Keluarga

Bukan Cuma Diabetes, Ini 7 Efek Samping Lain Terlalu Banyak Konsumsi Boba Milk Tea

Bukan Cuma Diabetes, Ini 7 Efek Samping Lain Terlalu Banyak Konsumsi Boba Milk Tea

MOMSMONEY.ID - Pecinta milk tea & boba wajib berhati-hati! Sebab efek samping terlalu banyak mengonsumsi milk tea tak cuma bikin diabetes naik, tapi juga memengaruhi segala hal dalam tubuh!

Saking mengerikannya, efek samping terlalu banyak mengonsumsi milk tea juga berdampak besar bagi otak, lho!

Mau tahu apa sajakah efek samping tersebut? Simak selengkapnya di artikel yang berikut ini.

Baca Juga: Susu Kental Manis vs Susu Evaporasi, Ini 3 Perbedaannya dari Rasa hingga Tekstur

Perut kembung

Efek samping yang pertama karena terlalu banyak mengonsumsi milk tea akan membuat perut anda jadi kembung. Sebab milk tea mengandung kafein yang jika ditambahkan susu, maka kombinasi keduanya sangat sempurna untuk menghasilkan produksi gas dalam perut.

Tannin dalam milk tea juga dapat mengganggu sistem pencernaan & menyebabkan rasa sakit pada perut.

Lesu & ngantuk berlebihan

Ngantuk dan lesu

Kandungan kafein dalam milk tea telah lama diketahui berdampak pada fungsi kognitif. Ini dapat menyebabkan badan jadi lesu & ngantuk berlebihan.

Penelitian yang dikutip melalui Instacare Pakistan menunjukkan bahwa terlalu banyak produk susu justru berdampak buruk bagi kesehatan saraf, terutama karena membuat memori ingatan terganggu & kesulitan berkonsentrasi jika terlalu banyak.

Baca Juga: Resep Honey Milk Tea, Minuman Klasik Ala Taiwan yang Manisnya Pas

Ketergantungan

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Milk Tea

Kandungan gula yang tinggi dalam milk tea dapat menyebabkan ketergantungan kadar dopamine pada otak. Maka tak heran jika ada orang yang kesulitan berhenti makan & minum sesuatu yang manis.

Supaya Anda tak ketergantungan, maka lebih baik milk tea dikonsumsi dalam jangka waktu terbatas & tak terlalu berlebihan.

Bikin rambut kering & rontok

Rambut patah dan kering

Anda mungkin sedikit tak percaya bahwa terlalu banyak mengonsumsi milk tea dapat menyebabkan rambut kering & rusak. Namun begitulah faktanya.

Penyebabnya cukup simple, yakni karena gula yang dapat menyumbat pori-pori kulit kepala sehingga rambut jadi rontok & minyak alami rambut jadi menghilang. Tanin dalam teh juga membuat helaian rambut jadi kering.

Baca Juga: 4 Minuman Popular Khas Thailand yang Wajib Dicoba

Anxiety

Meski teh dikenal akan khasiatnya yang membuat pikiran jadi tenang, namun milk tea sebaliknya. Ia akan membuat pikiran dilanda kecemasan berlebih.

Jika dikonsumsi berlebihan, milk tea dapat membuat ketidakseimbangan sel kimiawi pada otak. Menurut data dari Healthwire, kecemasan akan terjadi setiap Anda mengonsumsi lebih dari 150 ml milk tea setiap hari.

Dehidrasi

Salah satu efek samping paling berbahaya dari milk tea ialah dehidrasi. Ini ini terjadi terutama karena kandungan kafeinnya, apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Baca Juga: Simak! 5 Makanan yang Seharusnya Tidak Dibekukan Kembali dalam Lemari Pendingin

Timbul jerawat & aneka masalah kulit

Jerawat

Penelitian membuktikan jika terlalu banyak mengonsumsi milk tea justru akan membuat kulit jadi mudah berjerawat, peradangan kulit, hingga kantung mata.

Penuaan kulit secara dini juga terjadi akibat kafein yang dikonsumsi. Sebab kafein merangsang proses “glikasi” di mana molekul protein dari sel terikat & rusak akibat tingginya kadar insulin dalam tubuh.

Berbagai efek samping terlalu banyak mengonsumsi milk tea bikin Anda bergidig ngeri, bukan? Jadi, masih mau mengonsumsinya berlebihan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News