MOMSMONEY.ID – Inklusi dan literasi keuangan menjadi ujung tombak bagi lembaga keuangan untuk memperluas akses masyarakat terhadap perbankan. Untuk itu, di tengah upaya mendorong inklusi dan literasi keuangan nasional, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus menjadikan AgenBRILink sebagai agen literasi keuangan.
Saat ini, BRI telah memiliki AgenBRILink sebanyak 1,22 juta agen yang tersebar di 67 ribu desa di seluruh Indonesia, yang menjangkau masyarakat hingga ke pelosok negeri. Dari jumlah agen tersebut, sepanjang Januari hingga Juni 2025, masyarakat mencatatkan transaksi melalui AgenBRILink sebanyak 540 juta transaksi dengan total volume transaksi mencapai Rp 843 triliun.
Direktur Utama BRI, Hery Gunardi menyampaikan, bahwa capaian AgenBRILink berasal dari fondasi jaringan agen melalui sistem yang andal, aman, dan efisien. Selain menjadi saluran layanan keuangan, model keagenan ini juga membuka peluang usaha baru bagi masyarakat lokal, khususnya di wilayah yang belum terjangkau jaringan kantor bank.
Lanjut Hery, pihaknya melihat AgenBRILink bukan hanya sebagai saluran distribusi layanan perbankan, tetapi sebagai simpul ekonomi yang menjangkau jutaan masyarakat hingga ke desa-desa. Melalui jaringan ini, masyarakat bisa mengakses layanan keuangan secara mudah dan langsung ke sistem perbankan nasional. “Dalam jangka panjang, hal ini tak hanya memperkuat inklusi keuangan, tetapi juga menjadi sumber pertumbuhan berkelanjutan bagi BRI, termasuk dalam penghimpunan dana murah (CASA),” kata Hery, dalam siaran pers, Selasa (22/7).
Untuk mewujudkan peran tersebut secara nyata, BRI pun terus memperkuat kesiapan layanan di lapangan. Dalam operasionalnya, AgenBRILink senantiasa hadir melayani kebutuhan transaksi keuangan masyarakat, bahkan saat periode hari libur sekalipun.
Di mana, layanan yang tersedia mencakup berbagai transaksi harian seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, dan telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, pengisian saldo BRIZZI, setoran pinjaman, hingga layanan referral untuk pembukaan rekening tabungan Basic Saving Account (BSA) dan pengajuan pinjaman.
Lebih lanjut, sebagai upaya untuk terus memaksimalkan kemanfaatan bagi masyarakat, AgenBRILink kini turut menyediakan beragam layanan tambahan yang relevan. Di antaranya adalah penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, hingga pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, kereta api, hingga kapal feri.
Dengan pendekatan universal banking, Hery menyampaikan AgenBRILink menjadi ujung tombak transformasi layanan keuangan yang menjangkau wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). BRI optimistis AgenBRILink dapat menciptakan peluang usaha bagi masyarakat setempat. Ke depan AgenBRILink diharapkan terus menjadi penggerak ekonomi daerah sekaligus mendorong literasi dan inklusi keuangan di seluruh Indonesia.
Selanjutnya: MU dan Manchester City Bersaing Dapatkan Morten Hjulmand Seharga Rp 1,5 Triliun
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News