endokrin yang ditemukan di banyak produk kecantikan. Dalam penelitian pada hewan dan manusia, disfungsi reproduksi dan perkembangan serius dikaitkan dengan paparan ftalat.

Pengganggu endokrin semakin banyak dipelajari oleh FDA dan organisasi medis profesional, seperti American Academy of Pediatrics, untuk mengetahui potensi dan dampak negatif pada kesehatan reproduksi bawaan.

Nah, itulah tadi beberapa kandungan skincare yang wajib dihindari oleh ibu hamil. Perhatikan bahan-bahan sebelum memutuskan membeli skincare, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News